Penyakit honda beat injeksi

Penyakit Honda Beat Injeksi yang Sering Terjadi

Masbengkel.com, Penyakit Honda Beat Injeksi – kalau bicara tentang motor sejuta umat, tentu pikiran kamu pasti akan tertuju pada salah satu motor besutan Honda yakni Honda Beat. Entah itu yang seri karburator atau yang fuel injeksi, Honda Beat adalah raja jalanan. Jadi, kalau kamu bilang RX King dan NInja adalah raja jalanan, maka kamu slaah. Raja jalanan sebenarnya adalah Honda Beat.

Saking banyaknya Honda Beat, sampai ada guyonan tentang motor ini. Bukan Ninja dan RX king, tapi Honda Beat lah motor yang paling susah di salpi. Coba salip Honda Beat, peasti depan ada Honda Beat lagi, coba salip lagi pasti ada lagi dan lagi. Ha ha ha ha. Makanya saya sebut Honda Beat merupakan RAJA JALANAN BERPARAS MENAWAN.

Kenapa motor Honda Beat seheboh itu ? Apa karena desain yang imut ? Performa mesin yang aduhai ? Atau ada hal lain, misalkan harga yang cenderung paling murah dari varian motor matic Honda ? Bisa saja kemungkinan yang terkahir yang sedikit masuk akal. Karena secara tampilan dan perfroma, motor Honda Beat bukan rajanya. Kecil, aneh saat dipakai (berasa setirnya terlalu tinggi), oleng saat dibuat kenceng, performa mesin juga begitu – begitu saja.

Kalau boleh milih, saya akan lebih milih Yamaha MIo atau Suzuki Nex, ini bukan prmosi atau menjelek jelekan salah satu merek ya. Artikel ini saya buat tanpa ada embel – embel endorse di belakangnya. Toh kalau saya boleh milih antara Honda PCX atau Yamaha Nmax, saya bakalan pilih Honda PCX kok. Jadi, saya hanya memilih berdasarkan apa yang saya suka. Mulai dari karakter mesin sampai ke karalter berkendara.

Ragam Penyakit Honda Beat Injeksi

Baiklah, cukup pembahasan konyol tentang Hnda Beat dan saling lempar pendapat tentang motor Honda Beat. Karena setiap orang pasti memiliki pilihan dan seleranya masing – masing. Mari kita bahas ke pembahasan utama tentang beberapa ragam penyakit Honda Beat yang sering terjadi pada motor mungil ini.

Motor Goyang / Oleng Saat Jalan Pelan

Saya pernah bercerita melalui sebuah artikel awal mula saya dibuat pusing dengan penyakit yang satu ini. Kalau kamu belum baca silahkan baca artikelnya yang berjudul Motor Honda Beat Oleng Saat Jalan pelan. Entah, apa yang sebenarnya terjadi pada motor Honda Beat ini. Sampai sekarang saya belum menemukan titik masalahnya. Kalau untuk memperbaikinya saya sudah hafal betul. Tapi titik masalahnya yang saya belum paham.

Masalah motor Honda Beat ini goyang saat pelan ini disebabkan hal yang sepele yaitu ban belakang yang rusak. Rusak dalam artian yang lain ya. Karena pada banyak kasusu yang saya tangani, ban masih dalam keadaan baik, bahkan pernah saya mengganti ban yang umurnya masiih 3 bulan dan ban motor tersebut masih dalam keadaan utuh.

Entah kerusakan dari ban, velg atau chasis. Kalau ban, kenapa ban yang masiih bagus tapi bikin oleng, dan di ganti sudah sembuh. Herannya, ban tersebut jika dipasang di motor lain dengan pabrik yang berbeda tidak akan terjadi masalah yang sama. Ada yang bilang chasis honda beat terlalu enteng, ada yang bilang lurus, ada yang bilang dari bahan velgnya. Bahkan ada yang bilang dari merek bannya. Entahlah, yang jelas motor Honda Beat oleng saat pelan penyebabnya adalah ban belakang minta ganti.

Motor Tiba Tiba Mogok

Dalam sebulan, saya sering menerima motor Honda Beat yang mogok secara tiba – tiba, yang awalnya baik – baik saja saat jalan tiba – tiba motor tidak ada tenaga. Bukan hanya motor Honda Beat sih, Yamaha Mio juga sering mengalami hal yang sama. Masalah ini tidak lain dan tidak bukan adalah dikarenakan kompresi motor yang hilang.

Kalau penyakit atau masalah ini sih timbulnya bukan dari kesalahan pabrik, tapi dari kesalahan pemilik motor. Motor jarang tune up lah yang menjaadi biang keroknya. Kualitas oli yang buruk, filter udarra yang kotor serta busi yang sudah tidak prima membuat motor mudah sekali hilang kompresi.

Hal ini disebabkan karena kotoran enumpuk di ruang bakar akibat dari kotoran yang masuk di ruang bakar tidak mampu di saring dengan sempurna oleh filter udara karena filter udara yang terlalu kotor, dan oli yang sudah tidak mampu membersihkan lagi bagian dalam mesin. Serta busi yang sudah tidak mampu lagi membakar campuran udara dan bakar dengan sempurna dan meninggalkan banyak sekali isa di ruang bakar. Secara tidak langsung ini akan membuat klep motor mudah ktotor dan membuat motor kehilangan kompresi.

Lampu depan Motor Cepat Mati

Kalau ini sih kesalahan bukan dari pabriknya tapi dari aturan pemerintah yang menganjurkan seluruh sepeda motor untuk menyalakan lampu di siang hari. Dengan aturan ini, pabrikan motor pun menghilangkan salah satu komponen penting yakni saklar in off pada lampu. Karena lampu depan motor yang terus menyala maka akan membuat lampu motor panas dan cepat mati. Baru ganti lampu 2 bulan lampu depan motor sudah mati lagi.

Biasanya lampu motor yang mati adalah lampu pendeknya. Sedsngkan lampu jauhnya masih hidup. Karena memang yang sering menyala adalah lampu pendek maka yang mati adalah lampu pendek. Saya ada sedikit saran untuk mengatasi hal ini. Gunakan lampu jauh saat siang hari. Dan gunakan lampu dekat untuk malam hari. Jika kamu menggunakan lampu jauh di sigang hari tidak akan membuat pengguna jalan yang lain menjadi silau.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

kopling pada kendaraan bermotor

Kopling Pada Kendaraan Bermotor (Mobil dan Motor)

Masbengkel.com, Mengenal Kopling Pada kendaraan Bermotor (Jenis Kopling, Prinsip kerja Kopling dan Cara Kerja Kopling) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *