Home / Tips & Trik / Tips Agar Lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus dan Gosong
Tips agar lampu depan motor tidak cepat putus dan gosong
Tips agar lampu depan motor tidak cepat putus dan gosong

Tips Agar Lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus dan Gosong

Tips Agar Lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus dan Gosong – Kita semua sudah tahu kalau motor keluaran terbaru mengadopsi sistem lampu AHO (Automatic Headlamp On) atau secara sederhana, lampu motor akan menyala otomatis tanpa perlu memencet tombol saklar ON/OFF.

Hal ini juga didasari oleh undang – undang lalu lintas, yang mana seluruh motor harus menyala di siang hari.

Namun sistem lampu AHO ini banyak dikeluhkan oleh pengendara dikarenakan bohlam lampu yang cepat putus.

Karena alasan itulah, beberapa motor memasang saklar ON/OFF sendiri. Dengan tujuan agar bohlam lampu depan motor tidak mudah putus dan lebih tahan lama.

Selain putus, masalah lain ketika menggunakan sistem lampu AHO ini adalah bohlam yang gosong, sehingga mengakibatkan lampu depan tidak menyala.

Solusi untuk menghadapi situasi seperti ini sebenarnya cukup mudah. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk memecahkan masalah lampu depan yang cepat putus pada sistem lampu AHO.

Berikut ini saya akan memberikan tips dan trik yang sederhana agar lampu depan motor tidak cepat putus dan gosong. Tips ini tidak memerlukan uang sepeser pun.

Tips Agar Lampu Depan Motor Tidak Cepat Putus

Salah satu penyebab bohlam / lampu depan motor mudah putus adalah karena bohlam yang terus menerus menyala ketika motor sedang dipakai.

Karena efek panas yang ditimbulkan dari aliran listrik pada bohlam, membuat bohlam lama – kelamaan akan gosong atau putus. Bukan hanya itu saja, biasanya mika lampu depan akan meleleh. Namun, penyebab mika lampu depan meleleh karena pergantian bohlam diluar ketentuan pabrik.

Biasanya, bohlam hanya bertahan sekitar 2-3 bulan saja. Dan jika dihitung kerugian, uang maupun waktu tentu akan sangat merepotkan.

Nah, banyak pengendara yang gak sadar nih, kalau bohlam yang putus adalah bohlam yang sering dipakai. Alias, yang putus selalu lampu pendek. Sedangkan lampu jarah jauh (dim) masih aman – aman saja.

Hal ini dikarenakan, penggunaan lampu pendek yang lebih banyak ketimbang lampu dim, bahkan lampu dim sangat amat jarang dipakai terutama di kota – kota besar.

Untuk solusi mengatasi lampu depan yang cepat putus atau gosong adalah dengan menggunakan lampu dim ketika siang hari dan lampu pendek ketika malam hari. Dengan begitu, ‘kerja’ lampu dim dan lampu pendek bisa seimbang.

Cara ini akan membuat lampu depan motor kamu 3x lipat lebih awet dari biasanya.

Jangan kawatir pengguna didepan silau ketika kamu menggunakan lampu dim di siang hari. Karena cahaya yang dihasilkan lampu tidak akan sampai menyorot mata pengendara lain. Efek dari kondisi yang memang sudah terang benerang akibat sinar matahari.

Berbeda jika kamu menggunakan lampu dim ketika malam hari, saya yakin semua pengendara akan memberikan peringatan kepada kamu dengan cara menyalakan dim agar mata kamu silau.

Cara diatas sudah sering saya sampaikan kepada pelanggan saya, dan mereka mengatakan bahwa cara ini sangat ampuh mengatasi lampu depan yang cepat putus atau gosong. Mungkin kamu bisa mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat broo…!!! Jangan lupa untuk baca tips berikut : Cara Pasang Lampu HID Tanpa Ganti Kiprok dan Aki

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

penyebab fuel pump tidak bunyi

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi Pada Motor Injeksi

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi – Pada motor injeksi terdapat komponen yang bernama fuel pump. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *