Beranda Tips & Trik Tekanan Angin Ban Motor Matic, Bebek dan Sport yang Tepat

Tekanan Angin Ban Motor Matic, Bebek dan Sport yang Tepat

tekanan angin ban motor bebek, sport dan matik

Ban merupakan komponen atau part yang berhubungan langsung dengan medan jalan (entah itu jalanan aspal atau pasir dan medan jalan dengan bentuk lain). Untuk itu penting sekali memperhatikan kualitas dari komposisi ban, mulai dari ban luar dan ban dalam serta jangan lupakan juga tekanan angin ban motor.

Memastikan tekanan angin agar pas akan membuat kinerja motor lebih maksimal dan juga membantu kamu berkendara dengan nyaman dan aman.

Pengaruh Tekanan Angin Ban pada Saat Berkendara

Tekanan angin ban tentunya sangat penting dalam berkendara. Tekanan angin yang terlalu tinggi membuat tapak ban yang kontak dengan permukaan jalan menjadi tidak merata. Namun jika tekanan angin ban kurang dari batas minimal, bisa mengakibatkan benjol hingga pecah ban!

Tekanan angin ban yang tidak sesuai akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara terutama pengaturan kemudi stir. Ketidaknyamanan tersebut dapat mengakibatkan oleng sehingga sepeda motor sulit dikendalikan. Fatalnya, dapat menjadi penyebab kecelakaan.

Ada banyak penyebab tekanan angin ban menjadi berkurang. Idealnya, tekanan angin pada ban tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran yang disebabkan oleh tusukan benda tajam, kerusakan pada pentil ban atau kerusakan pada velg seperti bengkok yang mengakibatkan angin keluar melalui celah antara ban dan velg.

Jika tekanan angin ban berkurang, kamu juga harus tahu tekanan angin yang ideal untuk motor kamu. Setiap motor berbeda-beda ukuran tekanan anginnya. Perbedaan ukuran tekanan angin tergantung dari ukuran ban yang digunakan serta jenis motornya. Semakin besar ukuran ban dan motor, maka bisa semakin besar juga tekanan angin ban yang dibutuhkan.

Berapa Tekanan Angin Ban yang Pas?

Berapa tekanan angin ban motor yang pas

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat dua ban pada satu unit sepeda motor. Biasanya ukuran ban belakang lebih besar daripada ban depan.

Perbedaan ukuran ban ini memiliki alasan tersendiri. Roda belakang berperan sebagai penggerak motor untuk percepatan. Sementara roda depan berperan sebagai pengendali motor dalam menentukan arah jalan.Hal tersebut membuat beban pada roda belakang lebih besar dibandingkan roda depan.

Perbedaan fungsi antara ban belakang dengan ban depan membuat tekanan angin ban juga harus disesuaikan agar dapat digunakan dengan nyaman saat berjalan. Kurangnya tekanan angin bisa membuat motor jadi oleng bahkan bisa mengalami kecelakaan jika dikemudikan dalam kecepatan tinggi.

Lalu, berapa ukuran tekanan ban motor pada motor bebek, motor matic, dan motor sport yang pas?

Tekanan Angin Ban Motor Matic

  • Ban depan 28 ~ 30 psi
  • Ban belakang 31 ~ 33 psi

Tekanan Angin Ban Motor Bebek

  • Ban depan 29 ~ 30 psi
  • Ban belakang 31 ~ 33 psi

Tekanan Angin Ban Motor Sport

  • Ban depan 32 ~ 34 psi
  • Ban belakang 39 ~ 41 psi

Semoga bermanfaat!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here