Advertisement
Materi Otomotif

Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek + Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek – Starter elektrik pada sepeda motor difungsikan untuk memudahkan brosist saat menyalakan motornya. Dengan adanya starter elektrik, brosist tidak perlu lagi susah – susah untuk menyalakan motor menggunakan kick starter.

Sistem Starter Pada Motor

Pada motor, terdapat dua sistem starter yakni sistem starter manual (kick starter) dan sistem starter elektrik.a

1. Cara Kerja Sistem Kick Starter

Sistem kick starter merupakan sistem starter konvesional. Sistem ini mengandalkan pedal starter yang terkoneksi langsung ke sistem gigi rasio pada motor. Saat pedal starter diayunkan, as starter akan meneruskan tenaga kebagian gir di dalam rasio sehingga memutar kruk as.

2. Cara Kerja Sistem Starter Elektrik

Sistem starter elektrik merupakan sistem starter yang menggunakan arus listrik dari aki. Starter elektrik akan bekerja jika tombol starter dipencet dan menggerakan relay serts motir starter. Motor starter akan langsung menggerakkan as kruk melalui gir penghubung.

Penyebab Sarter Motor Bunyi Tek Tek

Jika motor brosist mengalami kendala starter elektrik yang tidak berfungsi dan hanya bunyi tek tek. Berikut ini beberapa penyebab starter motor bunyi tek tek yang membuat starter elektrik tidak berfungsi.

1. Relay Stater Rusak

Relay Starter Rusak

Pada starter elektrik terdapat komponen yang bernama relay atau switch starter. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mem “buypass” arus dari aki langsung ke motor starter. Dengan tujuan arus dari aki bisa langsung “dimakan” oleh motor starter.

Advertisement

Baca Juga : Aki Motor Cepat Tekor, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Karena pemakaian, lama relay starter akan rusak dam menyebabkan motor startee hanya bunyi tek tek. Untuk memastikan kerusakan pada relay. Sambungkan langsung dua kabel yang ada di relay starter, cari kabel yang berukuran besar dan sambungkan kedua kabel tersebut. Jika motor starter berputar, sudah dipastika relay starter sudah bisa konek lagi.

2. Kabel Putus

Pada relay starter terdapat empat kabel. Dua kabel besar dan dua kabel kecil. Untuk kabel kecil, satu kabel merupakan output dari tombol starter, sedangkan satu kabel terhubung dengan massa. Sedangkan untuk kabel besar, satu kabel tersambung langsung dengan aki, satu kabel lagi ke motor starter.

Jika motor starter hanya bunyi tek tek, ada kemungkinan kabel yang menuju motor starter lah yang bermasalah. Karena bunyi tek tek, merupakan bunyi yang dikeluarkan oleh relay starter. Jika relay starter berbunyi, artinya tidak terjadi masalah pada arus yang ada di relay klakson. Yang bermasalah adalah outputnya.

3. Motor Starter Tidak Berputar

Starter Elektrik tidak fungsi

Langkah terkahir adalah mengecek mtor starternya ataudino starternya. Biasanya bostel pada motor starter / dinamo starter sudah habis. Cek juga bagian lain, seperti massa, angkee dinamo starter, serta magnet dino starternya.

Advertisement

Itulah beberapa penyebab starter mtor bunyi tek tek yang membuat starter elektrik motor tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close