Beranda Tips & Trik Tips Mudik Pakai Motor Matic Biar Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Motor Matic Biar Aman dan Nyaman

tips mudik pakai motor matic

Tips Mudik Pakai Motor Matic – Indonesia punya tradisi unik setiap tahunnya yang tidak semua negara memilikinya. Yapss,, apalagi kalau bukan tradisi mudik lebaran. Momen ini merupakan momen migrasi besar – besaran yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya. Akan ada jutaan penduduk yang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Tradisi ini tidak akan ditemukan di negara lain. Meskipun negara tetangga juga melakukan tradisi yang sama, namun jumlahnya tidak sebanyak di Indonesia, mengingat jumlah penduduknya yang terlampau jauh.

Bulan puasa tiba, artinya sudah waktunya untuk mempersiapkan mudik lebaran. Persiapan mudik pun sudah dilakukan oleh beberapa orang seperti membeli tiket kereta api bagi yang mudik menggunakan kereta api, membeli tiket kapal bagi yang mudik dengan kapal, membeli tiket pesawat bagi yang mudik dengan pesawat, ataupun menyiapkan kendaraan pribadi bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Bicara tentang mudik menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor, nampaknya informasi yang dibutuhkan masyarakat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, pada persiapan mudik lebaran tahun ini. Beberapa orang yang mudik menggunakan kendaraan pribadi atau lebih tepatnya motor pribadi sedang mencari informasi dan tips mudik pakai motor matic.

Kenapa motor matic?

Karena dari tahun ke tahun perkembangan motor matic tumbuh begitu pesat. Maka tidak salah jika Anda yang saat ini menggunakan motor Honda beat sedang mencari informasi mudik pakai motor beat atau bagi Anda yang menggunakan motor yamaha Nmax tentu Anda akan mencari tahu informasi seputar mudik pakai motor nmax. Hal ini juga berlaku bagi pengguna motor matic yang lain.

angka penjualan sepeda motor matic

Grafik diatas menunjukan kedigdayaan motor matic sampai dengan pertengahan tahun 2019 ini. Hal ini dipertegas oleh artikel dari otomotifnet tentang pertumbuhan motor matic di Indoensia. Baca artikelnya disini.

Persiapan Mudik Pakai Motor Matic

Nah, bagi Anda yang mencari informasi bagaimana tips aman mudik menggunakan motor matic? Dan hal apa saja perlu dipersiapkan? Berikut tipsnya ;

1. Cek Kampas Rem

Jangan pernah sesekali melupakan komponen yang satu ini. Karena perannya yang sangat penting dalam menjaga keselamatan Anda saat berkendara, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kampas rem depan maupun belakang. Jika kondisinya lebih dari 50%, sebaiknya diganti saja. Mengingat saat lebaran nanti susah untuk mencari bengkel yang buka.

2. Ganti Oli Mesin dan Gardan

Selain kampas rem, oli juga merupakan sumber masalah jika tidak diperhatikan. Jika oli jelek maka mesin motor matic akan cepat panas dan kasar. Apalagi jika volume oli kurang atau habis, akan membuat mesin macet.

Jangan lupa juga untuk mengganti oli gardan atau oli girbox. Karena motor matic menggunakan oli girbox dan beberapa pengendara masih belum paham masalah ini.

3. Cek Busi, Bila Perlu Ganti

Persiapan mudik pakai motor matic selanjutnya adalah mengecek kondisi busi. Jika busi masih bagus dan layak pakai, ingat – ingat kapan busi terkahir diganti.

Baca Juga : 4 Ciri Busi Harus Segera Diganti Agar Motor Tidak Sampai Mogok

Karena umur pakai busi sebenarnya hanya sekitar 5000 km. Jika lebih dari itu. lebih baik ganti busi dengan yang baru. Meskipun busi masih mengeluarkan percikan api, namun jika melebihi masa pakainya akan mengurangi kinerja busi.

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Pergantian Busi

4. Bersihkan Filter Udara

Filter udara perannya sangat vital pada motor matic injeksi. Jika dibiarkan kotor, selain akan membuat tarikan motor berat juga akan membuat motor matic injeksi mudah rusak.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matik Injeksi Biar Awet

5. Cek V Belt

V belt merupakan komponen yang paling layak untuk mendapatkan perhatian ketika Anda akan berpergian jauh menggunakan motor matic. Jika kondisi V belt sudah retak – retak, segera ganti v belt dengan yang baru jika Anda tidak ingin perjalanannya terganggu.

6. Cek Komstir dan Komponen Lain

Memastikan komstir dalam kondisi baik memungkinkan untuk Anda melewati setiap perjalanan dengan nyaman. Kondisi komstir yang berat tentu akan membuat Anda mudah capek, sedangkan kondisi komstir yang kocak akan membuat motor tidak stabil.

Jangan lupa untuk mengecek komponen lain, seperti grip gas dan handel rem jangan lupa dikasih pelumas. Cek juga kondisi aki, bila perlu lakukan pengecesan ulang untuk memastikan kondisi aki tetap bagus.

Cek juga semua lampu apakah sudah berfungsi dengan baik seperti lampu depan, lampu belakang, lampu speedometer.

Ban juga tidak boleh luput dari perhatian. Cek komponen ban, apakah masih layak pakai untuk perjalanan jauh atau sudah tipis. Jika dirasa sudah tipis, ganti ban dengan yang baru.

Tips Mudik Pakai Motor Matic

Anggap saja motor yang Anda pakai sudah dalam kondisi “siap tempur”. Kini Anda bisa mudik dengan kondisi motor yang bagus. Namun, Anda wajib mengikuti tips mudik pakai motor matic berikut ini agar perjalanan Anda aman sampai tujuan. Amiinnnn..

1. Jaga Kondisi Tubuh

Apapun kendaraan yang Anda pakai, menjaga kondisi tubuh merupakan hal penting yang harus Anda persiapkan saat mudik lebaran nanti.

Jika Anda berangkat pagi, hindari untuk tidur larut malam. Kondisi tubuh yang kurang tidur akan membuat konsentrasi berkurang.

2. Jangan Membawa Barang Berlebihan

Ingat, Anda akan mudik, bukan untuk pindah tempat. Membawa barang terlalu banyak malah akan membahayakan Anda saat perjalanan nanti.

Sekarang ini banyak jasa pengiriman barang yang bisa Anda sewa. Cobalah untuk menggunakan jasa pengiriman barang tersebut beberapa hari sebelum lebaran.

Dengan begitu, segala keperluan Anda saat lebaran tidak terlewatkan dan Anda aman saat perjalanan.

3. Berhentilah Jika Dirasa Mesin Motor Sudah Kelewat Panas

Mesin motor memang dirancang agar tidak overheat, atau panas berlebihan. Namun, seperti layaknya manusia, mesin pun juga memiliki ketahanan yang terbatas. Jika Anda melakukan perjalanan yang jauh.

Berhentilah beberapa menit, selain memberi “napas” pada mesin motor matic Anda serta dengan Anda berhenti sejenak akan memberi Anda waktu beristirahat agar tidak terlalu capek.

KESIMPULAN

Demikianlah tips mudik pakai motor matic agar perjalanan Anda aman dan nyaman. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Jangan pernah sia – siakan momen lebaran tahun ini dengan bertindak konyol dijalanan. Seperti kebut – kebutan dan memaksakan kondisi tubuh. Ingat, keluarga Anda dirumah sudah menanti momen lebaran. Momen lebaran memang dianggap sebagai salah satu momen melepas rindu untuk sanak saudara.

Saya selaku admin MasBengkel.com, mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here