Beranda Tips & Trik Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Selalu Pakem

Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Selalu Pakem

tips merawat rem cakram

Tips Merawat Rem Cakram – Rem cakram merupakan jenis rem yang banyak dipakai pada sepeda motor keluaran terbaru, khususnya untuk rem depan. Jika dulu, rem yang digunakan adalah jenis rem tromol, namun jenis rem ini sudah tidak digunakan lagi atau hanya digunakan untuk rem belakang.

Seperti yang kita tahu bahwa sistem rem merupakan salah satu sistem keselamatan dalam berkendara. Karena fungsi rem adalah untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Jika rem tidak berfungsi, maka akan membahayakan saat dibawa berkendara.

Untuk memastikan rem (khususnya rem cakram) dalam kodisi baik. Sebaiknya lakukan perawatan secara berkala dengan mengikuti tips merawat rem cakram berikut.

Tips Merawat Rem Cakram

Perlu diketahui bahwa tips merawat rem cakram berikut ini bisa kita lakukan sendiri dirumah. Seperti apa tipsnya? Kita mulai dari tips yang pertama, yaitu..

1. Perhatikan Kondisi Kampas Rem Cakram

tips merawat rem cakram sepeda motor

Kampas rem merupakan komponen rem cakram yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena kampas rem merupakan komponen yang berfungsi sebagai bidang diam untuk menggesek bidang bergerak pada sistem rem cakram.

Disamping itu, kampas rem merupakan komponen rem cakram yang paling mudah habis (aus). Untuk itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kondisi kampas rem. Jika kampas rem sudah habis, sebaiknya segera ganti kampas rem dengan yang baru agar kondisi rem cakram tetap pakem dan piringan cakram tidak aus.

Bingung apa itu bidang bergerak dan bidang diam?Baca artikel cara kerja rem cakram agar kamu tahu apa itu bidang bergerak dan bidang diam pada sistem rem cakram.

Baca artikel berikut;

2. Ganti Minyak Rem Secara Berkala

tips merawat rem cakram sepeda motor

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah minyak rem. Lakukan pergantian rem maksimal setahun sekali. Jika minyak rem tidak kamu ganti selama setahun bahkan lebih, ditakutkan ada saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak rem sudah encer yang dapat mengakibatkan kinerja piston tidak maksimal.

3. Bersihkan Kaliper Rem Cakram

tips merawat rem cakram sepeda motor

Letak rem cakram yang ada diluar membuat debu dan kotoran bisa dengan mudah menempel. Komponen rem cakram yang paling rentan kotor tentu saja adalah kaliper rem cakram. Bersihkan kaliper rem cakram beserta komponennya jika dirasa kotoran sudah menumpuk.

Baca Juga: Komponen Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

4. Pastikan Kaliper Rem Cakram Normal

Kaliper atau orang biasa menyebutnya kepala babi – karena bentuknya mirip hewan mamalia itu – jarang sekali rusak. Namun, ada kemungkinan pemasangannya yang tidak tepat atau posisinya goyah karena faktor-faktor tertentu.

Bila kondisi goyah atau bergetar, maka peranti yang berfungsi untuk mencengkeram pringan cakram saat pengendara motor menarik tuas rem itu, akan cepat aus. Pasalnya, bagian-bagian tertentu dari kaliper akan bergesekan terus menerus dengan piringan cakram.

Lantaran itulah, memeriksa posisi kaliper secara rutin merupakan langkah yang bijak. Caranya, putar ban depan sepeda motor. Kemudian cermati gerakkan piston, bila gerakknya masih seirama dengan piringan cakram, artinya tidak ada sentuhan atau gesekan, maka kaliper masih normal.

Penutup

Demikian tips merawat rem cakram sepeda motor agar rem cakram dalam kondisi pakem dan siap pakai. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here