Penyebab Yamaha Nmax Susah Hidup + Solusinya

Diposting pada

Penyebab Yamaha Nmax Susah Hidup – Brrrooooooo… Yamaha Nmax merupakan motor matik yang memiliki bodi yang bongsor. Memiliki banyak peminat karena motor Yamaha Nmax sangat nyaman saat dipakai untuk keluar kota (touring). Saya sendiri sangat mendambakan motor ini. Sayangnya sampai saat ini keinginan tersebut belum terwujud.

Namun, akhir – akhir ini banyak pengendara Yamaha Nmax yang datang kebengkel saya dan mengeluhkan kalau motornya susah di hidupkan.

Banyak pengendara yang mengira jika penyebab Yamaha Nmax susah di starter karena akinya tekor. Baca : Penyebab aki tekor

Benarkah jika Yamaha Nmax susah hidup karena aki tekor ?

Sebaiknya jangan buru – buru untuk mengganti aki Yamaha Nmax. Karena kemungkinan penyebab Yamaha Nmax tidak bisa hidup karena komponen ini.

Penyebab Yamaha Nmax Susah Hidup

Tidak semua orang yang datang kebengkel saya merupakan orang yang bisa diatur. Terkadang, ada saja orang yang ngeyelan. Seperti kasus Yamaha Nmax gak bisa hidup ini, beberapa orang ngeyel jika akinya yang soak, namun setelah ganti aki, motornya masih susah di hidupkan.

Biar uang kamu tidak terbuang sia – sia karena membeli aki tapi masalahnya belum kelar. Coba dulu perbaiki komponen – komponen berikut.

Sensor Standar Samping Kotor / Rusak

Penyebab Yamaha Nmax Tidak Bisa di Starter
Sensor standar samping Yamaha Nmax

Seperti motor matik lainnya, Yamaha Nmax juga memiliki sensor standar samping. Baca: Yamaha MT-15 VS Honda CB150R, Siapa Unggul ?

Sensor standar samping pada motor matik berfungsi untuk sistem keamanan pada motor jika motor posisi di standar samping maka motor tidak akan bisa di starter.

Biasanya, sensor standar samping mengalami kotor sehingga mengakibatkan Yamaha Nmax susah di starter.

Selain susah di starter, sensor standar yang rusak / kotor akan membuat motor tiba – tiba mogok / tidak menyala saat dikendarai.

Solusinya adalah cukup bersihkan saja bagian sensor standar samping menggunakan amplas halus.

Tombol Starter Kotor

Tombol starter Yamaha Nmax

Kasusnya sama seperti sensor standar samping. Jika tombol starter kotor, maka kotorannya akan menghalangi konektor sehingga motor tidak bisa dinyalakan.

Bersihkan saja tombil starter menggunakan cairan penetran seperti WD40 atau bisa saja menggunakan amplas. Baca : Menengok Sejarah Motor Yamaha Pertama di Indonesia, Yamaha L2 Super

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang penyebab Yamaha Nmax susah di starter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *