3 Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi – Apa kabar sahabat satu aspal seluruh Indonesia… Kali ini saya ingin mengajak kamu untuk membahas masalah tentang karburator. Yaaaa.. meskipun motor dengan tipe kaeburator tidak lagi diproduksi, namun tetap saja motor jenis ini masih banyak berkeliaran dijalanan. Baca : Motor Injeksi VS Motor Karburator, Berikut Perbedaannya

Banyak sekali problematika yang dialami karburator, salahnya adalah setelan angin karburator tidak berfungsi. Arti tidak berdungsi disini adalah motor tidak akan mengalami perubahan meskipun setelan angin karburator sudah diputar dan setelan angin macet.

Pengertian dan Fungsi Karburator

Menurut laman wikipedia, Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam.

Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi.

Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Cara Kerja Karburator

Cara kerja dari karburator pada sepeda motor itu sendiri, ketika dihidupkan maka piston pada silinder akan menghisap, di mana hisapan ini menjadikan udara di luar masuk pada karburator. Kemudian kecepatan udara akan mengalir melalui spuyer kecil, maka menyebabkan tekanan udara rendah.

Sebagai akibatnya bensin pada ruang pelampung pun akan turut terhisap keluar lewat spuyer kecil. Bahan bakar yang keluar naik bercampur bersama udara berbentuk gas atau kabut yang mana merupakan campuran udara bersama bensin. Gas tersebut pun masuk menuju ruang bakar pada mesin untuk dibakar.

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi / Rusak

Diatas merupakan penjelasan singkat tentang pengertian, fungsi dan cara kerja kaburator. Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang materi karburator. Kamu bisa baca artikel berikut >> Cara Kerja Karburator (Materi Karburator Lengkap)

Kita kembali ke pembahasan awal mengenai penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi. Apa dan kenapa bisa terjadi ? Berikut penjelasannya.

1. Oring / Sil Karet Baut Penyetelan Rusak

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi yang pertama adalah sil karet (dalam bahasa bengkel biasa disebut oring) mengalami kerusakan.

Kerusakan pada oring bisa rusak karena sobek ataupun oring sudah mengeras.

Kerusakan pada oring / sil karet pada baut penyetelan angin akan mengakibatkan karburator mengalami kebocoran angin. Karena fungsi dari sil karet ini adalah agar tidak angin yang keluar dari karburator.

Keluarnya angin akibat kerusakan pada sil karet ini akan mengacaukan sistem internal dikarburator.

Cara mengatasi sil karet yang rusak

Jika sil karet rusak ataupun mengeras, kamu bisa mengganjal bagian sil karet menggunakan seal teap atau melapisi bagian karet sil menggunakan lem gasket. Namun jika sudah melakukan hal tersebut masalah belum kelar. Coba ganti sil karet dengan yang baru. Sayangnya, untuk mendapatkan sil karet bukanlah hal mudah. Kamu harus beli spuyer set / repair kit.

2. Baut Drat Karburator / Manipol Aus

Agar kaburator bekerja seara optimal, karburator harus tidak boleh mengalami kebocoran angin sedikit pun. Jika terdapat kebocoran angin pada karburator akan membuat tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Termasuk juga kebocoran pada sambungan karburator dan manipol. Jika baut mengalami dol atau aus, maka akan terjadi kebocoran sehingga mengakibatkan setelan karburator tidak berfungsi meskipun sudah di setel.

Cara mengatasi baut aus / dol

Untuk mengatasi hal ini kamu harus pergi ke tungan bubut untuk dibuatkan drat baru. Jika baut aus dibagian mesin, maka mau tidak mau kamu harus membongkar bagian silinder kopnya.

3. Paking / Sil Manipol Rusak

Karburator mempunyai dudukan yang bernama manipol. Bentuk menipol ini biasanya melengkung atau lurus yang terbuat dari aluminium ataupun karet.

Antara karburator dan manipol terdapat paking / Sil yang berfungsi untuk mencegah kebocoran. Jika sil / paking rusak, maka akan terjadi kebocoran angin yang menjadikan setelan angin tidak berfungsi.

Cara mengatasi sil / paking manipol rusak

Lepaskan karburator dari dudukannya (manipol). Lalu ganti sil / paking dengan yang baru dan pasang kembali karburatornya.

Untuk mengecek kebocoran, tuangkan bensin pada bagian tersebut dalam keadaan motor menyala. Jika motor tiba – tiba mati sesaat setelah kamu menuangkan bensin, artinya sambungan antara kaburator dan manipol masih mengalami kebocoran.

Lepas ulang, dan pastikan pemasangan paking / sil sudah benar, bila perlu lapisi paking / sil menggunakan rem gasket.

KESIMPULAN

Penyebab utama setelan angin karburator tidak berfungsi adalah karburator mengalami kebocoran angin. Karena sedikit saja angin yang keluar dari internal kaburator maka akan membuat sistem pada karburator tidak berfungsi optimal.

Demikian artikel kali ini yang membahas seputar penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *