pengertian tune up pada motor

Pengertian Tune Up Pada Motor (Tujuan dan Manfaat)

Masbengkel.com, pengertian Tune Up Pada Motor  – Pernahkah kamu mendengar istilah tune up motor atau membaca tulisan bengkel motor yang menjelaskan bahwa bengkel terdebut menrima jasa tune up motor. Apa sih tujuan tune up motor, lalu apa pengertian tune up motor dan apa manfaatnya bagi motor. Melalui artikel ini saya akan menjelaskan tentang tune up pada motor biar kamu tidak bingung lagi jika melihat tulisan menerima jasa tune up motor di bengkel.

Pengertian Tune Up Pada Motor

Jika kamu mengetik tune pada Google Translate arti tune yang pertama kali keluar adalah lagu. Sedangkan up adalah atas jadi kalau di artikan tune up adalah lagu atas. Tapi bukan itu yang di maksud pada motor. Dalam arti lain, tune adalah menyetem, mencocokkan atau menyesuaikan. Coba kammu scroll pada Google Translate pasti akan menemukan kata tersebut.

Sedangkan Up bisa kita maknai sebagai meningkatkan. Jadi, tune up pada motor adalah menyesuaikan atau menyetem motor agar kemampuannya kembali meningkat atau kembali ke performa awal. Istilah sederhananya adalah melakuan kalibrasi ulang agar motor kembali ke kondisi awal.

Apa Saja yang Dikerjakan Saat Tune Up Motor

Jika arti dari tune up motor adalah melakukan kalibrasi agar motor kembali ke performa motor. Lalu apa saja yang dikerjakann oleh mekanik motor agar motor kembali ke setelan awal dan mampu meningkatkan performa kembali seperti sedia kala ? Ada beberapa hal yang dilaukan mekanik jika melakukkan tune up. Mulai dari pembersihan karburator, membersihkan filter udara, setel klep, setel kaki kaki motor, penyetelan rantai motor dan mengecek bagian ban motor serta oli motor jika kamu menghendakki.

Membongkar dan Mengecek Karburator

Langkah pertama adalah membongkar dan mengecek karburator. Hal ini dilakukan jika motor kamu masaih menggunaakan sistem karburator. Membersihkan karburator bertujuan agar kotoran atau debu serta kotoran dari tangki motor bisa lennyap dari dalam karburator. Karena kotoran – kotoran ini akan menghambat kinerja dari karburator dan akan mempengaruhi performa motor secara langsung.

Bagaiamana jika motor kami injeksi ? Pada motor injeksi sudah tidak lagi menggunakan karburator. Karburator sudah digantikan dengan thorttle body. Prinsipnya sama namun cara kerja berbeda. Untuk komponen ini, perawatannya pun berbeda. Karena TB tidak akan di bongkar jika tidak mengalami masalah. Karena pembogkaran PB memiliki risiko tinggi. Karena komponen ini tidak akan di bongkar jika motor tidak mengalami masalah yang serius.

Jika hanya melakukan tune up saja, saya sebagai mekanik tidak akan melakukan pembongkaran pada komponen ini. Karena nanti akan ada pengerjaan lain seperti kalibrasi pada ECM atau Ecu agar ECM / ECU kembali ke kondisi semula. Hal ini dikarenakan sistem pada injeksi merupakan sistem komputerisasi.

Membersihkan Filter Udara

Filter udara merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring udara dari luar sebelumm masuk ke karburator. Debu – debu yang disaring oleh filter udara lama kelamaan akan menumpuk di spon filter udara. Jika debu yang menumpuk terlalu banyak maka akan menyebabkan hisapan udara dari luar kurang maksimal saat masuk karburator sehingga menggangu performa motor. Motor menjadi berat di tarikan dan juga saat di gas tinggi.

Menyetel Klep

Klep pada motor berfungsi untuk mengatur keluar masuuknya bahan bakar. Klep akan terus bergerak ketika mesin di hidupkan. Pergerakkan inilah yang menyebabkan komponen ini berubah bentuk dan sudutnya. Karena itu komponen ini terdapat baut yang dapat di setel ulang. Tujuannya adalah mengatur renggang klep ke posisi semua.

Kerenggangan klep dapat berubah karena sudut dan bentuk dari klep yang berubah akibat gesekan terjadi secara terus menerus. Serta kerak pada payung klep juga bisa menyebabkan perubahan kerenggangan pada klep motor. Perlu kamu catat bahwa setiap motor memiliki ukuran kerenggangan klep yang berbeda – beda.

Menyetel Kaki Kaki Pada Motor

Menyetel kaki – kaki pada motor juga menjadi salah satu pengerjaan saat melakukan tune up pada motor. Mulai dari mengecek bagian rantai motor, mengecek tekanan ban dan juga mengecek bearing pada roda. Pengcekan kaki – kaki pada motor juga tidak berhenti disitu, mengcek pada bagian rem depan dan belakang juga sangat penting dilakukan dan wajib hukumnya.

Mengecek Bagian Kelistrikan dan Pengapian

Motor dilengkapi dengan lampu – lampu yang bertujuan untuk memudahkan pengdenra moto. Mulai dari lampu utama, lampu sein dan lampu pada indikator serta lampu belakang. Bagian ini juga sangat wajib di cek karena merupakan salah satu bagian keselamatan pada saat berkendara. Selain itu, mengecek pengapian juga penting, mulai dari busi sampai cop busi uga harus di pastikan masih prima.

Mengecek Oli Mesin dan Gir

Mengcek oli merupakan bagian akhir pada tune up. Karena oli perannya sangat penting bagi mesin. Percuma jika dilakukan tune up menyeluruh tapi bagian oli mesin luput dari perhatian. Karena oli yang sudah jelekk dan perlu diganti akan mempengaruhi kinerja motor. Tapi langkah ini biasnaya butuh ijin dari pemilik motor.

Manfaat dan Tujuan Tune Up

Motor yang dipakai tiap hari akann mengalami perubahan ada beberapa komponen – komponen yang eperti saya sebutkan diatas. Hal ini sangat wajar, memngingat komponen – komponen pada motor bekerja secara ekstra. Apalagi jika motor yang kammu gunakan setiap hari di pakai. Semakin jauh jarak yang kamu tempuh maka semakin sering kamu melakukan tune up.

Manfaat dan tujuan dari tue up adalah untuk mengembalikan komponen – kompone yang berubah secara bentuk, sudut dan terdapat hal lain seperti debu dan kotoran yang mampu menghambat kinerja dari komppnen tersebut. Dengan melakukam tun up, kamu juga bisa tahu apa saja komponen yang harus diganti. Hal ini bertujuan agar motor tetap dalam kondisi prima saaat di pakai serta tidak membahayakan diri kamu sendiri dan orang lain.

Kesimpulan

Sebaiknya lakukan tune up motor sebulan sekali jika motor kamu dipakai setiap hari. Entah terdapat msalah pada motor atau tidak. Karena tujuan dari tune up bukan untuk memperbaiki motor tapi lebih condong ke perawatan pada motor. Dan jangan lupa untuk mengganti setiap melakkukan tune up. Hal ini penting karena oli yang baik akan mampu membuat mmesin lebih tahan lama dan awet. itulah pengertian tune up pada motor beserta fungsi, manfaat dan tujuannya.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *