Beranda Tips & Trik Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek? ini 6 Penyebabnya

Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek? ini 6 Penyebabnya

rantai motor bunyi kletek kletek

Bicara tentang kenyamanan dalam berkendara tentu bisa dalam beberapa aspek, salah satunya adalah memastikan kondisi rantai. Apa bagusnya kalau mesin motor udah ngacir tapi rantai motor bunyi kletek kletek, tentu hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam berkendara, bukan?

Rantai motor berisik dan menimbulkan suara kletek kletek biasanya ditimbulkan karena rantai motor yang kering atau tidak pernah dikasih pelumas.

Namun, bagaimana jika rantai motor sudah dilumasi tapi masih mengeluarkan suara berisik atau suara kletek kletek?

Penyebab Rantai Motor Timbul Suara Kletek Kletek

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika rantai motor bunyi berisik atau bunyi kletek kletek.

1. Rantai kering dan karatan karena tidak pernah diberi pelumas rantai

rantai bunyi kletek kletek
Rantai kering atau karatan

Penyebab pertama rantai motor bunyi kletek kletek disebabkan oleh rantai motor yang kering dan karatan.

Bahan gir dan rantai yang terbuat dari logam memang sangat rawan karatan jika dibiarkan tanpa pelumas. Selain karatan, gir dan rantai yang sama – sama terbuat dari logam akan menimbulkan bunyi jika tidak diberi pelumas.

Selain karatan dan menimbulkan bunyi, rantai motor yang tidak diberi pelumas akan rentan putus karena gesekan yang ditimbulkan terlalu besar.

Solusi dari permasalahan ini sebenarnya cukup mudah, kamu tinggal memberi pelumas pada rantai. Bisa menggunakan oli bekas atau pelumas khusus rantai motor (chainlube).

Jika rantai motor terlanjur karatan, kamu bisa membersihkan rantai motor biae gak karatan dengan mengikuti langkah – langkah berikut Cara Membersihkan Rantai Motor Biar Gak Karatan.

2. Rantai kendor karena tidak pernah di setel

penyeban rantai motor kletek kletek
Rantai motor kendor

Rantau motor itu bisa dibilang “bekerja keras” untuk bisa menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Untuk itu bahan yang digunakan rantai dan gir motor terbuat dari bahan atau logam yang kuat.

Namun seiring pemakaian, rantai motor akan kendor karema pin rantai melonggar. Perlu dicatat bahwa rantai motor tidak memanjang ya, tapi melonggar. Pin rantai yang mulai aus lah yang menyebabkan seakan – akan rantai motor molor.

Jika rantai motor bunyi tek tek akibat rantai kendor, kamu bisa melakukan penyetelan rantai. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Kendorkan as roda belakang
  • Lalu kendorkan juga braket rem cakram belakang (khusus motor dual disc brake)
  • Putar mur dibagian ujung swing arm (kanan dan kiri) usahakan kamu memutar mur ini dengan jumlah putaran sama agar posisi ban tetap center atau lurus.

Usahakan saat menyetel rantai, tidak terlalu kencang. Beri jarak bebas sekitar 3 cm agar rantai tidak putus saat kecepatan tinggi.

3. Karet pelindung swing arm / rantai hilang atau rusak

Perlu diketahui bahwa setiap motor memiliki karet pelindung swing arm yang menempel dibagian arm bagian depan, tujuannya adalah melindungi swing arm dari rantai.

Nah, jika karet pelindung swing arm ini hilang akan menyebabkan rantai motor bunyi kletek kletek karena rantai membentur swing arm.

4. Gir mulai aus atau sudah lancip

Ketika rantai sudah distel, rantai sudah kinclong, sudah diberi chain lube pula namun bunyinya masih tetap muncul, besar kemungkinan gear rantai aus.

Kondisi ini akan membuat koneksi rantai dengan gear menjadi kurang klop sehingga ada getaran-getaran yang menimbulkan bunyi.

Untuk mengeceknya, kamu bisa lihat ujung mata gigi pada gear rantai. Kalau sudah tidak rata satu sama lain, maka gear sudah aus dan harus diganti.

5. Rantai kendor kencang

Selain kerusakan pada gir, penyebab rantai motor berisik bisa diakibatkan karena kerusakan pada rantai itu sendiri. Rantai yang kendor kencang mengindikasikan bahwa rantai sudah minta di ganti. Bunyi kletek pada rantai biasanya timbul ketika posisi rantai saat posisi kencang.

Kamu bisa mengganti rantai dengan yang baru atau bisa melakukan penyetelan ulang pada rantai. Cari posisi rantai yang paling kencang, lalu kendorkan sedikit.

6. Bearing / laher gir kocak

Perlu diketahui bahwa didalam dudukan gir terdapat laher atau bearing. Jika beraing pada dudukan gir kocak, akan mengakibatkan gie belakang ikut kocak. Hal ini mengakibatkan gir belakang tidak bisa stabil dan menyebabkan suara rantai kletek kletek.

Itulah beberapa penyebab rantai motor bunyi kletek kletek atau bunyi berisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here