Pengertian High Side Crash dan Low Side Crash – Jika kalian adalah pecinta MotoGP tentu sudah seringkali mendengar ucapan dari komentator MotoGP tentang High Side Crash dan Low Side Crash. Yang terakhir adalah kejadian yang menimpa Jorge Lorenzo saat mengalami crash cukup parah di tikungan pertama usai start MotoGP Aragon (23/9/2018).

Sang komentator mengatakan bahwa Jorge Lorenzo mengalami High Side Crash. Apa sih yang dimaksud High Side Crash?? Dan apa perbedaan High Side Crash dengan Low Side Crash???

Pengertian High Side Crash dan Low Side Crash

Pada umumnya, ada dua jenis crash atau jatuh yang sering dialami oleh pembalap MotoGP yakni Low Side Crash dan High Side Crash.

Jika diterjemahkan, Low Side adalah sisi bawah, sedangkan high sidw adalah sisi atas. Ketika seorang pembalap menikung kanan, maka pembalap tersebut tubuhnya akan cenderung ke kanan.

Jika melihat dari posisi tersebut, sisi kanan merupakan Low Side sedangkan sisi kiri merupakan High Side. Begitu pun sebaliknya, ketika rider menikung kiri, badan rider yang cenderung kekiri, maka sisi kiri merupakan Low Side sedangkan sisi kanan adalah High Side.

Pengertian High side crash dan low side crash
Contoh dari High side dan low side pada motoGP

High Side Crash

Terjatuh sisi atas atau biasa disebut High Side Crash (HSC) biasanya dikarenakan roda belakang motor tidak terkendali.

Bisa karena pengereman roda belakang yang kurang baik atau saat ban belakang yang sebelumnya kehilangan grip tiba-tiba menyentuh trek saat akselerasi.

Biasanya crash seperti ini membuat pembalapnya terpelanting ke sisi atas atau high side dan besar kemungkinan untuk cedera.

Low Side Crash

Crash jenis ini disebabkan roda motor kehilangan grip seketika dan langsung jatuh ke sisi low side. Bisa karena permukaan trek licin atau ban yang kurang cocok dengan kondisi trek. Pembalap langsung jatuh dan biasanya tidak separah high side.

READ MORE :  Harga Resmi, Review Serta Spesifikasi Suzuki Nex generasi dua

KESIMPULAN

Dalam dunia balap terutama MotoGP, Kejadian high side crash dan low side crash merupakan kejadian yang biasa terjadi. Dan kejadian tersebut bukan hanya faktor kesalahan dari rider, faktor ban dan kondisi track juga mempengaruhi terjadinya high side crash maupun low side crash. Demikian artikel penjelasan mengenai High side Crash dan Low Side Crash yang ada di MotoGP.