Beranda Materi Otomotif Yamaha Mio J Susah Di Starter, Brebet dan Tidak Bisa Langsam

Yamaha Mio J Susah Di Starter, Brebet dan Tidak Bisa Langsam

Yamaha Mio J Susah di Starter

MasBengkel.com – Ediaannnn… Hari ini saya dapat Yamaha Mio J penyakitnya komplikasi bro. Mesin susah di starter, sekalinya bisa nyala motor tidak bisa langsam dan brebet. Kenapa kira – kira? dan apa penyebab Yamaha Mio J susah di starter dan tidak bisa langsam?

Karena saya kerja di bengkel umum dan tidak punya alat untuk servis motor injeksi seperti diagnostic tool dan tes tekanan fuel pump. Motor Yamaha Mio J yang mengalami permasalahan brebet, tidak bisa langsam dan susah di starter harus saya cek secara manual.

Cek Busi

Pengecekan kali ini dimulai dari pengecekan busi. Kerenggangan busi dan bunga api dari busi ternyata tidak bermasalah alias normal dan masih bagus. Karena busi keadaan terlepas sekalian saya bersihkan menggunakan amplas.

Cek Kerenggangan Klep

Busi tidak mengalami masalah, kini beralih mengecek kerenggangan klep. Sedikit lega, karena setelan klepnya terlalu rapat bahkan cenderung tidak memiliki celah. Dalam hati saya mengatakan kalau masalah motor ini ada di kerenggangan klep. Mulailah menyetel klep mengikuti pedoman Daftar Ukuran Celah Klep Yamaha Matik (Terlengkap dan Terbaru)

Setelah klep saya setel, tutupnya saya pasang kembali dan mulai mencoba menstarter motornya lagi. Ternyata, penyakitnya belum sembuh bro. Motor Yamaha Mio J masih susah di starter dan tidak bisa langsam.

Cek ISC, Injector dan Fuel Pump

Yamaha Mio J Susah Nyala

Busi bagus, kerenggangan klep juga bagus. Kini berlaih ke sistem injeksinya. Perlu diketahui, bahwa motor Yamaha Mio J ini memiliki permasalahan di bagian ISC, injector dan fuel pump yang mudah rusak. Saya pun mulai mengecek satu – perasatu bagian – bagian tersebut.

Yamaha Mio J Tidak Bisa Langsam

Dimulai dari mengecek injector dan fuel pump. Setelah melakukan pengecekan pada fuel pump dan injector, saya tidak menemui masalah pada fuel pump, namun sedikit melihat sesuatu yang bermasalah di bagian injector. Tapi, saya tidak langsung memutuskan untuk mengganti injector.

Baca Juga : Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi Pada Motor Injeksi

Saya masih ingin mengecek komponen lain dan benar -benar memastikan jika permasalahannya ada pada injector. Mengingat komponen ini memiliki harga yang bisa dibilang lumayan mahal. Jadi saya harus benar – benar memastikan jika injector-lah penyebab Yamaha Mio J susah di starter dan tidak langsam serta brebet.

Langkah selanjutnya saya melakukan pengecekan di bagian ISC. Ternyata bagian dalam dari ISC sangat kotor. Saya pun mulai membersihkan bagian ISC menggunakan cleaner.

ISC pun sudah bersih, saya pasang ulang. Dan mencoba menstarter motor. Dan lagi – lagi masalah belum kelar. Dari sini saya bisa menyimpulkan kalau injector harus di ganti.

Baca Juga : 5 Penyebab Motor Injeksi Brebet Saat di Gas + Cara Mengatasinya

Injector pun saya ganti, dan saya pasang di trottle body.. Setelah terpasang, motor pun saya nyalakan. Dan motor langsung hidup dan bisa stansioner alias bisa langsam.

Tapi ternyata permasalahan tidak berhenti sampai di situ. Motor yang langsam tiba – tiba mati mendadak tanpa ada tanda – tanda brebet. Macam orang di cekek. Saya nyalakan lagi motor, dan menganalosa ulangm Usut punya usut ternyata koil pengapian bocor bro. Pada waktu motor mati, terdengar suara listrik bocor. Tau kan suara listtik bocor, suara begini.. tek tek tek..

Baca Juga : Cara Mendongkrak Performa Motor Injeksi Tanpa Bore Up

Saya lepas koil, dan saya balut kabel koil menggunakan isolasi. Saya pasang ulang koil pengapian. Saya nyalakan kembali motornya. Sampai setengah jam motor tidak mati mendadak dan saya coba beberapa kali juga tidak mengalami masalah.

Permasalahan Mio J susah di starter dan tidak bisa langsam pun sudah bisa teratasi. Permaslahan kali ini ada di bagian injector dan koil pengapian yang bocor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here