Beranda Review 5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Disertai Harga

5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Disertai Harga

oli motor matic terbaik

Oli Motor Matic Terbaik – Jika bicara masalah part motor. Salah satu part yang paling penting untuk diperhatikan tiap bulannya tentu saja adalah oli. Part yang satu ini seakan tidak boleh terlupakan sedikitpun. Perlu untuk mengingat kapan terakhir kali ganti oli dan seberapa jauh jarak yang kamu tempuh.

Selain menentukan kapan harus ganti oli. Memilih oli terbaik untuk motor matic tentu menjadi hal yang tidak boleh kamu acuhkan begitu saja.

Karena memilih oli yang sembarangan malah akan membuat motor matic tidak awet dan cepat rusak. Terkadang juga jika salah memilih oli akan membuat performa motor kurang maksimal.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Matik Injeksi Biar Awet

Untuk itu perlu untuk kamu sadari bahwa memilih oli untuk motor matic terbaik adalah hal yang harus kamu pertimbangkan. Karena memilih oli terbaik untuk motor matic sepenuhnya berada ditangan pemilik motor.

Pastikan sebelum membeli oli, kamu sudah memiliki merek oli apa yang bagus untuk motor kamu.

Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic?

Sebelum mengetahui oli motor matic terbaik untuk motor injeksi dan karburator. Sebaiknya kamu harus tahu dulu kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor matic.

Penggantian oli memang tidak bisa diukur dengan jarak hari, minggu maupun bulan. Semua tergantung dari jarak tempuh motor tersebut. Memastikan jarak tempuh motor matic merupakan langkah yang efisien saat melakukan penggantian oli.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk ganti oli sepeda motor matic adalah 2000 – 3000 kilometer.

Artinya, jika motor menempuh 20 – 50 kilometer setiap harinya, maka kamu perlu mengganti oli setiap 2 bulan sekali. Sedangkan jika motor menempuh jarak 50 – 100 kilometer perhari, maka kamu perlu mengganti oli motor matic setiap 1 bulan sekali.

Cara Memilih Oli Motor Matic yang Tepat

Merawat motor matic merupakan hal yang benar – benar harus kamu perhatikan jika ingin motor matic kamu tetap dalam kondisi prima. Dalam hal ini, oli merupakan part yang tidak boleh kamu sepelekan sedikitpun.

Salah satu cara merawat motor matic tentu saja adalah memilih oli terbaik untuk motor matic kamu.

Ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih oli motor matic yang tepat, ketiga hal tersebut antara lain :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih oli sesuai kebutuhan memang merupakan langkah awal untuk menentukan oli terbaik motor matic. Sesuai kebutuhan yang saya maksud adalah keseharian motor matic yang kamu pakai. Mulai dari suhu daerah sekitar kamu, sering ke luar kota atau hanya dalam kota, atau ingin motor memiliki akselerasi yang ciamik.

2. Pahami kekentalan oli

Sangat perlu bagi kamu untuk memahami kode angka pada kemasan oli. Karena kode pada kemasan tersebut menunjukkan tingkat kekentalan sebuah oli.

Adapun tingkat kekentalan oli sangat mempengaruhi terhadap performa motor. Jika oli terlalu kental, maka motor akan terasa berat. Sedangkan jika oli terlalu encer maka oli akan cepat menguap.

Belum tahu cara membaca kode kemasan pada oli? Baca artikel berikut Kenali Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka Pada Kemasan.

3. Cek keaslian oli

Padahal oli sudah bagus, tapi kenapa mesin motor matic saya rusak ya mas? Padahal oli baru saya ganti.

Bisa jadi, oli yang kamu gunakan merupakan oli palsu. Tidak ada artinya jika kamu sudah memilih oli yang tepat dan sesuai kebutuhan serta memiliki kualitas yang baik jika oli yang kamu beli adalah oli palsu.

Baca artikel berikut Cara Mengenali Oli Asli Apa Palsu.

Rekomendasi Oli Matic Terbaik

Jika kamu sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti oli motor matic? serta bagaimana cara memilih oli matic yang tepat? Berikut ini merupakan ulasan oli matic terbaik yang bisa kamu pilih.

1. Repsol Moto 4T 10w30 Matic

oli motor matic terbaik

Jika kamu memilih oli motor matic terbaik dengan harga terjangkau, kamu bisa memilih Repsol Moto 4T Matic. Dengan tingkat kekentalan 10w30, Repsol Motor 4T matic sangat cocok bagi kamu yang menginginkan motor matic dengan akselerasi yang maksimal. Mengingat oli ini termasuk oli yang memiliki tingkat kekentalan yang terbilang encer.

Spesifikasi lengkap Repsol Moto 4T Matic 10w30

API Service: SJ
SAE: 10W30
JASO: MB
Volume: 0,8 liter
Harga oli Repsol Moto 4T Matic: Rp 44.000

2. Castrol Activ Matic

oli motor matic terbaik

Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters adalah oli mesin berteknologi tinggi dengan gesekan rendah yang didesain khusus untuk mesin motor matik 4-tak modern.

Mesin motor matik umumnya bekerja pada lalu lintas kota yang padat dengan kinerja stop/start yang lebih sering. Badan mesin yang tertutup dan desain transmisi yang berkesinambungan menyebabkan mesin menjadi sangat panas.

Castrol Activ Matic dengan ZipBoozters terus menerus melindungi dari keausan dan pennumpukan deposit yang berbahaya pada suhu tinggi sehingga mesin motor kamu tetap gesit. Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters membuat mesin tetap terlindungi dan motor tetap gesit seperti baru.

Spesifikasi lengkap Castrol Activ Matic

SAE: 20W-40
API: SL
JASO: MB
Harga: Rp 41.000

3. Yamalube Super Matic

oli motor matic terbaik

Khusus bagi kamu pengguna motor matic Yamaha tidak ada salahnya untuk beralih dari Yamalube Matic ke Yamalube Super Matic.

Kelebihan dari Yamalube Super Matic yaitu stabil pada temperatur tinggi. Oli ini juga mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik sampai membuat performa motor lebih optimal.

Oli ini juga sangat cocok untuk motor matic Yamaha seperti Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Mio 125 M3, dan Yamaha X Ride serta motor matic Yamaha lainnya.

Spesifikasi lengkap oli Yamalube Super Matic

Full Synthetic
SAE: 10W40
JASO: MB
Volume: 1 liter
Harga Yamalube Super Matic: Rp 57.000

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Oli Yamalube Super Sport

4. BM1 PC 1500 Matic

oli motor matic terbaik

Oli BM1 sudah lama dipercaya sebagai salah satu oli motor terbaik. Tidak ada salahnya jika saya memasukkan BM1 PC 1500 Matic kedalam daftar oli matic terbaik.

Oli merk BM1 Synthetic Oli Matic SAE 10W40 merupakan pelumas matik terbaik yang dikemas sesuai dengan takaran bak penampung oli matik, yakni sebanyak 800 ml. Sudah banyak pengguna motor matik yang percaya bahwa oli tersebut merupakan pelumas mesin matik injeksi terbaik.

Spesifikasi lengkap oli BM1 PC 1500 Matic

API Service: SL
Synthetic Oil
With PC-AFA Formula
Volume: 0,8 liter
JASO: MB
SAE: 10W30
Harga oli BM1: Rp 60.000

5. MOTUL Scooter LE 10w30

oli motor matic terbaik

Dari kelima daftar oli motor matic terbaik, MOTUL Scooter LE 10w30 memiliki harga yang paling mahal. Namun uang yang kamu keluarkan akan dibalas secara setimpal oleh salah satu oli motor matic terbaik ini.

Produk oil Motul ini sangat populer di dunia balap dunia hingga Indonesia seperti, roadrace, dragbike, grasstrack, dan motocross.

Oli ini di produksi mengingat dunia otomotif khususnya motor tipe matik dari tahun ke tahun semakin tajam tingkat penjualannya. Dan salah satu oli motor matic injeksi terbaik yang beredar di Tanah Air.

Spesifikasi lengkap MOTUL Scooter Expert LE 10W30

SAE: 10W-30
JASO: MB
API: SL
Semi Sintetik
Volume: 0,8 liter
Harga oli Motul: Rp 71.000

Penutup

Demikian ulasan lengkap mengenai oli motor matic terbaik yang bisa kamu pilih untuk melindungi mesin motor matic dari oksidasi, karat, korosi, dan endapan yang terdapat di dalam mesin. Dengan memilih oli yang terbaik untuk motor matic, akan membuat motor matic kamu lebih awet dan tahan lama.

2 KOMENTAR

  1. Kalau aku dulu langganan pakai federal. harga lumayan miring tapi kualitas gak kalah sama yang mahal-mahal. bikin enteng tarikan gasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here