setang motor bergetar.jpg

Setang Motor Bergetar ? Ini 6 Penyebabnya

Masbengkel.com, Penyebab Setang Motor Bergetar – Kenyamanan dalam bekendara memang meliputi banyak hal. Salah satunya yang akan kita bahas permasalahannya kali ini adalah setang kemudi. Bagian yang satu ini memang menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan dalam berkendara karena setang terhubung langsung dengan tangan sehingga setang motor didesain senyaman mungkin dan tidak bergetar.

Lalu. Pernahkah kamu mengalami setang motor kamu bergetar atau saat ini setang motor kamu bergetar ? Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus mengetahui penyebabnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja penyebab setang motor bergetar yang membuat berkendara kurang nyaman.

Penyebab Setang Motor Bergetar

Pada beberapa kasus motor yang sudah di bore up, biasanya kasus setang motor terasa bergetar karena kesalahan perhitungan saat melakukan stroke up. Namunn disini saya hanya akan membahas motor yang masih standar, atau tidak dalam keadaan bore up atau stroke up. Karena membahas motor yang sudah stroke up itu susah, motor stroke up dan bore up jika bermasalah butuh diperbaiki secara langsung bukan di bahas lewat artikel. He he he.

Shock Breaker Depan Keras

Shock Breaker merupakan peredam kejut jika kita melewati jalanan yang rusakk atau bergelombang. Selain itu, shock breaker juga berguna untuk meningkatkan daya cengkram dari ban motor. Karena sifatnya yang mampu meredam getaran, jika shock breaker teralalu keras maka getaran akan sampai ke setang motor.

Shoock breaker yang keras ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti volume oli shock yang terlalu banyak, pipa shock breaker berkarat dan pipa shock breaker bengkok. Untuk mengatsinya, kamu bisa cek kekerasan dari pantulan shock breaker dengan cara menaiki motor dan menjekan rem depan lalu menekan bagian motor menggunakan tubuh. Jika shock breaker tidak mau turun atau ada hentakan, bisa dipastikan pennyebab setang bergetar pada motor kamu akibat shock breaker yang keras.

Karet Setang Rusak (Motor bebek dan Matic)

Desain setang motor bebek dan sport itu berbeda. Pada motor bebek dan matic terdapat karet peredam getaran di sambungan setang dan dudukan setang. Karet ini bertujuan untuk menguarabgi getaran yang ada di setang motor. Karet setang ini bisa rusak karena umur pakai motor. Kerusakan yang terjadi biasanya akan menyebakan setang motor bergerak dan goyang. Selain berbahaya, kasusu ini juga akan membuat berkendara kurang nyaman.

Komstir Rusak

Jika bicara tentang sistem kemudi pada motor, bagi saya komsir merupakan komponen yang paling vital. Karena komponen ini selain sebagai bantalan juga menjadi penstabil setang kemudi motor. Seiring dengan pemakaian, komstir motor lama – kelamaan akan aus dan rusak karena bergerak secara terus menerus dan juga menahan beban dari motor untuk bagian depan.

Koomstir akan cepat jika kamu sering melewati jalanan yang rusak dan bergelombang. Komstir juga cepat rusak jika shock breaker depan keras. Hal ini dikarenakan komstri akan meneriman gaya benturan yang lebih keras jika shock breaker depan keras. Untuk mengatasi setang motor bergetar karena komstir rusak, ganti komstir. Sya sarankan gunakan komstir yang berkualitas baik.

Bearing Roda Pecah Atau Rusak

Bearing roda dan biasa disebut juga dengan klaher merupakan komponen yang terletak di bagian tengah roda motor. Bearing motor yang sudah tidak normal akan menyebabkan setang motor bergetar. Untuk melakukan pengecekan pada bearing roda caranya sangat mudah. Kamu cukup menggoyangkan roda ke kanan dan kiri, jika roda motor goyang artinya bbearing roda sudah aus atau rusak.

Ban Tidak Rata

Ban motor yang tidak rata juga bisa menyebabkan setang motor bergetar. Ban yang tidak rata ini meliputi ban yang benjol, ban yang bergelobang dan pemasangan ban yang tidak rata. Jika kasusnya adalah ban yang benjol biasanya diakibatkan motor yang diparkir terlaalu lama panas matahari secara langsung.

Jika ban yang tidak rata karena ban yang bergelombang biasannya terjadi karena kaulitas ban yang kurang baik. Sedangakan yang terakhir adalah dikarrenakan pemasangan ban yang kurang tepat. Biasanya ini terjadi ketika ban mengalami kebocoran dan saat melakukan pemasangan ulang kurang hati – hati sehingga ban tidak rata.

Velg yang Bengkok Atau Penyok

Bukan hanya hanya, penyebab setang motor bergetar juga bisa dari kondisi velg motor. Jika velg motor bengkok atau penyok maka yang terjadi adalah setang motor terasa goyang. Biasanya kerusakan pada velg motor akibat benturan yang keras karena terkena lubang dijalan atau pernah mengalami kecelakaan.

Untuk memastikan apaha kondisi velg motor bengkok atau tidak caranya sangat mudah. Posisikan motor menggunakan standar tengah, lalu putar roda motor. Ketika roda berputar perhatikan putaran dari roda. Jika dirasa ada yang aneh, misal disalah satu bagian terlihat penyok maka velg butuh di detel ualng atau jika punya uang cukup ganti velg dengan yang baru.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *