urutan kaki bohlam h4
Ketahui Urutan Kaki Bohlam Lampu H4

Urutan Kaki Bohlam H4 – Brooo… urutan kabel merupakan rangkaian daru sistem kelistrikan yang harus dan wajib kamu ketahui. Kamu harus tahu, yang mana ujung positif dan mana ujung negatif. Karena jika salah dalam menentukan posisi positif dan negatif, maka sistem kelistrikan akan mengalami konsleting.

Tak terkecuali menentukan letak atau posisi positif dan negatif dari lampu / bohlam H4.

Lampu H4 sering disebut sebagai lampu Vixion. Entah apa yang mendasari bohlam H4 disebut lampu model vixion. Ada kemungkinan karena Vixion merupakan motor yang pertama kali menggunakan lampu bohlam H4 di Indonesia. Mungkin !!!

Terlepas dari apapun sebutan dari bohlam H4, bohlam tipe ini sekarang menjadi tren, terutama dikalangan pecinta modifikasi motor klasik (seperti model cb klasik maupun Honda ulung).

Lampu H4 memiliki 3 kaki, yang masing – masing memiliki fungsi yang berbeda. Dan terdapat elemen kawat didalam bohlam yang berfungsi untuk lampu dim dan lampu dekat.

Pada bohlam H4 tidak terdapat petunjuk pemasangan pada bagian soket, sehingga sangat menyulitkan bagi beberapa orang yang masih awam atau baru mengenal dunia perbengkelan.

Untuk menghindari konsleting, disini saya akan memberikan petunjuk letak atau posisi kaki dari bohlam H4 halogen atau lampu Yamaha Vixion. Baca Juga : Cara Pasang Lampu HID Tanpa Ganti Kiprok dan Aki

Letak Atau Posisi Kaki Lampu Bohlam H4

Untuk mengetahui urutan kaki lampu / bohlam H4 halogen, perhatikan gambar dibawah ini.

Urutan kaki bohlam h4
Petunjuk urutan kaki lampu bohlam H4

Pada gambar tersebut menunjukan nomer – nomer yang memiliki arti sebagai berikut.

  1. Common
  2. Lampu Dekat / Pendek
  3. Lampu Dim / Jauh
READ MORE :  Apa itu Knalpot Bobokan + Kelebihan dan Kekurangan

#1. Common

Bila kita perhatikan saat memperbaiki lampu headlamp terkadang kita dapati kaki (1) bisa masa/positif. Hal ini karena sistem rangkaian kelistrikan yang digunakan oleh setiap merk kendaraan berbeda. Istilahnya ada kendaraan yang lampu headlamp akan menyala apabila diberi trigger negatif (-) adapula yang memakai trigger positif (+).

Namun, kebanyakan motor menggunakan ground / negatif pada kaki (1).

#2. Lampu Dekat

Pada petunjuk nomer 2, ditunjukan untuk nyala lampu dari lampu dekat atau lampu jarak pendek. Jadi, pastikan kabel yang akan di sambungkan pada petunjuk nomer 2 merupakan kabel untuk menyalakan lampu dim pada saklar / switch lampu.

#3. Lampu Dim / Jauh

Lampu jauh / lampu dim difungsikan saat berada di daerah yang kurang pencahayaan.

Letak dari lampu dim pada bohlam H4 ditunjukan pada angka 3. Usahakan jangan sampai terbalik ya brooo..

KESIMPULAN

Lampu bohlam H4 biasanya menggunakan arus dari aki, untuk itu, jangan memasang lampu dengan watt yang terlalu besar karena akan membuat umur aki menjadi pendek.

Demikian artikel materi kelistrikan kali ini yang membahas tentang urutan kaki bohlam H4. Semoga bermanfaat.