Penyebab Rem Honda BeAt Blong dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Honda BeAt Blong dan Cara Mengatasinya – rKondisi rem kendaraan motor yang blong tentunya sangat menakutakan karena bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan di jalan raya yang selain dari mengancam keselamatan diri sendiri juga mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

Oleh karenanya, masalah rem blong ini bukan suatu masalah sepele yang dapat dihiraukan begitu saja melainkan masalah serius yang perlu penanganan segera.

Kita kerap kali tidak mengetahui penyebab mengapa rem motor Honda BeAt tiba-tiba blong begitu saja. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang dapat mengakibtakn rem sepeda motor mengalami blong.

Bisa jadi, salah satu penyebab dari rem blong terjadi pada saat motor sering melewati turunan yang panjang. Sering kali kita terus menekan tuas rem dengan kuat pada saat melalui turunan yang panjang. Hal ini dapat mengakibatkan rem jadi blong.

Sebenarnya, menekan tuas rem tidak akan menjadi masalah. Yang akan menjadi masalah adalah ketika kita terlalu sering menekan tuas rem apalagi secara kuat.

Penyebab Rem Honda BeAt Blong

Penyebab rem kendaraan bermotor mengalami blong ada beberapa penyebab yang diakibatkan oleh komponen-komponen rem.

Adapun peyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Pasokan Minyak Rem Kurang

Fungsi dari minyak rem sendiri adalah sebagai alat untuk mendorong piston di caliper rem agar kampas dapat menjepit cakram rem sesuai dengan tekanan.

Minyak rem ini harus selalu diperhatikan kondisinya, jangan sampai pasokan minyak rem motor dalam jumlah yang sedikit bahkan habis.

Apabila hal itu terjadi, akan menyebabkan kerusakan pada komponen pengereman seperti karet sil yang berada di dalam master rem dan caliper.

Apabila sil nya rusak, maka sistem pengereman tidak akan berfungsi optimal yang pada akhirnya akan membahayakan pengguna sepeda motor.

Untuk memastika bahwa kapasitas minyak rem berada dalam jumlah yang cukup serta tidak kotor, lakukan penggantian minyak rem maksimal 1 tahun sekali.

  1. Kampas Rem Aus

Fungsi dari kampas rem adalah untuk menekan bagian cakram sehingga daya gesek yang diberikan dapat memperlambat dan menghentikan putaran roda sepeda motor.

Kampas rem yang aus juga bisa menjadi salah satu penyebab minyak rem cepat terkuras. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka kampas rem akan semakin aus dan minyak rem akan habis.

  1. Master Rem Bocor

Salah satu faktor yang menyebabkan master rem bocor adalah karet seal yang terdapat di bagian piston termakan usia.

Jika hal tersebut terjadi, maka master rem akan bocor sehingga angit tidak dapat ditekan dan kecepatan motor tidak akan turun.

Cara Mengatasi Rem Honda BeAt Blong

Sekarang sudah tahu kan mengapa rem sepeda motor bisa blong?

Sekarang, mari kita cari tahu bagaimana cara mengatasi rem agar tidak blong khususnya pada sepeda motor Honda BeAt.

Untuk lebih detailnya, bisa simak penjelasan di bawah ini.

  1. Atur penggunaan rem

Sedikit tips untuk pengendara yang mengalami rem blong pada saat sepeda motor sedang melaju adalah atur penggunaan rem.

Rem sepeda motor ada dua, yaitu rem depan dan belakang.

Pada saat seperti itu terjadi, pengendara harus siap untuk pengereman belakang setelah itu secara bertahap gunakan rem depan.

Jangan panik ketika hal ini terjadi dan jangan langsung menekan tuas rem depan tersebut karena akan sangat berbahaya.

  1. Jangan matikan mesin motor

Kita sebagai pengendara tentunya akan panic ketika menyadari rem sepeda motor yang sedang digunakan melaju kencang dalam keadaan blong.

Apabila kondisi ini terjadi, usahakan agar tetap tenang dan jangan langsung mematikan mesin motor yang sebenarnya akan membuat keadaan lebih parah.

Ketika cara nomor satu di atas tidak berhasil, maka sebaiknya segera menepi ke kiri jalan dan apabila sudah dirasa aman, sebelum menepi pastikan pengendara memnberikan tanda darurat kepada pengendara lain disekitar.

  1. Jauhkan kendaraan dari kendaraan lainnya

Tips ini akan berguna untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan raya akibat rem blong. Segera menepi ke kiri jalan ketika menyadari rem blong dan usahakan tetap tenang.

Juga, penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan.

Itulah sedikit tips yang dapat digunakan untuk menghindari akibat buruk dari rem blong. Semoga membantu.

About adit mr.

Check Also

Motor Mengeluarkan Asap Putih ? Inilah Solusinya

Motor Mengeluarkan Asap Putih, Inilah Solusinya – Sebagai pengguna kendaraan bermotor sudah selayaknya bagi kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *