Home / Review / Tips Membeli Motor STNK Only Biar Aman
tips membeli motor stnk only
Tips Membeli Motor STNK Only

Tips Membeli Motor STNK Only Biar Aman

Tips Membeli Motor STNK Only – Sepertinya kebutuhan masyarakat akan sebuah kendaraan bermotor memang tidak bisa di tunda – tunda lagi. Alasan klasik dari permasalahan ini adalah angkutan umum yang mahal serta susah di dapat.

Mungkin dengan adanya ojek online, kebutuhan masyarakat akan angkutan umum yang aman, cepat dan murah bisa sedikit terobati. Namun tetap saja, motor pribadi masih dianggap lebih efisien ketimbang menggunakan angkutan umum.

Geliat ini bisa dibuktikan dengan adanya jual beli motor murah berlabel stnk only dan bpkb only. Harga yang dipatok memang jauh dari harga standae motor tersebut. Namun, beberapa orang masih ragu saat akan membeli motor stnk only, terutama jika membeli via online seperti di Facebook, banyak sekali yang jual motor stnk only.

Faktor keamanan menjadi penyebab beberapa orang masih ragu untuk membeli motor berlabel stnk only. Baca : Amankah Beli Motor STNK Only dan BPKB Only?

Bagi kalian yang punya niatan membeli motor stnk only namun takut ini takut itu, berikut ini merupakan tips membeli motor stnk only menurut pengalaman pribadi.

Tips Membeli Motor STNK Only

Jujur saja, saya beberapa membeli motor yang hanya memiliki surat sebelah alias stnk only. Bahkan saat ini saya masih menggunakan motor Yamaha Mio yang saya beli beberapa bulan yang lalu dengan tanpa surat apapun (STNK maupun BPKB). Kenapa saya berani membeli motor tersebut ? Saya berani membeli motor tersebut karena beberapa alasan berikut, sekaligus bisa menjadi tips bagi kalian yang ingin membeli motor stnk only.

#1. Ketahui Alasan Motor Berlabel STNK Only

Tidak semua motor STNK only itu bermasalah dengan hukum, misalkan pencurian, pemalsuan dokumen, atau menunggak hutang di leasing.

BPKB Hilang

Karena biasanya, motor yang hanya memiliki surat sebelah (synk only), BPKB-nya hilang. Jika memang hilang, mintalah surat kehilangan dari kepolisian. Karena suray tersebut bisa menguatkan alasan penjual jika motor tersebyt BPKB-nya hilang.

BPKB di Gadaikan

Selain hilang, alasan lainnya adalah BPKB di gadaikan. Seperti biasa, mintalah bukti – bukti pegadaian jika memang BPKB motor tersebut di gadaikan. Dan, kamu juga harus tahu perhitungan jika membeli mtor tersebut. Karena kamu harus menebus BPKB di pegadaian, maka total harga motor dan biaya tebus BPKB tidak melebihi harga pasaran motor tersebut.

BPKB di Leasing

Biasanya motor yang tidak memiliki BPKB masih dalam proses kredit. Alias BPKB nya di lising. Atau motor baru turun dari dealer langsung di jual begitu saja.

Maka dari itu, sebelum kamu membeli motor STNK only, sebaiknya kamu cek dulu ke beberapa lising yang terkenal di kotamu. Pastikan plat nomor kendaraan tersebut tidak ada tunggakan hutang di lising. Jika ada tunggakan hutang di lising, urungkan niat kamu untuk membeli motor tersebut. Karena kamu dapat di jerat hukum sebagai penadah.

#2. Kenal Dekat Dengan Si Penjual

Selain mengetahui alasan kenapa motor tersebut hanya memiliki surat sebelah, mengenal si penjual tentu akan membuat kamu lebih aman ketimbang harus beli via online.

Jika motor tersebut merupakan motor saudara, tetangga dan teman, tentu kamu akan mengetahui histori dari motor tersebut.

#3. Jangan Beli Via Online

Saya sarankan jangan membeli motor stnk only via online. Jangan sampai kamu tertipu dengan iming – iming si penjual. Dan ternyata motor tersebut bermasalah, dan kamu dianggap penadah.

Kesimpulan

Jika kamu masih pemula dan belum tahu seluk beluk dunia jual beli motor tidak lengkap, sebaiknya lebih teliti lagi. Karena pada dasarnya hukum di Indonesia melarang keras bagi siapapun bertransaksi kendaraan bermotor tanpa surat-surat yang lengkap.

Namun jika kamh terpaksa membeli motor dengan surat tidak lengkap, pastikan ada surat keterangan berupa kehilangan dari kepolisian. Agar surat menyurat bisa di urus lagi seperti sedia kala.

Ok gaesssss, mungkin segitu saja sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Tips Membeli Motor STNK Only Agar Aman, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

tips mudik pakai motor matic

Tips Mudik Pakai Motor Matic Biar Aman dan Nyaman

Tips Mudik Pakai Motor Matic – Indonesia punya tradisi unik setiap tahunnya yang tidak semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *