Penyebab Motor Karburator Brebet di rpm tinggi

Penyebab Motor Karburator Brebet di RPM Tinggi

Masbengkel.com – Membahas penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi? Yups, menarik sekali ketika kita membahas tentang motor dengan sistem konvesional / sistem karburator. Mengingat teknologi yang ada pada motor saat ini sudah menggunakan sistem injeksi. Bahkan pada motor keluaran terbaru, semuanya sudah menggunakan sistem injeksi. Hanya beberapa saja yang masih mempertahankan sistem karburator.

Motor keluaran terbaru yang menggunakan sistem karburator biasanya hanya di peruntukan untuk motor dengan desain khusus. Desain yang di bawa biasanya memiliki desain klasik. Dengan menyematkakn sistem karburator akan membuat motor tersebut benar – benar bertema klasik. Motor ini ditujukan untuk orang – orang yang suka motor klasik / motor kustom.

Namun tidak semua orang yang menggunakan sistem karburator hanya suka dengan klasik saja. Beberapa diantaranya bahkan lebih menyukai sistem karburator daripada injeksi karena performa motor dengan sistem karburator dianggap lebih baik daripada motor injeksi. Selain itu, biaya motor injeksi lebih mahal dalam perawatan daripada motor sistem karburator.

Penyebab Motor Karburator Brebet di RPM Tinggi

Penyebab Motor Karburator Brebet di rpm tinggi

Kembali lagi ke topik pembahasan awal mengenai penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi atau di putaran atas. Untuk urusan performa motor selain nyaman di kendarai di putaran bawah juga harus memiliki performa yang baik di putaran atas. Hal ini bertujuan untuk motor di kendarai di trek pendek dan trek panjang. Jika motor kamu brebet di RPM tinggi, berikut ini merupakan penyebabnya.

1. Filter Udara Kotor

Jangan pernah meremehkan filter udara, karena komponen yang satu ini bisa menjadi salah satu penyebab motor karburator brebet di putaran atas. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring udara dari luar agar debu dan kotoran tidak masuk ke karburator dan ruang pembakaran. Karena sifatnya yang menyaring kotoran atau debu, jika dibiarkan lama – lama maka debu dan kotoran akan menumpuk di filter udara.

Debu dan kotoran yang menumpuk di filter jika tidak di bersihkan akan menyumbat saluran “pernapasan” karburator. Hal inilah yang menjadi penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi. Untuk mengatasi hal ini. Bongkar bagian filter udara, jika masih memungkinkah bersihkan saringan udara dengan angin bertekanan tinggi. Jika kondisi saringan udara terlalu parah, sebaiknya ganti dengan yang baru saja.

2. Setelan Bahan Bakar Terlalu Irit

Salah satu kelebihan motor dengan sistem karburator adalah motor bisa di setel sesuai keinginan. Salah satunya adalah masalah boros dan iritnya bahan bakar. Berbeda dengan motor dengan sistem injeksi yang semuanya di atur dengan komputerisasi. Akan tetapi setela irit dan borosnya bahan bakar harus sesuai takaran agar motor tetap dalam kondisi siap pakai dalam posisi RPM tinggi ataupun RPM rendah.

Nah, salah satu penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi biasanya diakibakan setelan bahan bakar yang terlalu irit. Kondisi bahan bakar yang terlalu irit tidak akan mampu menyuplai bahan bakar ketika motor di geber di putaran atas. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kembalikan setelan bahan bakar ke kondisi normal saja. Jika kamu tidak memiliki kemampuan, bawa saja motor ke ahlinya.

3. Ada Masalah Pada Pengapian Motor

Masalah pada udara sudah, pada bahan sudah. Jika keduanya normal maka langkah selanjutnya untuk mengetahui penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi adalah mengecek pada sistem pengapian motor. Langkah pertama tentu saja adalah mengecek pada bagian busi. Busi merupakan komponen pengapian yang paling mudah untuk mengalami kerusakan. Maka tidak ada salahnya jika kamu mengecek terlebih dahulu komponen ini.

Cek pada bagian busi apakah pengapian dalam kondisi normal atau apinya kecil. Jika apinya kecil ada kemungkinan busi sudah hampir mati. Namun kamu perlu juga untuk mengecek bagian komponen pengapian yang lain selain busi. Misal Koil pengapian, CDI, spul pengapian atau pulser. Selain komponen – komponen tersebut kamu juga perlu mengecek pada massa dari pengapian.

4. Jenis Bahan Bakar yang TIdak Sesuai

Perlu diketahui bahwa bahan bakar memiliki beberapa jenis. Mulai dari beroktan rendah dan beroktan tinggi. Motor dengan spesifikasi bagus biasanya membutuhkan bahan bakar yang beroktan tinggi. Seseorang biasanya akan memaksakan bahan bakar dengan oktan rendah dengan tujuan irit pengeluaran. Padahal hal ini akan membuat kondisi motor yang kurang prima karena bahan bakar yang digunakan tidak bisa memenuhi kebutuhan mesin motor.

Kesimpulan

Masalah yang mejadi penyebab motor karburator brebet di RPM tinggi memang terbilang komplit dan agak susah untuk diatasi. Seperti apa yang saya jelaskan diatas terdapat beberapa hal mulai dari udara, konsumsi bahan bakar, pengapian bahkan sampai jenis bahan bakar yang digunakan. Jadi saya sarankan sebaiknya bawa motor kamu ke orang yang sudah ahli di bidangnya saja jika tidak ingin motor kamu semakin parah.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *