efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan sebagai saringan udara merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring udara dari luar yang masuk ke mesin motor. Tujuannya tentu saja udara yang di hisap oleh karburator dan throttle body adaalah udara yang bersih dan tidak tercampur dengan debu dari luar.

Tapi kenyataannya, meskipun perannya sangat penting banyak pengguna atau pemilik motor yang melepas filter udaranya. Ketika saya telusuri, kebanyakan hal ini dilakukan oleh para kaum muda yang suka otak atik motornya. Tujuan dan maksud dari melepas filter udara ini adalah agar tarikan motor bagus dan suara motor lebih gahar. Namun, para pengguna ini tidak menghiraukan efel buruk saringan udara jika dilepas.

Ternyata ini Efek Buruk Jika Saringan Udara  Motor Dilepas

Filter atau saringan udara merupakan komponen yang terdiri dari box filter dan juga filter atau spon udara. Sangat simpel memang, tapi perannya sangat vital untuk mempertahankan kondisi motor dalam kondisi prima. Memang, motor yang dilepas filternya bisa meningkatkan performa motor pada tarikann awal.

Hal ini dikarenakan aliran udara yang di hisap akan lebih banyak jika filter atau saringan udara di lepas. Bandingkan jika saringan udara masih terpasang. Aliran udara akan sedikit terhambat oleh spon yang terdapat di dalam box atau tempat filter udara. Belum lagi jika spon filter udara sudah kotor maka aliran udara akan terhambat arena debu dan kotoran yang sudah menumpuk di spon saringan udara.

Motor Lemah di Kecepatan Tinggi

Meskipun motor bisa meningkat pada saat tarikan awal jika saringan udara di lepas. Tapi tidak berlaku untuk motor yang di kendarai di kecepatan yang tinggi. Karena saat kecepatan tinggi angin yang masuk akan lebih besar ketimbang saat kecepatan rendah. Karena angin yang masuk terlaly banyak akan membuat campuran udara dan bahan bakar lebih kaya di udaranya ketimbang di bahan bakarnya.

Lebih Boros Bahan Bakar

Efek yang kedua ini sangat berkaitan erat dengan yang pertama. Biasanya mekanik (termasuk saya) akan sedikit memboroskan setelan bahan bakar pada karburator. Hal ini bertujuan agar motor mampu dikendarai pada saat kecepatan yang tinggi. Bukan tanpa alasan mekanik akan sedikit memboroskan setelan bahan bakar. Karena hal ini bertujuan untuk menginmbangi aliran udara yang masuk lebih banyak ketimbang motor yang tidak dilepas saringan udaranya.

Karburator Mudah Kotor

Karburator merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan saringan udara. Jika saringan udara dilepas maka yang pertama kkali terpengaruh adalah karburator. Karburator akan menjadi cepat kotor karena debu dan partikel – partikel kecil lainnya akan langsung masuk. Bandingkan jika saringan udara di pasang. Maka partikel – partikel dan debbu akan di saring oleh filter udara.

Mesin cepat Rusak

Banyak yang beranggapan bahwa memasang filter udara akan membuat tarikan motor lebih. Padahal hhal ini salah, karena filter udara sudah didesain sedemikian rupa agar mampu mengimbangi hisapan pada mesin. Tarikan motor berat jika filter atau saringan udara sangat kotor. Jika ini terjadi maka yang salah bbukkanlah filter udara, melainkan sang pemilik motor.

Perlu kammu ketahui juga jika saringan udara yang dilepas akan membuat mesin motor cepat ruusak. Hal ini bisa terjadi karena debu dan partikel – partikel kecil laiinya yang secara tidak sengaja terhisap oleh mesin akan langsung masuk ke mesin. Sebagai contoh debu, jika dibiarkan berlama – lama tanpa filter udara maka debu tersebut akan mengotori bagian ruang bakar.

Kesimpulan

Melepas filter aatau saringan udara untuk meningkatkan performa motor bukanlah pilihan yang bijak. Mengingat pentingnnya saringan udara untuk bisa membuat motor lebih awet. Daripada melepas saringan udara dengan tujuan meningkatkan performa motor. Lebih baik kamu menggunakan busi racing atau part – part yang bisa sedikit meningkatkan performa motor. Seperti mengganti cdi dengan cdi racing atau busi racing.

Namun jika piihan kamu adalah ingin mempertahankan originalitas dari part motor. Sebaiknya lakukan tune up atau service secara berkala. Dengan begitu, filter udara aan tetap bersih. Jika filter udara bersih, maka hisapan udara akan tidak terhambat oleh filter udara yang mampet karena menumpuknya debu yang menempel di spon filter udara.

Jika kamu melakukan tune up motor secara rutin, kamu bisa tahu manfaat tune up pada motor. Selainkan mampu mempertahankan performa motor. Dengan melakukan tune up secara ruitn juga akan membuat motor menjadi lebih awet. Jangan lupa juga untuk mengganti oli mesin secara rutin atau biar tidak lupa, lakukan ganti oli dann tune up secara bersamaan. Jika kamu melakukan ini secara rutin, saya yakin motor kam akan tetap bertenaga dan lebih awet pastinya.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *