Beranda Review Yamaha L2 Super : Motor Pertama Yamaha di Indonesia

Yamaha L2 Super : Motor Pertama Yamaha di Indonesia

yamaha l2 super

Kesuksesan saat tidak akan pernah luput dari hasil di masa lalu. Hal itulah yang terjadi pada pabrikan motor Yamaha di Indonesia. Kesuksesan saat ini merupakan hasil kerja keras di masa lalu. Kesuksesan Yamaha di Indonesia juga tidak luput dari kesuksesan motor pertama Yamaha di Indonesia yakni Yamaha L2 Super.

Jika Honda S90Z adalah nenek moyang motor Honda di Indonesia, Lain halnya dengan Yamaha, Motor pertama Yamaha di indonesia adalah Yamaha L2 Super.

Tentang Yamaha L2 Super yang menjadi motor pertama Yamaha di Indonesia

Dari beberapa informasi yang dihimpun masbengkel, Yamaha L2 Adalah merk pertama yamaha yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Masuk kepasaran sekitar tahun 70’an. Dari spesifikasi Yamaha L2 sendiri, memiliki tampilan yang gagah dan sporty pada zamannya.

Dengan rangka berbahan plat dan bagian mesinnya dibiarkan terbuka layaknya motor model naked untuk era sekarang ini.

Kemudian bagian tangki penyimpanan bahan bakarnya berfungsi sekaligus menjadi body motor yang kemudian dipadu dengan jok model datar.

Menggunakan mesin 2-tak dengan kapasitas 97cx, satu silinder dan perbandingan oli. Dari spesifikasi mesin Yamaha L2 tersebut dalam catatannya juga diklaim mampu mengeluarkan tenaga sampai 9,1PS yang kemudian dipadu dengan transmisi 3 tingkat percepatan untuk ditransfer ke roda belakang menggunakan rantai.

Mesin tersebut kemudian didukung dengan 2 tangki. Tangki yang pertama untuk bensin, berkapasitas 8,6 liter dan yang kedua untuk tangki oli samping kapasitas 1,3 liter.

Ketika tangki tersebut masih kosong bobot Yamaha L2 juga bisa dibilang cukup ringan.

Motor jantan pertama di Indonesia ini memiliki dengan berat kosong 86 Kg.

Kaki-kaki Yamaha L2 juga dibekali dengan sepasang suspensi teleskopik untuk mengapit roda depannya. Begitu juga untuk bagian belakangnya dengan sepasang shock untuk mengapit roda yang masih bermodel jari-jari.

Pada roda tersebut sistem pengeremannya sendiri masih menggunakan teknologi tromol, baik untuk roda depan maupun roda belakang.

Yamaha L2 Super, pertama kali masuk pasar sepeda motor tanah air pada tahun 1976.

Dan dihentikan produksinya pada tahun 1979 digantikan dengan model yang selanjutnya.

Dengan adanya artikel tentang spesifikasi Yamaha L2 super ini.

Semoga membuat pembaca bisa tahu tentang sejarah perkembangan motor yamaha di Indonesia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here