Tips Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor

Tips Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor : 6 Tips

Masbengkel.com, Tips Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor – Perawatan secara rutin bagi kendaraan bermotor tentu sangat penting untuk dilakukan. Mulai dari perawatan mesin, sasis, dan juga kaki – kaki motor tak terkecuali ban motor. Khusus untuk ban motor, perawatan yang baik pada ban akan menghindarkan kamu dari kebocoran pada ban motor secara tiba – tiba.

Banyak yang mengeluh kepada saya kenapa ban motornya mudah sekali kempes dan bocor, padahal sang pemilik motor mengakku jika sudah melakukan perawatan secara rutin tiap bulannya. Bagi saya pribadi, mempercayakan perawatan kepada mekanik atau bengkel juga kuurang tepat. Karena tidak semua bengkkel memiliki ketilitian, belum lagi jika urusan sepele seperti mengecek tekanan ban saat servis motor.

Dalam hal ini seharusnya pemilik motor lebih mengutamakan perawatan secara mandiri agar ban motor tidak mudah bocor ataupun kempes. Yang jadi pertanyaan adalah bagaiamana cara atau tips agar ban motor tidak mudah bocor. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips sederhana bagi pengendara motor agar bannnya tidak mudah bocor ataupn kempes secara medadak.

Tips Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor

Tips agar ban motor mudah bocor kali ini akan membantu kamu untuk berkendara lebih aman dan nyaman. Tips – tips yang akan saya bagikan kali ini begituu mudah kamu lakukan tanpa perlu membawa motor ke bengkel. Selain itu, denngann tips ini bukan hanya mencegah agar ban motor tidak bocor sekaligus juga akkan membuat ban motor kamu lebih awet dan tahan lama tentunya.

Pastikan Tekanan Udara Pas Atau Sesuai Standar

Memompa ban juga merupakan salah satu cara agar ban motor tidak mudah bocor. Akan tetapi kamu perlu memperhatikan tekanan ban yang kamu isi, tekanan ban yang berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan ban motor. Untuk itu kamu perlu memperhatikann tekanan angin yang kamu isi di ban motor kamu agar tidak kurang ataupun lebih. Jika kamu belum mengetahui ukuran ban yang pas, silahkan baca artikel berikut Tekanan Angin Ban Motor Matic, Bebek dan Sport yang Tepat.

Posisi Ban Harus Pas

Tidak semua mekanik melakukan pekerjaannya dengan sempurna termasuk juga saya. Terkadang saat melakukan pemasanagan ban konndisi bengkel ramai sehingga melakukan pekerjaan dengan tergesa – gesa. Kedalahan dalam melakukan pemasanagan ban biasanya terjadi adalah ban yang arahnya terbalik dan garis pada ban tidak sejajar.

Jika hal ini terjadi, selain akan mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara juga akan menjadi salah satu penyebab ban motor mudah bocor atau kempes. Dan juuga akan membuat ban motor kamu tidakk bisa awet ataupun tahan lama. Ban akan cepat rusak dann bann juga mudah bocor, selain itu berkendara akan menjadi tidak nyaman.

Pastikan Ukuran Ban Dalam dan Ban Luar Sesuai Atau Cocok

Pernah gak sih kamu mengetahui bahwa ban dalam dan ban luar motor kamu tidak sama ukurannya ? Jika pernah hal ini akan menyebabkan ban mudah bocor dann mudah kempes. Selain itu, jika hal ini terjadi maka ban dalam motor akan cepat rusak karena ban dalam tidak mengembang sesuai ukurannya karena ukuran ban luar yang tidak sesuai dengan ban dalam.

Ganti Ban Jika Dirasa Ban Sudah Berumur

Bukan hanya manusia yang punya umur, ban juga punya umur, lho. Untuk mengetahui umur pakai ban kamu bisa lihat kondisi dari ban luar. Jika ban retak atau ban sudah guundul, segara lakukan pergantian agar ban motor tidak mudah bocor. Ban yang sudah gundul akan membuat paku, kerikil dan barang – barang kecil dijalanan bisa masuk dengan mudah menembus ban luar dan membuat dalam berlubang.

Pun demikian jika ban luar yang retak, kasusnya juga sama. Barang – barang kecil seperti paku, kerikil dan lain sebagainya bisa masuk dari celah – celah ban yang retak sehingga kan menembus di ban dalam. Umur ban dalam juga harus diperhatikan. Jika ban dalam sudah tipis, harus segera diganti. Karena ban dalam yang tipis akan membuat ban tidak bisa menahan tekanan dari bebean motor sehingga ban motor mudah bocor.

Bonus : Guunakan Nitrogen dan Cairan Anti Bocor

Kalau tips terakhir ini sifatnya opsional ya. Bisa dilakukan, tidak dilakukan juga boleh. Karena bagi saya pribadi tips iini tidak akan berjalan dengan maksimal jika tips – tips diatas tidak kamu jalankan. Selain itu, tips ini lebih peruntukan untuk ban dengan tipe tubeless atau ban tanpa ban dalam. Lakukan cara terkahir ini jika kamu ingin ban motor kamu benar – benar aman. Karena memang penggunaan nitrogen dan cairan anti bocor sangat baik bagi ban motor kamu.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Ciri Kampas Rem Cakram Habis.jpg

Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor

Masbengkel.com, Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor – Motor diciptakan tidak dengan perhitungan asal- …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *