Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Penyebab Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak

Advertisement

Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak, MasBengkel.com | Bagi biker cewek, starter elektrik merupakan hal yang wajib ada di motornya. Para emak – emak ini bakalan mencak – mencak kalau starter elektriknya bermasalah. Harap maklum sih, karena biker cewek biasanya tidak kuat kalaubstarter motor menggunakan kick starter.

Namun, ada satu permasalahan pada starter elektrik yang bikin para emak – emak gemes, yakni starter motor kadang bisa kadang ngadat / macet. Hal ini pernah menimpa motor yang dipakai oleh istri saya. Saking takutnya starter tidak bisa nyala, sampai – sampai motor tidak dipakai beberapa hari. Yang ditakutkan ketika starter elektrik ngadat, terus tidak orang yang dimintai tolong, pasti bawaannya pingin nangis.

Penyebab Starter Motor Kadang – Kadang Tidak Bisa

Sebenarnya apa penyebab starter motor kadang fungsi kadang tidak, berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut.

1. Tombol Starter Bermasalah

Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek

Didalam tombol starter terdapar konektor, dan konektor ini lama – lama akan mengalami korosi sehingga menghalangi konektor sehingga membuat starter motor ngadat. Lakukan pembersihan pada tombol starter menggunakan cairan khusus atau bisa juga kamu melakukan pembersihan menggunakan amplas denan cara melakukan pembongkaran pada konektor tombol starter.

Baca Juga : Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek + Cara Mengatasinya

2. Aki Soak

starter motor kadang bisa kadang tidak

Aki soak tidak hanya memyebabkan semua komponen kelistrikan mati / tidak berfungsi. Aki soak terdapat dua jenis yakni volt yang lemah dan tidak dapat menyimpan strum (ampere lemah).

Advertisement

Biasanya, penyebab starter motor kadang bisa kadang tidak diakibatkan aki tidak dapat memyimpan setrum. Ciri – ciri dari pemasalahan ini adalah starter akan berfungsi ketika mesin motor sudah panas / habis dipakai dan tidak berfungsi ketika mesin motor dingin.

Baca Juga : Aki Motor Cepat Tekor, Ketahui Penyebab dan Solusinya

3. Dinamo Starter Bermasalah

motor starter

Diname starter merupakan motor dari starter elektrik. Didalam motor starter terdapat komponen motor starter untuk menunjang kinerja dinamo starter. Jika kerusakannya adalah starter motor kadang – kadang ngadat biasa kerusakan terjadi pada angker dinamo. Biasanya angker dinamo sudah tidak rata.

Baca Juga : Motor Starter : Cara Kerja Beserta Komponennya

4. Switch Rem Rusak (Motor Matik)

Pada motor matik, untuk menyalakan starter motor perlu menarik tuas rem. Didalam tuas rem ini terdapat komponen bernama switch starter. Switch strter lama – lama akan mengelami korosi atau sudah longgar bagian konektornya.

Advertisement

5. Switch Kopling Rusak (Motor Sport)

Kasusnya sama seperri swirch rem pada motor matic, tapi bedanya kali ini permasalahan ada pada switch kopling.

itulah beberapa kemungkinan yang menyebabkan starter motor kadang bisa kadang tidak.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close