stater motor kkadang bisa kadang tidak

Stater Motor Kadang Bisa Kadang Tidak : 4 Penyebab

Masbengkel.com, Stater Motor Kadang Bisa Kadang Tidak – Stater otomatis pada motor sangat berguna bagi kita untuk mempermudah dalam menstater motor. Dengan adanya stater motor, kita tidak perlu lagi untuk melakukan stater motor menggunaka kick stater. Untuk itu, perlu nagi kita untuk memastikan stater motor bberfungsi dengann baik agar setiap kali meyalakan motor kita tidak perlu repot – repot menggunakan kick stater.

Salah satu kelemmahan stater otomatis pada motor adalah sistem ini lebih mudah rusakk jika dibandingkan dengann stater manual ( kick stater ). Karena komonen ini menggunakan sistem elektrik jadi mudah sekali untuk mengalammi kerusakan. Apalagi, tidakk ada perawatan secara khusus bagi komponen – komponen stater ini. Kecuali perawatan pada bagian aki saja.

Kerusakan yang biasa terjadi pada stater motor diantaranya adalah stater motor yang mati total, stater motor yang hanya bunyi cetek cetek, stater motor kadang isa kadang tidak. Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masalah stater motor yang saya sebutkankan terakhir yakni stater motor kadang bisa kadang tidak.

Penyebab Stater Motor kadang bisa kadang tidak

Terdapat beberapa kkomponen yang ada sistem stater otomatis pada motor, komponen – komponenny adalah tombol stater / switch stater, dinamo stater, relay stater, aki serta gear stater. Semua komponen ini akan saling mendukunng satu sama yang lain. Jika salah satunya mengalai kerusakan maka yang terjadi adalah stater otomatis tidak berfungsi dengan baik.

Lalu, apa saja penyebabnya ?. Berikut ini saya akan menjelaskan kepada tentang apa saja yang menyebabkan masalah tersebut pada stater motor kamu. Namun, artikel ini hanya untuk preferensi saja, sebaiknya perbaikan dilakukann olehh ahlinya karena untuk memperbaiki masalah ini butuh kemampuan dan alat yang memadai.

Tombol Stater Kotor

Stater motor itu letaknya ada diluar yang bisa terkena debu dan juga air (entah itu air hujan atau air hasil dari mencucui motor). Air dan debu akan mudah masuk ke area tombil dan lama kelamaan akan menumpuk di area dalam tombol. Menumpuknnya kotoran dan air akan membuat area tombol menjadi berkatar. Karena area didalam tombol terbuat dari logam yang mudah berkata dan korosi.

Stater yang kotor akibat debu dan air ini akan menyebabkan stater motor kadang bisa kadang tidak bahkan bisa juga stater motor tidak berfungsi sama sekali. Kenapa bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena cara kerja dari tombol stater adalah menyambungkan arus melalu logam. Logam akan menempel jjika tombol ditekan dan akan mengalirann arus listri. Jika logam ini kotor, maka alur listrik tidak akan mengalir dengan sempurna.

Relay Stater

Fungsi dari relay stater adalah untuk menyambuyngkan antara aki dan dinamo stater. Ketika kontak On, maka arus dari aki akan langsung menyambung ke dinamo stater. Akan tetapi motor tidak akan langsung menyala karena atrusnya diputus oelh tombol stater. Jika motor stater kamu mengalami masalah seperti kadang bisa kadang tidak biasanya diakibatkan relay stater yang sudah mulai rusak. Kerusakan ini terjadi karena relay stater tidak menyalurkan arus dengan baik.

Adapun kkerusakan yang terjadi pada relay stater bukan hanya stater motor kadang bisa kadang tidak. Relay stater yang rusak juga bisa mengakibatkan stater motro tidak berfungsi sama sekali atau stater motor hanya bunyi tek tek atau cetek cetek. Untuk menghindari atau memperbaiki masalh ini, sattu satunya alan adalah dengan mengganti relay stater.

Dinamo Stater

Sepperti namanya, fungsi dari dinamo stateer adalah penggeerak. Dinamo stater “melaksanakan” perintah dari tombol stater, aki dan relay stater agar menggerakan mesin motor agar motor bisa mennyala atau hidup. Namun dinamo stater akan berhenti atau ngadat jika salah satu bagian atau komponen dari dinamo stater mengalami kerusakan. Jika kamu belum komponennya, ini merupakan artikel yang membahas tentang komponen dinamo stater, silahkan baca.

Jika salah satu komponen dinamo stater rusak maka akan menyebabkan dinamo stater tidak berfungsi dengan baik.  Bagian yang satu ini memang sangat penting bagi sistem stater otomatis pada motor. Namun sayang, pada motor keluuaran terbaru terutama motor matic honda, komponen ini sudah tidak dipakai lagi dan digantikan oleh sistem atau teknologi ACG.

Aki Tekor

Sumber dari seluruh komponen kelisttrikan pada motor adalah aki. Komponen – komponen kelistriikan pada motor sangat bergantung pada aki. Jika aki mengalami masalah atau ttekor maka seluruh komponen kelistrikan akan mengalami masalah juga atau tidak berfungsi. Pun termasuk juga dengan stater motor, jika aki tekor akan menyebabkan stater motor tidak berfungsi dengan baik. Jika aki motor kamu masih menggunakan aki basah, sebaiknya selalu cek kadar air aki. isi jika air aki sudah muali berkurang, jangan air aki kehabisan.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *