Rantai Motor Cepat Kendur ? ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Rantai Motor Cepat Kendur – Meskipun saat ini banyak sekali pengendara motor yang memilih motor mati jika dibandingkan dengan motor manual. Pun demikian dengan pabrikan motor yang sangat gencar dalam memproduksi motor mati. Namun keberadaan motor manual masih banyak kita lihat di jalanan. Terutama motor bebek lawas dan motor sport.

Dengan banyaknya dan gencarnya prabrikan motor memproduksi motor matik membuat salah satu komponen pada motor manual sudah tidak lagi diapakai lagi pada motor matik. Komponen tersebut adalah rantaui. Peran rantai yang menghubungkan tenaga mesin ke roda belakang sudah digantikan oleh v belt.

Keduanya memang sama – sama memiliki fungsi yang sama namun memilik cara kerja dan perawatan yanng berbeda. Jika pada rantai kita perlu melakukan penyetalan ulang jika rantai kendor maka pada vbelt kita tidakk perlu lagi melakukan penyetelan karena vbelt akan secara otomatis menyesuaikan jika cbekt kendur.

Meskipun dalam hal perawtan rantai lebih ribet jiika dibandingkan dengan vbelt, akan tetapi dalam hal kekuatan dan ketahanan masih unggul rantai jika dibandingkan dengan vbelt. Bicara tentang rantai pada motor, banyak yang bertanya tentang kenapa rantai motornya mudah sekali kendur. Hal yang membuat pengendara motor manual dibuat iri dengan pengendara motor matik yang tidak direpotkan dengan penyetelan berukang 0 ulang pada komponen penghubung mesin keroda tersebut.

Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur

Karena keluhuan tersebut, melalui artikel ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang penyebab rantai motor yang mudah atau cepat kendur. Semoga dengan artikel ini, pengendara motor manual bisa lebih memahami karakterisitik rantai motor. Tentang bagaiamana caranya agar rantai motor tidak cepat kendur.

Gaya Berkendara (Stop And Go)

Setiap pengendara memiliki cara berkendara sendiri – sendiri. Ada tipe pengendara yang suka berjalan pelan, ada pengendara yang suka kecepatan sedang, ada penngendara yang suka kecepatan tinggi dan ada pula pengendara yang lebihcenderung ugal – ugalan. Dari semua tipe tersebut, tentu saja yang paling merugikan adalah pengendara yang ugal- ugalan.

Tipe pengendara yang ugal – ugalan inilah biasanya yang akan membuat rantai motor mudah atau cepat kendur. Tipe pengendara ini biasanya akan tancap gas saat dari keadaan motor berhenti. Cara ini biaanya disebut stop and go. Selain karena gaya berkendara, keadaan jalanan yang macet juga membuat pengendara motor mau tidak mau harus stop and go, dari sinilah awal masalah pada rantai motor.

Cara kerja rantai adalah gir depan akan menarik rantai jika terdapat tenaga dari mesin. Jika pengendara memperlakukan motornya dengan tipe stop and go maka gir membutuhkan tenaga besar untuk menarik rantai. Kejadian yang terus menerus berulang akan menyebabkan rantai mudah longgar dan cepat kendur. Berbeda dengan pengendara yang memperlakukan motornya dengan stabil gir akan bekerja lebih lembut keoada rantai karena motor dikendarai dengan stabil.

Rantai Dibiarkan Kering

Rantai yang terbuat dari besi keras akan mudah aus jika tidak diberi pelumas. Hal ini dikarenakan rantai akan sselalu bergesean dengan gir depan dan gir belakang. Jjika tidak dilumasi dan dibiarkan kering terlalu lama maka rantai akan mudah aus dan longgar. Hal inilah yang menyebabkan ranai motor cepat kendur. Saran saya, sebaiknya lumasi rantai seminggu sekali menggua\nakan pelumas khusus rantai. Dan jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai.

Kualitas Rantai

Sekarang sudah banyak sekali rantai dengan beragam kualitas dan harga. Banyak sekali rantai yang memiliki harga murah namun kualitasnya sesuai dengan harganya. Biasanya rantai yang murah akan memiliki masalah dari awal pemasangan. Mulai dari rantai yang kendur kencang sampai rantai yang tidak bisa “duduk” dengan sempurna di gir.

Nah, salah satu penyebab rantai motor cepat kendur adalah karena kualitas rantai yang kurang baik. Sebaiknya ganti rantai menggunakan prodduk asli dari motor. Karena rantai dengan produk asli akan bisa menyesuaikan dengan kekuatan atau tenaga motor. Dengan begitu rantai tidak akan muydah aus dan longgar sehingga tidak menyebabkan rantai motor cepat kendur.

Kelebihan Beban Muatan

Selain faktor teknis, rantai yang kendor juga bisa disebabkan karena beban muatan. Kalau sering dipakai berboncenganatau membawa beban barang yang berat secara terus menerus maka semakin besar peluang rantai kendor dibanding dipakai sendiri. Jika motor memiliki beban yang berat, maka rantai akan dipaksa bekerja lebih keras jika dibandingkan kamu berkendara sendirian atau tidak membawa beban yang berat.

Medan Jalan

Jika kamu sering berkendara di jalanan yang memiliki tanjakan, maka hal ini akan menyebabkan rantai motor cepat kendur. Karena ika kamu mengendarai motor di jalanan yang banyak sekali yanjakan maka gir akan menarik rantai dengan kuat dan akan menyebabkan rantai motor membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggerakkan rofda belakang.

Leave a Comment