Beranda Tips & Trik Setir Mobil Terlalu Ringan, Begini Solusinya

Setir Mobil Terlalu Ringan, Begini Solusinya

Setir Mobil Terlalu Ringan
Setir Mobil Terlalu Ringan

Baru – baru ini saya mengalami kejadian saat mengemudi mobil. Mobil yang saya kendarai terdapat permasalahan pada setir, yakni setir mobil terlalu ringan. Atas kejadian tersebut saya jadi terinspirasi untuk membuat artikel yang membahas mengenai permasalahan tersebut.

Permasalahan pada setir mobil / power steering memang sangat beragam ya brosist. Selain setir mobil terlalu berat yang membuat berkendara menjadi sangat tidak nyaman serta mudah capek. Permasalahan setir mobil terlalu ringan juga membuat berkendara menjadi kurang nyaman.

Terlalu berat capek, terlalu ringan kurang nyaman, repot juga kannn. Memang brosist, setir pada mobil memang di setting agar tidak terlalu ringan dan berat. Jadi harus pas dan sesuai dengan settingan pada mobil.

Efek Jika Setir Mobil Terlalu Ringan

Setir mobil memang di desain sedemikian rupa agar nantinya sistem kemudi bisa dikendali pada situasi apapun. Mulai dari situasi macet, perjalanan jauh ataupun saat berkendara dalam kecepatan tinggi.

Stir mobil yang terlalu ringan bisa sangat beresiko terjadi kecelakaan, penyebabnya adalah mobil menjadi susah dikendalikan atau kendali mobil akan sangat liar.

Terutama jika mobil tersebut melaju dengan kecepatan yang tinggi di jalan tol. Kemudi setir yang sangat ringan ini bahkan di senggol sedikit saja mobil akan langsung bermanuver, jika ditambah dengan turunnya hujan, maka mobil menjadi sangat tidak terkendali dan rawan kecelakaan.

Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan jika mobil mengalami masalah setir yang terlalu ringan.

Cara Mengatasi Setir Mobil Terlalu Ringan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan setir mobil terlalu ringan, diantaranya adalah disebabkan karena setelan steering rack atau girbox setir yang berubah.

Biasanya, yang menjadi pemicu setelan steering rack berubah adalah dikarenakan adanya pembongkaran pada bagian girbox atau steering rack saat dilakukannya perbaikan mobil.

Lakukan penyetelan ulang steerung rack atau stelan girbox-nya. Jika dirasa kamu mengalami gejala setir mobil yang terlalu seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Setelah melakukan penyetelan ulang, sebaiknya lakukan uji jalan sampai mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Semoga artikel singkat yang membahas penyebab dan cara memperbaiki setir mobil terlalu ringan ini bisa menjadi solusi untuk mobil kamu yang mengalami masalah kemudi yang terlalu ringan agar aktivitas kamu dijalanan menjadi lebih aman serta tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here