Harga dan Review Piggyback Iquteche
Harga dan Review Piggyback Iquteche

Penggunaan piggyback dirasa sangat perlu bagi beberapa kalangan, terutama yang suka melakukan custom engine. Salah satu piggyback lokal yang paling diburu saat ini adalah piggyback iquteche. Bagi kalian yang masih awam soal piggyback Iquteche, disini kalian bisa membaca review piggyback Iqutcehe yang saya kumpas sampai tuntas.

Review Piggyback Iquteche

Sebenarnya, terdapat cara lain untuk meningkatkan kecepatan motor injeksi. Yakni mengganti ECU / ECM bawaan motor dengan ECU / ECM racing. Namun untuk membeli ECU racing bukanlah pilihan yang bijak bagi yang memiliki keuangan pas – pasan. Mengingat harga ECU racing memiliki harga yang mahal.

Sebenarnya, untuk piggyback sendiri juga temasuk mahal terutama jika menyebut nama – nama pigyyback paling populer seperti Juice Box, Power Commander, Apexi NEO Fuel Controller, Dynojet Digital Fuel Controller (DFC), EZ ECU, Bazzaz FI MX dan masih banyak lagi. Memang yang ada sekarang ini bandrol harga paling murah masih diatas 1 juta, bahkan sampai 3 jutaan. Enggak cocok bagi yang punya penyakit kanker alias kantong kering. Semua masalah pasti ada solusinya tenang aja.

Untuk kamu yang memiliki modal pas – pasan namun punya hasrat meningkatkan kecepatan motor injeksi, gak perlu khawatir. Karena Iquteche Racing yang bermarkas di Surabaya telah memproduksi piggyback dengan harga terjangkau.

Sukses dengan tool injection, Produsen dengan pentolan jebolan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini berhasil membuat piggyback yang tidak kalah dengan merk ternama, menariknya karena bukan merupakan produksi manca negara, maka harga piggyback yang dinamai Fuel Adjuster ini merupakan piggyback versi paling murah. Harganya dibawah 1 juta!

READ MORE :  Kenapa Motor Harus di Servis Secara Rutin?? Ini Alasannya

Harga Fuel Adjuster / Piggyback Iquteche

Sebenarnya ada dua tipe piggyback yang di produksi, piggyback untuk motor satu silinder dan dua silinder. Untuk harga piggyback Fuel Adjuster Iquteche satu silinder dibandrol dengan harga Rp. 450 ribu, sedangkan untuk yang dua silinder dibandrol Rp. 2 juta.

Perlu diketahui, Kerja dalam motor injeksi suply bahan bakar dilakukan oleh injector. Sedikit banyaknya bahan bakar yang disemprotkan dipengaruhi oleh lama tidaknya komponen needle (valve) terangkat dalam unit injector, lama angkatan needle diatur oleh perangkat elektronik di motor injeksi yang mempunyai nama ECU / ECM. ECU mengatur sesuai kebutuhan bahan bakar berdasarkan data yang diterima dari setiap sensor. Settingan pada ECU tidak bisa diubah alias paten.

Inilah alasan kenapa piggyback diciptakan. Karena kata paten bukan berarti tidak bisa di manipulasi. Nah, untuk memanipulasi kerja ECU dibutuhkanlah alat yang bernama piggyback ini.

Cara Kerja Piggyback Iquteche

Cara kerja piggyback buatan Iquteche untuk motor injeksi satu silinder ini adalah memanipulasi injeksi bahan bkar yang dikabutkan oleh komponen yang bernama injektor. Pada umumnya, piggybcak terdapat dua jenis, yakni :

  1. Memanipulasi data sensor yang akan diberikan ke ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module)
  2. Memanipulasi data dari ECU (Engine Control Unit) / ECM (Engine Control Module) yang diberikan ke komponen actuator

Nah, untuk fuel adjuster / piggyback ini kerjanya memanipulasi data dari ECU/ECM yang diberikan ke komponen actuator, dan yang diatur adalah memanipulasi durasi injeksi bahan bakar.

Jelasnya kerja Fuel Adjuster bisa digunakan untuk mempercepat atau memperlambat durasi bukaan needle valve di injector. Secara umum kerja Fuel Adjuster adalah mengurangi atau menambah sekian persen (seusai setingan) inputan perintah dari ECU yang masuk ke injector. Untuk pengaturan sendiri dilakukan dengan memutar potensio meter, hal ini layak setting Pilot Air Screw (setelan udara di karburator) dan tentunya bisa kita setting semau kita dengan mudah pakai obeng minus (-).

READ MORE :  15 Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak dan Fungsinya

Cara Setting Piggyback Iquteche

Piggyback Fuel Adjuster mempunyai 3 potensio meter (Gbr. diatas). Jika potensio meter diputar searah jarum jam, efeknya untuk memperbesar durasi bukaan neddle (valve) injeksi. Hal ini berimbas pada bertambahnya asupan injeksi bahan bakar (rich).

Kebalikannya, jika potensio meter diputar berlawanan jarum jam, maka efeknya akan mempersingakat durasi bukaan neddle valve injector. Imbasnya durasi injeksi BBM makin singkat alias miskin (poor). Nah…setiap potensio meter memiliki peranan kerja masing masing. Dibawah ini lebih detailnya. Disimak ya supaya gamblang heheh.

Potensio meter pertama digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 0 – 3500 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 50%. – Potensio meter ke dua digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 3500 –7000 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 75%. Potensio meter ke tiga digunakan untuk mengatur durasi injeksi di range 7000 – 15000 rpm, untuk range bisa di seting dari -20% sampai + 100%.

Bisa setting di laptop dan android

Untuk memudahkan dalam seting, Fuel Adjuster versi ke 3 makin enjoy digunakan dengan bantuan aplikasi di android. Menariknya dalam aplikasi bisa di download di toko aplikasi secara gratis.

Tidak hanya itu, Fuel Adjuster juga bisa kita seting pakai komputer (laptop/PC), kita bisa melihat rpm secara real time saat seting dan kita juga bisa merubah setingan tiap potensio meter.

Contoh nih ya…di potensio pertama untuk 0-3500 rpm dan bisa diseting -20% sampai + 50%. Melalui aplikasi android bisa kita ubah semaunya! Makin jos bukan hehhe tinggal kitanya saja mau belajar apa tidak.

Tambahan USB dongle dan OTG

Oh iya, untuk bisa setting Fuel Adjuster pakai android / komputer pertama yang diperlukan adalah aplikasi yang bisa kita download di toko aplikasi Untuk android), untuk komputer kita harus install program Fuel Adjuster ke komputer, program didapat saat pembelian USB Dongle.

READ MORE :  Pengertian Dasar-Dasar Mesin Sepeda Motor

Kedua dibutuhkan kabel USB dongle (Gbr. diatas). Agar bisa terkoneksi dengan smart phone, kabel dongle masih harus di sambung dengan kabel OTG (On The Go).

Kita tau kalau OTG sendiri mempunyai fungsi untuk menghubungkan perangkat smart phone dengan perangkat berbasis USB layak flashdisk dan juga USB dongle. Sebagai tambahan catatan saja, untuk dongle USB di jual terpisah dengan unit Fuel Adjuster Iquteche.

Bagi yang mau seting lewat android dengan akurat bisa beli dongle, jika pakai feeling cukup putar putar potensio meter sudah cukup. Harga dongle di bandrol Rp. 200 ribu. Okey…Bagaimana…tertarik untuk mencobanya? Yuk buat tunggangan wesi masing masing makin gesit. Untuk Tanya produk monggo bisa lewat contact dibawah ini atau langsung isi kolom komentar dibawah.

Daftar Harga Piggyback Iquteche

Piggyback Only : Rp. 450.000

USB Dongle : Rp. 200.000

Piggyback Assy : Rp. 680.000 (Sudah termasuk OTG)

*Harga belum termasuk ongkos kirim

Cara Pembelian Piggyback / Fuel Adjuster Iquteche

Bagaimana bro?? Tertarik untuk memiliki komponen yang ajaib ini??? Kebetulan sekali, Admin Masbengkel.com bekerja sama dengan pihak Iquteche. Jika ingin membeli produk ini silahkan hubungi kontak dibawah ini.

Contact Pembelian :

Atau kalian juga bisa memesan langsung di kolom komentar atau hanya sekedar bertanya – tanya juga boleh.

Demikian ulasan tentang review piggyback Iquteche. Semoga bermanfaat.