Advertisement
Materi Otomotif

Pengenalan Sistem Kemudi Sepeda Motor + Gambar

Advertisement

Sistem Kemudi Sepeda Motor – Sistem kemudi berfungsi untuk membelokkan roda depan ke kiri dan ke kanan dengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang diterusakan ke garpu depan (front fork).

Kelengkapan kemudi juga berfungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan. Selain penampilan, panjang pendeknya stang kemudi merupakan unsur yang harus diperhitungkan.

Batang kemudi yang panjang akan ringan untuk digerakkan, namun kendaraan menjadi kurang lincah. Sebaliknya batang kemudi yang pendek akan membuat gerakan kendaraan menjadi lincah, namun berat untuk dikendalikan.

Lalu, apa saja komponen dan fungsi sistem kemudi pada sepeda motor ?

1. Sistem Kemudi (Komponen dari Suspensi)

Sistem kemudi menopang stang dan front fork dan dipasang pada head pipe melalui race ball. Oleh karena itu, sistem kemudi bertumpu pada head pipe.

Ada dua tipe front fork yaitu tipe telescopic dan tipe bottom link. Tipe telescopic mempunyai under bracket yang juga tempat menopang front fork dan Tipe bottom link, dimana tangkai steer dilas pada front fork. Front fork menopang goncangan jalan melalui roda depan dan berat mesin serta penumpang.

Advertisement

Oleh karena itu, front fork harus mempunyai kekuatan dan kekerasan yang sempurna caster dan trail, berpengaruh besar pada kestabilan sepeda motor, oleh karena itu, front fork harus di buat dengan ketelitian tinggi.

nama komponen sistem kemudi sepeda motor dan fungsinya
Tipe Telescopic
sebutkan komponen sistem kemudi pada sepeda motor
Tipe Bottom Link

2. Caster dan Trail

Stabilitas dan kemampuan bermanufer sepeda motor berhubungan dengan kesejajaran roda depan, poros roda, pembagian titik berat, center titik berat, tipe dan kemampuan suspensi, ukuran dan prestasi ban, maupun posisi pengendara. Tapi faktor yang penting adalah posisi roda depan yaitu yang disebut caster dan trail.

Jelaskan pengertian caster dan trail pada sistem kemudi sepeda motor? Begini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Caster

Caster adalah sudut yang terbentuk dari pertemuan garis sumbu pipa steering dan garis tegak lurus yang memotong as roda depan.

Pengertian Trail

Trail adalah jarak antara pertemuan garis vertikal melalui pusat as roda depan dengan tanah dan pertemuan garis melalui pipa steering head dengan tanah.

Advertisement
Jelaskan pengertian sistem kemudi sepeda motor sistem caster dan trail

Jika caster dan trail diperbesar, sepeda motor untuk berjalan lurus pada kecepatan tinggi lebih baik. Tapi, saat dalam keadaan pelan, stabilitas dan gerakannya berkurang. Oleh karena itu, caster dan trail harus ditentukan dengan memperhitungkan tujuan dan karakter sepeda motor dan suspensinya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Rangka Sepeda Motor (Lengkap Dengan Gambar)

3. Tangkai Kemudi / Handlebar

Tangkai kemudi dipegang langsung oleh pengedara. Lebar, tinggi dan sudut menentukan posisi pengendara dan mempengaruhi stabilitas sepeda motor. Oleh karena itu, tangkai kemudi harus dirancang sesuai tujuan dan sifat / karakter sepeda motor.

Bahan yang banyak digunakan adalah, pipa baja dan kombinasi antara pipa baja dan plat baja. Tapi untuk bahan yang paling banyak digunakan adalah yang terbuat dari pipa baja dan dipakai pada sepeda motor bebek dan skutik.

Bentuk Batang Kemudi

Batang kemudi pipa baja dibedakan berdasarkan bentuk up-swept, semi-up-swept. Batang luus dan terpisah dirancang untuk motor sport, off road, dan motor racing.

Demikian penjelasan komponen dan fungsi sistem kemudi sepeda motor. Jika masih kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close