Beranda Review Pengertian Motor BPKB Only, Murah Sih Tapi…

Pengertian Motor BPKB Only, Murah Sih Tapi…

Motor stnk only dan bpkb only

MasBengkel.com – Siapa yang gak kepincut sama harga motor yang murah. Apalagi murahnya kebangetan, jauh dari harga standar motor. Namun, jangan pernah sekali – sekali kepincut sama harganya. Jangan – jangan motor tersebut adalah motor BPKB only atau motor tanpa STNK. Sebenarnya apa pengertian motor BPKB only?

Bagi saya, hal yang menarik dari motor BPKB only adalah maraknya proses jual beli motor BPKB only di sosial media. Padahal jelas – jelas motor BPKB only bisa dikatakan adalah motor ilegal. Kok bisa ilegal?

Nah, bagi yang belum apa sih sebenarnya pengertian motor BPKB only? Kok bisa dianggap motor ilegal. Dan kenapa harganya jauh lebih murah dari harga pasaran motor. Biar jelas, baca artikel ini sampai tuntas!!!

Apa Itu Motor BPKB Only?

Sebelum kita membahas mengenai pengertian motor BPKB only (tanpa STNK), sebaiknya ketahui dulu seberapa penting STNK bagi kendaraan yang kamu pakai setiap harinya.

Fungsi STNK dan Pentingnya STNK Bagi Kendaraan Bermotor

Pengertian motor bpkb only
Copyright Finansialku.com

Sekarang saya tanya, kalau ada operasi polisi surat apa yang biasa ditanyakan atau diminta oleh polisi? Surat cerai? Surat tanah? Atau BPKB? TENTU TIDAK BUKAN!!!

Baca Juga : Apakah Aman Beli Motor Tarikan Leasing?

Polisi selalu minta dua dokumen yakni STNK dan SIM. Bayangkan jika kamu membeli motor tanpa STNK atau BPKB only. Sudah dipastikan kalau ada operasi polisi, kendaraan kamu bakalan disita!!! Alias ditahan.

Seperti namanya, Surat Tanda Nomor Kendaraan atau disingkat STNK adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat pelayanan penerbitan/pengesahan STNK oleh 3 instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. STNK merupakan titik tolak kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan.

Baca Juga : Tips Membeli Motor STNK Only Biar Aman

Masa berlaku STNK adalah 5 tahun, dan setiap perpanjangan STNK, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.

Apabila sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK, maka dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Pengertian Motor BPKB Only atau Tanpa STNK

Motor yang dijual secara BPKB only adalah penjualan unit kendaraan bermotor yang HANYA dilengkapi dengan BPKB saja, tanpa dilengkapi dengan dokumen lainnya seperti bukti faktur pembelian, buku servis / garansi dan STNK.

Resiko Apa yang Akan Ditemui Pengendara Jika Mengendarai Motor Tanpa STNK?

Motor yang tanpa disertai STNK akan dianggap sebagai motor ilegal. Jika kamu memiliki / membeli motor tanpa STNK atau biasa disebut BPKB only maka kamu akan memiliki resiko sebagai berikut.

1. Dituduh Sebagai Penadah Motor Curian

apa itu motor bpkb only
Copyright Replubika.co.id

Ini nih resiko yang paling tinggi jika kamu membeli atau memiliki motor tanpa STNK. Kamu akan dianggap oleh pihak kepolisian sebagai penadah motor curian. Imbasnya, kamu bakalan masuk penjara.

Pasal 480 KUHP mengatur tentang tindak pidana penadahan. Ancaman hukuman tindak pidana ini bisa dipenjara paling lama empat tahun, atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah.

Kok bisa motor curian ada BPKB nya?

Nah lo… perlu diketahui bahwa sebagian pengendara menyimpan surat atau dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK di bagasi motor. Kalau kebetulan yang disimpan di bagasi motor adalah BPKB. Maka si pencuri pun untuk dua kali lipat. Dapat motor dan BPKB. Sedap mantap bro…

Makanya, kalau nyimpen BPKB dan STNK jangan di bagasi motor. Ingat – ingat ya brooo…

2. Rawan Ditilang Polisi dan Motor Ditahan Polisi

Pengertian motor tanpa stnk
Copyright Tribunnews.com

Lha ini, yang paling gak enak kalau punya motor tanpa STNK. Kalau ada razia polisi, pasti motor kamu bakalan disita dan kena tilang. Dan yang pasti, untuk mengeluarkan motor tersebut dari pihak kepolisian kamu harus bisa menunjukan STNK dan membayar beberpa ratus ribu uang untuk menebus motor di kepolisian.

Baca Juga : Motor STNK Only dan BPKB Only, Amankah ?

Harga motornya sih murah, tapi kalau sudah dtilang polisi dan motor disita. Pasti bikin ribet kan. Apa gak mending beli motor resmi, yang ada BPKB maupun STNK nya.

3. Kondisi Motor Gak Jelas

Mana ada sih yang namanya ilegal itu jelas, termasuk juga motor BPKB only. Apapun alasan si penjual, kita belum tahu kondisinya seperti apa. Kenapa motor tersebut tanpa STNK adalah alasan pertama yang perlu kamu tanyak kepada si penjual. Meskipun begitu, tetap saja kamu tidak boleh percaya 100%.

KESIMPULANNYA

Kesimpulan untuk artikel pengertian motor BPKB only ini adalah tidak ada salahnya jika kamu membeli motor BPKB only, tapi kamu harus tahu dan mengenal betul si penjual atau pemilik motor sebelumnya kalau kamu gak ingin menerima resiko membeli motor bodong. Kalau kamu kenal sama si penjual atau pemilik sebelumnya apalagi kalau dia adalah orang pertama maka kamu bisa mengurus STNK dengan mudah.

Demikian pengertian motor BPKB only dan resiko membeli motor BPKB only.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here