starter motor bunyi ngek

Starter Motor Bunyi Ngek : Penyebab dan Solusinya

Masbengkel.com, starter Motor Bunyi Ngek – Starter elektrik atau biasa disbeut juga dengan starter otomatis merupakan salah satu sistem atau teknologi untuk memudahkan user sepeda motor. Dengan adanya starter otomatis maka pengendara motor tidak perlu menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor.

Namun keberadaann starter elektrik akan sangat membebani aki motor. Karena untuk mengaktifkan starter elektrik dibutuhkan arus listrik yang besar agar dinamo starter bisa berputar dan mampu menghidupkan mesein motor. Dibutuhakan aki dengan kondisi prima agar starter elektrik bisa bekerja dengan maksiimal.

Penyebab Starter Motor Bunyi Ngek

Kali ini saya akan menjawab keluhan dari salah satu pelannggan bengkel saya. Dimana orang tersebut mengeluhkan starter motor bunyi ngek. Apa yang dimaksud dengan bunyi ngek ? Ketika tombol starter ditekan maka starter motor tidak berfungsi atau berputar melainkan hanya bunyi ngek ngek ngek saja. Hal ini tentu akan sangat menggangu bagi kita pemilik mmotor karena starter selain bunyi ngek, juga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Dari keluhan tersebut saya terinspirasi untuk membuat artikel yang sama tentang apa saja ppenyebab starter motor bunyi ngek yang menyebkan starter motor tidak bisa berfungsi. Berikut ini merupakan penjelasan singkat saya dari apa yang saya dapatkan dari pengalaman di bengkel dan dari perkiraan saya priibadi sebagai mekanik.

Aki Motor Soak Atau Lemah

Aki merupakan sumber dari seluruh komponenn kelistrika pada sepda motor. Dari aki lah seluruh komponen kelistrikann pada motor akan berfungsi maksimal. Mulai dari lampu indikator, klakson, lampu sein dan jjuga starter motor. Meskipun pada beberapa kasus lampu dan klkson tetap bisa menyala meskipun aki mati attau lemah. Tetapi klakson dan lampu sein tidak bisa berfungsi dengam baik karena arus yang didapat hanya dari spul saja.

Sama dengan starter elektrik atau starter otomatis pada motor. Jika akki lemah atau rusak maka yang terjadi adalah starter tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan tidak befungsi sama sekali. Selain itu, aki yang lemah atau soak juga menjadi salah satu penyebab starter motor bunyi ngek. Hal ini dikarenaka arus yyang masuk ke dinamo starter kurang besar. Sehingga dinamo starter tidak bisa berputar.

Bunyi ngek yang timbul ini dikarenakann dinamo starter yang seakan macet. Akan berputar tapi tidak bisa berputar karena arus yanng diterima dari aki kurang besar sehingga menimbulkan efek bunyi ngek pada starter motor jika starter motor akan di hidupkan.

Cara Mengatasi Jika Aki Motor Lemah yang Menyebabkan Starter Motor Bunyi Ngek

Untuk mengatasi aki motor soak atau lemah dan menjadi penyebab starter motor bunyi ngek adalah dengan mengecek aki iitu sendiri. Dimulai dari pemeriksaan tegangan pada aki, mengecek volume air aki jika aki mootor kamu masih menggunakan aki basah, lalu menngecek pada bagian terminal dan terkahir adalah mengganti aki dengan yanng baru.

Pemeriksaan tegangan Pada aki

Untuk memeriksa teganngan pada aki dibtuhkan alat bernama avometer. Alat ini akan berfugsi untuk mengecek tegangan pada aki. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan kabel pada avometer ke aki motor. Gambar plus (+) pada avometer disambungkan pada plus aki dan gambar min (-) pada avometer disambungkan ke min ada aki. Lakuan ini pada saat kontak masih off. Jika tegangan mennunjukkann angka diatas 12 dan dibawah 14 maka aki masih normal. Selannjutnya kontak on, jika masih diats 12 artinnya aki masih benar benar bagus.

Mengecek volume air aki

Jika aki kamu masih menggunakan aki basah, sebaiknya kamu cek air aki jika aki motor melemah. Lihat pada bagian aki motor terdaat tulisan upper dan lower. Jika volume air aki dibawah lower sebaiknya segera lakukan pengisian ulang pada aki. Usahakan ketika mengis air aki jangan melebihi garis upper karena hal jika melebihi upper maka akann berbahaya bagi kesehatan aki motor kamu.

Mengecek terminal pada aki motor

Selanjutnya adalah mengecek terminal pada aki motor. Terminal pada aki motor bisa korosi terutama bagi motor yang menggunakan aki basah. Untuk itu kamu harus mengecek pada bagian ini agar aki motor bisa normal kembali. Lepaskan baut pada terminal aki lalu goso menggunakan kertas gosok sampai terminal aki mengkilap. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran pada terminal aki. Karena kotoran bisa menghalangi arus aki.

Mengganti aki

Jika semua saran – saran diatas sudah kamu lakuukan maka satu – satunya langkah yang harus kamu temmpuh adalah dengan mengganti aki motor dengan yang baru. Hal ini tentu sangat wajib kamu lakukkan jika ingin starter motor kembali normal. Namun, sebelmu langkah ini kamu tempuh sebaiknya charger aki terlebih dahulu, namun jika akki tidak bisa kembali normal, mau tidak mau kamu harus mengganti aki dengan yang baru..

Kesimpulan

Aki merupakan sumber dari tenaga starter elektrik pada motor. Jika aki melemah maka akan menyebabkan starter motor tidak bisa berfungsi dengan baik atau starter motor bunyi ngek. Adapun opsi lain yang menyebabkan starter motor bunyi ngek yakni dinamo starter. Namun hal ini jarang terjadi apalaggi bagi mootor keluaran terbaru dan dinamo starter belum pernah dibongkar. Jadi satu – satunya msalah jika starter motor berbunyi ngek adalah aki yang soak atau lemah.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *