Advertisement
Tips & Trik

Penyebab Motor Beat Injeksi Mati Mendadak

Advertisement

Penyebab Motor Beat Injeksi Mati Mendadak – Saya selaku mekanik sepeda motor yang masih aktif tentu sering sekali mengalami kendala – kendala atau permasalahan pada motor.

Setiap permasalahan pada motor tentu juga harus dilakukan tindakan yang berbesa tergantung dari masalah yang di timbulkan pada motor.

Permasalahan seperti motor injeksi brebet saat di gas dan permasalahn pada motor mio j yang susah hidup dan brebet. Tentu merupakan beberapa permasalahan yang pernah saya alami dan sempat saya tulis di blog ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai penyebab motor Beat injeksi mati mendadak.

Kenapa Honda Beat?

Karena motor Honda Beat merupakan motor matik low entry yang paling banyak berkeliaran di jalanan alias motor matik paling laku. Desain yang keren serta harga yang bersahabat membuat motor Honda Beat banyak dilirik oleh konsumen motor di Indonesia.

Advertisement

Penyebab Motor Honda Beat Tiba – Tiba Mogok

Pernah tidak, brosist mengalami masalah pada motor Honda Beat yang tiba – tiba mati mendadak tapi bisa di starter lagi. Atau motor Honda Beat yang kadang – kadang brebet tapi kadang – kadang lancar. Kenapa ya kira – kira?

Dari kejadian dilapangan, disimpulkan bahwa kejadian yang menyebabkan motor Honda Beat mati mendadak dikarenakan permasalahn pada kabel yang putus nyambung.

Baca Juga : Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi Pada Motor Injeksi

Kabel dari Spul Putus

penyebab motor honda beat injeksi tiba - tiba mogok

Spul dan kiprok adalah dua komponen yang sangat berpengaruh terhadap sistem pengisian sepeda motor.

Selain sebagai pengisian aki motor, didalam spul juga terdapat pick up coil yang dijadikan sebagai sensor untuk mendeteksi Top mesin, istilahnya disebut sebagai CKP sensor.

Advertisement

Nantinya, kabel CKP ini dijadikan acuan untuk waktu penyalaan busi, sehingga busi bisa menyala pas saat piston berada pada langkah kompresi akhir.

Masalah yang sering timbul pada motor Beat injeksi adalah kabel CKP sensor putus. Hal ini biasanya disebabkan karena kabel tertarik sehingga mengakibatkan bagian dalam kabel putus.

penyebab honda beat mati mendadak

Perlu diketahui bahwa kabel sensor CKP ini terdapat kacingan kabel (tujuannya agar kabel bisa rapi) yang menempel di bagian mesin dan bagian bodi motor. Pada motor matik, shock belakang menyatu dengan mesin.. Artinya ketika ketika motor terkena jalan bergelombang maka mesin juga akan mengikuti pergerakan dari shock belakang.

Karena kabel sensor diberi kancingan pada mesin dan bodi motor, pergerakkan kabel jadi tidak bebas mengikuti pergerakkan mesin. Inilah yang menyebabkan kabel pengisian maupun kabel sensor CKP pada motor Beat injeksi sering putus.

Apabila kabel sensor ini putus maka busi tidak akan bisa menyala, karena sensor TOP mesin yang ada pada CKP sensor tidak mengirimkan sinyal (karena kabel putus) sehingga motor tiba-tiba mogok dan tidak bisa lagi di hidupkan.

Untuk memastikannya, anda bisa mengecek kabel sensor ini yang berwarna Putih/Kuning (putih strip kuning) yang menjalar dari spul (didekat kipas pendingin) menuju bagian dibawah jok.

Cek juga kabel pengisian lain seperti warna putih (kabel ke lampu) atau yang berwarna kuning (kabel ke aki). Karena kalau kabel itu (khususnya kuning) terputus maka aki akan langsung tekor dan motor juga bisa mati mendadak.

Baca Juga : Cara Mendongkrak Performa Motor Injeksi Tanpa Bore Up

Kabel Mengalami Korsleting

Masalah kabel korsleting memang bisa terjadi pada semua motor, tak terkecuali pada motor Beat injeksi. Dan kabel yang mengalami korsleting akan menyebabkan motor mengalami masalah. Salah satunya adalah penyebab motor Honda Beat mati mendadak.

Kejadian korsleting kabel ini biasanya terjadi pada motor Honda Beat generasi terbaru yang sudah menggunakan teknologi ESP (starter halus).

Letak korsleting kabel biasanya terletak dibagian bawah throttle body. Seperti pada gambar dibawah ini.

penyebab honda beat injeksi mati mendadak

Kejadian korsleting pada kabel dibawah throttle body yang menyebabkan motor Beat mati mendadak ditimbulkan karena panas pada mesin yang menyentuh bagian kabel. Panas pada mesin lama – lama akan membuat pelindung kabel meleleh atau mengelupas.

Karena bagian selongsong kabel mengelupas, membuat bagian serat dari kabek menempel pada bagian mesin / body motor. Inilah yang menyebabkan korsleting pada kabel.

Demikian artikel mengenai penyebab dan mengatasi Honda Beat mati mendadak. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close