Beranda Tips & Trik Tips Memilih Cover Radiator. Jangan Sampai Salah Pilih!!!!

Tips Memilih Cover Radiator. Jangan Sampai Salah Pilih!!!!

Tips memilih cover radiator sepeda motor

Motor sport dan radiator seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa di pisahkan. Untuk motor berkapasitas diatas 150cc, Pendingin radiator dianggap sebagai sistem yang cocok disandingkan dengan motor berkecepatan tinggi.

Baca Juga: Cara Kerja Sistem Pendingin Radiator Pada Sepeda Motor

Tingkat efektif yang sangat tinggi serta mampu menyerap panas dengan cepat di bandingkam sistem pendingin motor lain. Membuat sistem pendingin radiator adalah sistem pendingin terbaik untuk motor yang berkapasitas mesin diatas 150cc.

Baca Juga: Cara Kerja Sistem Pendingin Sepeda Motor

Meskipun sistem pendingin radiator memiliki kelebihan dalam hal efektifitas dalam melakukan pendinginan pada mesin.

Namun ada beberapa kekurangan atau kelemahan sistem pendingin radiator. Salah satunya adalah letak radiator.

Penempatan radiator yang berada di paling depan memang untuk menampung udara agar mampu membantu mendinginkan air radiator melalui kisi-kisi yang terdapat pada radiator.

Akan tetapi, penempatan radiator di bagian paling depan mesin atau di belakang roda depan adalah salah satu kelemahan sistem pendingin radiator.

Dengan berada tepat di belakang roda depan, serta radiator yang terbuka membuat kisi-kisi pada radiator mudah penyok karena terkena kerikil.

Jika kisi yang terdapat pada radiator penyok, membuat pendinginan menjadi terhambat dan akan membuat motor jadi overheat.

Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan memasang cover radiator. Dengan tujuan, agar kerikil tidak berbenturan langsung dengan radiator.

Permasalahan mudahnya kisi-kisi pada radiator pun teratasi. Akan tetapi, Jangan asal pilih cover radiator.

Pilihlah cover radiator yang memiliki lubang banyak atau agak sedikit besar. Karena jika lubang terlalu kecil atau terlalu sedikit. Radiator akan susah untuk “bernafas“.

Berikut Adalah Tips Memilih Cover Radiator Sepeda Motor

Yang perlu kamu ingat adalah, cover radiator berfungsi sebagai penghalang atau pelindung bukan sebagai penyumbat.

Jika kamu memilih cover radiator yang memiliki sedikit lubang atau lubang cenderung sangat kecil, hal tersebut malah akan merusak atau menggangu kinerja pendingin radiator.

Jadi, saat kamu membeli cover radiator yang harus diperhatikan adalah lubang dari cover tersebut. lubang dengan ukuran yang agak besar atau lubang yang agak banyak.

Penutup

Kesalahan dalam memilih cover radiator pun bukan menyelesaikan masalah tapi akan menimbulkan masalah yang baru. Jadi, pilihlah cover radiator berdasarkan fungsinya bukan penampilannya.

Itulah artikel  tentang tips memilih cover radiator sepeda motor. Jangan sampai tujuan baik kamu, agar radiator terlindungi dari kerikil justru membuat radiator kamu tersumbat dan susah bernafas. Semoga bermanfaat, broo!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here