Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi Pada Motor Injeksi

Diposting pada

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi – Pada motor injeksi terdapat komponen yang bernama fuel pump. Seperti namanya, fuel pump yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah pompa bensin berfungsi untuk memompa bensin dari tanki motor ke bagian mesin (injektor).

Salah satu ciri khas motor injeksi adalah ketika kontak di posisi on fuel pump akan berbunyi, ngiiiiiiiing… yang menandakan bahwa fuel pump sedang bekerja menyemprotkan bensin ke injektor.

Jika fuel pump tidak berbunyi, maka bensin tidak akan mengalir ke injektor sehingga motor tidak bisa di starter.

Pertanyaannya, apa penyebabnya fuel pump tifak bunyi pada motor injeksi ?

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

Seperti yang sudah saya katakan diawal pembicaraan. Fuel pump difungsikan untuk mengalirkan / menyemprotkan bahan bakar ke injektor. Tanda jika fuel pump berfungsi adalah dengan mengelurkan bunyi mendenging.

Jika fuel pump tidak berdenging, maka bensin tidak akan ‘sampai’ ke injektor dan motor pun tidak bisa di hidupkan.

Untuk memperbaikinya, kamu perlu mengetahui dulu apa penyebab fuel pump tidak bunyi, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Aki Tekor

Aki merupakan sumber energi listrik pada motor injeksi. Semua komponen elektrikal seperti sensor, ecu, dan fuel pump serta komponen elektrikal yang lain mengandalkan sumber listrik dari aki.

Jika aki tekor, maka semua komponen elektrikal pada motor injeksi tidak akan berfungsi termasuk juga fuel pump.

Simak Juga : Aki Motor Cepat Tekor, Ketahui Penyebab dan Solusinya

2. Sekring Putus

Sekring yang berasal dari bahasa belanda “Zekering” ini merupakan sebuah alat pengaman didalam suatu rangkaian kelistrikan yang berguna untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek. Di dunia otomotif kita mengenalnya dengan sebutan sekring atau fuse.

Jika sekring pada motor putus, maka arus listrik dari aki tidak sampai ke bagian sistem kelistrikan dan elektrikal pada motor.

Hal ini menjadi salah satu alasan atau penyebab fuel pump tidak bunyi.

3. IC Fuel Pump Rusak

Fuel pump tidak bunyi
IC Fuel Pump Rusak Menjadi Salah Satu Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

Secara umum IC merupakan satu komponen elektronika aktif yang merupakan gabungan dari ratusan dan bisa ribuan komponen elektronikaka seperti transistor, resistor, dioda, dan juga kapasitor. Jadi dalam komponen ini tersimpan berbagai jenis komponen tersebut dalam bentuk yang lebih compact atau diintegrasikan menjadi satu kesatuan rangkaian dalam kemasan yang lebih kecil.

Dan ternyata dirangkaian fuel pump terdapat sebuah IC atau regulator yang mengatur durasi aktif pompa saat kunci kontak ON serta mengatur putaran motor pompa sesuai kebutuhan bensin yang diperlukan mesin.

Jika IC pada fuel pump rusak, maka fuel pump tidak berbunyi. Untuk mengecek kerusakan IC bisa dibilang sangat rumit. Saran saya, serahkan pada yang ahli saja.

4. Kabel Fuel Pump Putus

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa fuel pump ini mengambil sumber listrik dari aki.

Namun, sebelum sumber dari aki yang mengarah ke fuel pump akan diputus oleh rangkanian kabel dari kunci kontak maupun dari ECU.

Biasanya salah satu rangkaian kabel yang mengarah ke fuel pump mengalami putus. Dengan demikian, aliran dari aki tidak sampai ke fuel pump.

5. Kerusakan Pada Pompa Bensin

Fuel pump unit terdiri dari beberapa rangkaian komponen. Sedangkan fuel pump sendiri terdapat didalam fuel pump unit berbentuk tabung.

Jika pompa bensin ini rusak biasanya akan menunjukan tanda – tanda kerusakan terlebih dahulu, seperti semprotan bensi yang lemah dan membuat motor brebet saat tarikan bawah maupun atas.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab fuel pump tidak bunyi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *