Rantai Motor Berisik, Ternyata ini Biang Keroknya

MasBengkel.com – Istriku tercinta hari ini mengeluh tentang rantai motor berisik jika dipakai jalan. Sebagai seoramg mekanik, tentu saya malu dong jika motor istri mengalami kendala, apalagi kendala sepele seperti rantai motor bunyi kletek – kletek.

Tidak perlu banyak basa – basi, saya pun mengambil kunci dan memperbaiki motor istri yang mengalami kendala rantai motor berisik atau bunyi kletek – kletek.

Nah, sebenarnya apa sih penyebab rantai motor bunyi, dan bagaimana solusinya.

Penyebab dan Solusi Rantai Motor Berisik

Secara umum, fungsi dari rantai adalah sebagai penyambung antara roda dan mesin. Rantai sendiri terbuat dari besi logam, sehingga membutuhkan perawatan secara berkala. Apalagi, letak rantai ini berada dibagian luar. Sehingga mudah terkena debu, kotoran, dan sangat mudah karatan.

Jika tidak dilakukan secara baik, rantai motor akan mengalami masalah, seperti bunyi kasar atau kletek – kletek. Jika rantai motor kamu terlanjur mengalami masalah tersebut. Berikut ini saya akan berikan penjelasan dan solusinya.

1. Rantai Kendor

Rantai kendor penyebab rantai kotor berisik

Rantai pada sepeda motor yang terbuat dari logam, lama – lama akan mengalami aus. Keausan pada rantai inilah yang menyebabkan rantai bisa kendor.

Jika kamu pernah mendengar rantai molor, hal ini sebenarnya diakibatkan rantai mengalami aus bukan karena molor. Bagaimana mungkin sebuah loam besi bisa molor ? Tentu saja tidak bisa kan.

Nah, karena pemakaian, rantai yang aus akan menyebabkan rantai menjadi kendor. Inilah yang menjadi penyebab rantai motor bunyi kletek – kletek.

Solusi : Setel ulang rantai

2. Rantai Kering

Rantai motor kering menjadikan rantai motor bunyi

Jika gesekan pada mesin dilindingi oli, maka hal itu juga berlaku pada rantai. Jika rantai dibiarkan kering tanpa pelumas, maka rantai akan menjadi berisik.

Selain itu, jika rantai dibiarkan kering terlalu lama. Maka rantai akan cepat aus, karena fungsi dari pelumasan adalah untuk meredam gesekan yang terjadi antara rantai dan juga gir.

Solusi : Lumasi rantai dengan oli atau pelumas khusus rantai

3. Gir dan Rantai Aus

Gir dan rantai yang aus penyebab rantai motor berisik

Rantai dan gir merupakan suatu komppnen yang saling berkaitan. Jika salah satu diantaranya mengalami aus, maka akan terjadi permasalahan pada rantai.

Rantai didesaian agar bisa ‘duduk’ dengan sempurna di gir. Jika gir atau rantai mengalami keausan, maka rantai motor akan menjadi berisik.

Solusi : Ganti gir dan rantai

Simak video dari Gridoto.com berikut ini untuk mendeteksi keausan pada gir dan rantai.

4. Bearing / Laher Gir Kocak

Agar putaran pada rantai menjadi stabil, dibutuhlan gir yang stabil pula. Jika bearing / laher pada gir kocak, maka kestabilan gir akan terganggu.

Dengan tidak stabilnya gir, maka putaran rantai juga akan mengalami masalah.

Solusi : Ganti laher / bearing gir

5. Gir Roda Tidak Center / Tidak Lurus

Alasan kenapa setelan dibuat kanan dan kiri adalah gir belakang bisa lurus. Jika posisi gir belakang lurus, maka rantai akan berputar secara maksimal dan bisa sejajar dengan gir depan.

Namun jika gir belakang tidak center atau tidak lurus, maka putaran rantai jadi tidak stabil.

Solusi : Cek kembali setelan rantai, kanan – kiri apakah sudah sama. Jika belum, atur ulang posisi setelan rantai agar sama kanan dan kirinya.

Demikian yang bisa saya sampaiakan tentang penyebab dan solusi rantai motor berisik. Jika brosist punya pengalaman yang berbeda, silahkan bagikan pengalaman tersebut melalui kolom komentar. Sekian dan terima kasih serta semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *