penyebab rem tromol kurang pakem

Rem Tromol Kurang Pakem ? Ini 4 Penyebabnya

Masbengkel.com, Penyebab Rem Tromol Kurang Pakem – Salah satu sistem keselamatan pada motor adalah rem. Pada rem sendiri terdapat dua jenis rem yang selama ini kita kenal yakni sistem rem tromol dan sistem rem cakram. Mengenai kedua sistem atau jenis rem tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Untuk motor keluaran terbaru, dipasangkan masing – masing tipe rem. Untuk rem cakram dipasang di roda depan sedangkan rem tromol dipasang di roda belakang. Pada beberapa kasus, rem tromol kurang pakem saat dibuat ngerem. Kasus ini biasanya terjadi pada motor yang sudah berumur 5 tahun. Namun ada juga motor baru yang memiliki masalah rem tromol kurang pakem. Apa sebenarnya penyeban rem tromol motor kurang pakem ?

Penyebab Rem Tromol Kurang Pakem

Dari hasil saya selama ini, saya menemukan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rem tromol kurang pakem. Kasus ini cenderung kepada pemilik motor sendiri yang mengabaikan kualitas remnya. Mulai dari pemakaian kampas rem abal – abal sampai jarangnya perawatan pada bagian kaki – kaki motot. Apa saja penyebabnya ? Berikut ini yang menyebabkan rem tromol kurang yang paling sering terjadi.

Pemakaian Kampas Rem Kualitas Rendah

Kampas rem merupakan komponen rem tromol paling vital. Karena komponen inilah yang bersentuhan langsung dengan tromol agar motor bisa melakukan pengereman. Gaya gesek yang terjadi antara kampas rem dan tromol akan menyebabkan motor berhenti secara perlahan. Dari yang saya temukan di lapangan, ditemukan bahwa beberapa pemilik motor lebih mementingkan harga suatu part daripda kualitasnya, seperti part yang satu ini yakni kampas rem. Padahal penggunaan kampas rem yang memiliki kualitas rendah bisa menjadi penyebab rem tromol kurang pakem. Hal ini disebabkan bahan dari kampas rem abal – abal memiliki bidang yang lebih keras sehingga daya pengereman kurang lengket.

Tidak Segera Mengganti Kampas Rem

Kebiasaan para pemilik motor biasanya akan menyuruh mekanik untuk mengakali jika salah satu partnya perlu diganti, tak terkecuali kampas rem. Seperti yang kita tahu, pada paha rem terdapat ukuran atau jarak yang menunjukan ketebalan dari kampas rem. Jika jarum sudah menunjukkan di bagian akhir dari paha rem, maka kampas rem dianjurkan untuk diganti. Namun karena ingin irit, beberapa pemilik motor menyuruh mekanik untuk mengakalinya dengan merubah posisi rem agak ke belakang.

Dengan begitu, ayunan dari paham rem akan sidikit jauh dan membuat rem kembali berfungsi. Meskipun rem kembali berfungsi dan jarak main pedal rem bisa pendek kembali Akan tetapi dengan merubah posisi paha rem akan membuat rem kurang pakem. Hal ini dikarenakam paha rem akan akan “memaksakan diri” untuk menggerakan kampas rem sehingga gerakan dari paha rem kurang maksimal dan juga membuat daya pengereman kampas berkurang.

Jarak main paha sudah di hitung sedemikian rupa oleh pabrik, jadi ketika jarum menunjukkan bahwwa kampas rem minta di ganti, sebaiknya lakukan pergantian kampas rem secepatnya. Mengakali dengan mengubah posisi paha rem akan membuat daya pengereman berkurang dan juga bisa membuat tromol menjadi rusak.

Tromol kemasukan Oli

Kasus ini memang jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak pernah karena saya pernah memperbaiki rem tromol tidak pakem karena tromol kemasukan oli. Darimana oli masuk ? Dari apa yang perkirakan, oli yang masuk ke tromol bukanlah oli melainkan grease. Kualitas grease yang yang buruk memnag bisa melelh jika terkena panas. Lelehan grease akhirnya msuk ke bagian tromol dan membasangi dinding kampas rem. Dinding kampas rem yang terkena akan membuat rem tromol motor kurang pakem.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan grease yang memiliki kualitas baik. Grease yang memiliki kualitas baik tidak akan meleleh meskipun terkena panas. Karena grease memnag di ciptakan agar tahan terhadap panas. Ketika terkena panas grease memang akan sedikit encer, namun ketika dingin grease akan kembali ke bentuk. Hal ini terjadi jika grease yang kamu gunakan memiliki kualitas yang baik.

Tromol Ngantong

Penyebab rem tromol kurang pakam yang terakhir adalah dikarenak tromol ngantong. Kejadian tromol ngantong disebabkan karena kualitas kampas rem yang kurang baik, serta tidak segera mengganti kampas rem ketika kampas rem habis. Kampas rem yang habis dan tidak segera diganti akan membuat bahan keras dari kampas rem berbenturan dengan tromol sehingga membuat tromol menjadi ngantong. Baca Juga : Ciri Ciri Tromol Belakang Ngantong

Kesimpulan

Rem tromol akan tetap pakem jika kamu melakukan perawatan pada rem tromol dengan baik. Menggunakan kampas rem dengan kualitas baik serta mengganti kampas rem sebelum kampas rem habis merupakan salah satu yang bisa kamu tempuh jika ingin mempertahankan kualitas dari daya pengereman rem tromol.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *