Advertisement
Materi OtomotifTips & Trik

Karburator Ngembun : Penyebab dan Solusinya

Advertisement

Penyebab Karburator Ngembun – Brooo…. Kalau kita bicara tentang kecepatan motor, terutama motor yang masih menggunakan teknologi karburator, mengganti karburator bawaan motor menggunakan karburator dengan “corong” yang lebih besar merupakan pilihan yang wajib hukumnya.

Seperti motor GL Pro yang saya pakai,.. Saya memasang karburator PE 28 agar tarikannya makin josss.. mengingat daerah tempat saya tinggal merupakan dataran tinggi.

Keberadaan karbu PE 28 yang menempel di motor saya pun mendapatkan pertanyaan dari salah satu teman. Dia bertanya kenapa karburator yang saya pakai tidak ngembun, sedangkan karburator ngembun pada motornya.

“Nggon motormu kok gak ngembun jeh, nggonku kok ngembun yo, opo’o kiro – kiro (Karburator motormu kok tidak ngembun, punyaku kok ngembum ya, kenapa kira – kira)” Tanya salah satu teman.

Mungkin kamu juga mengalami kejadian yang sama seperti teman saya. Karena kebanyak motor yang memakai karburator dengan “corong” besar akan mengalami kejadian tersebut.

Tapi, kenapa motor saya tidak ?

Advertisement

Jangan bingung, begini penjelasan tentang penyebab karburator ngembun.

Penyebab Karburator Ngembun

Penyebab karburator berembun sempat ditanyakan oleh biker disalah satu forum di internet.

penyebab karburator ngembun
Screenshot Pertanyaan Salah Satu Anggota di Forum

Isi pertanyaannya adalah sebagai berikut.

Karburator ane kok berembun ya tiap habis dipake geber geberan? Ceritanye Byson ane pake karbu PWL nya Ninja R,tapi kenapa tiap habis dipake geber geberan kok karbunya berembun ya,terus tarikannya sempet g lepas gitu,tarik gas-ketahan bentar tenaganya-baru loss,solusinya donk

Dari kasus tersebut, karbu PWL Ninja R standar menggunakan spuyer ukuran 45/135 sedangkan ukuran spuyer standar byson adalah 15/115. Bisa dibilang, spuyer dari karburator tersebut kebesaran untuk ukuran Yamaha Byson.

Advertisement

Kasus tersebut mirip dengan kasus – kasus lain yang terjadi diluaran sana.

Intinya, penyebab karburator berembun diakibatkan ukuran spuyer yang terlalu besar. Selain mengecilkan ukuran spuyer, memperbesar ukuran leher knalpot dan melakukan porting pada saluran klep.

Karbrator yang berembun juga sempat terjadi di motor saya. Namun, setelah melakukan porting polish pada bagian saluran klep, kasus karburator yang mengembun sudah bisa teratasi. Baca juga : 3 Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Advertisement
Tags

Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close