penjelasan klasifikasi motor bakar

Pengenalan Klasifikasi Motor Bakar

Masbengkel.comPengenalan klasifikasi motor bakar. Bagi saya dunia otomotif itu selalu menarik untuk dibahas. Selain karena perkembangan yang ada pada kendaraan bermotor seperti sekarang ini. Eknologi yang sudah pernah ada pun juga menarik untuk dibahas. Bahkan saya sendiri pernah membuat artikel tentang teknologi lama atau motor lama tentang motor yang mesinnya tidak menggunakan piston. Jika kamu belum pernah membaca atau belum tahu silahkan baca artikel berikut motor tanpa piston.

Bidang otomotif pun punya keunika tersendir, dimana kita harus menggunakan paten lama tapi mengikuti perkembangan tenologi yang ada. Sebagai mekanik saya pun hharus terus belajjar tentang perkembangan teknologi yang ada. Salah satu contoh adalah awal – awal masuknya mesin dengan sistm fuel injection. Saya harus belajar mulai awal tentang sistem injeksi ini. Bahkan ketika terdapat problem sedikit saja saya harus memutar otak dua kali untuk memperbaikinya.

Jika kamu adalah pembaca setia blog ini, pasti kamu sering membaca banyak hal tentang otomotif yang membahas tentang kerusakan pada motor dan mobil. Unutk itu, pada kesempatan kai ini saya akan membahas dasar – dasar dari otomotif atau tentang teknik otomotif yakni tentang klasifikasi motor bakar.

Klasifikasi Motor Bakar

Motor memiliki beberpa jenis atau memiliki beberapa klasifikasi. Jika yang kita tahu selama ini hanyalahh mesin motor atau mobil saja. Sebaiknya pahami dulu tentang klasifikasi motor bakar yang akan saya jelaskan beriut ini. Berdasarkan prinsip kerja, cara menghasilkan daya dan mekanismenya motor bakar diklasifikasikan menjadi beberapa tipe antara lain :

  • Klasifikasi menurut letak proses pembakaran
  • Klasifikasi motor pembakaran dalam berdasarkan gerak mesin
  • Klasifikasi motor bakar menurut siklus kerjanya
  • Klasifikasi motor bakar menurut langkah kerja
  • Klasifikasi Menurut Letak Proses Pembakaran

Berdasarkan letak terjadinya proses pembakaran dalam siklus kerja motor bakar dapat dibedakan menjadi motor pembakaran dalam ( internal combustion engoine ) dan motor pembakaran luar ( external combustion engine ). Jika kamu belum tahu apa sih pembakara dalam dan pembakaran luar itu, berikut ini penjelasannya.

Motor pembakaran dalam

Pada motor pembakaran dalam proses pembakaran bahan bakar berlangsung didalam mesin itu sendiri. Jenis ini mempunyai ruang bakar yang menjadi satu dengan mekanisme yang di gerakkan ( mesin ). Motor jenis ini yang akan banyak dibahas karena pemakaiannya yang luas dalam bidang otomotif. Motor atau mobil meruapakan contoh motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ).

Motor pembakaran luar

Menurut Wikipedia, Mesin pembakaran luar adalah mesin panas yang mengandung fluida kerja secara internal, dipanaskan oleh pembakaran di sumber eksternal, melalui dinding mesin atau penukar panas. Fluida kerja kemudian, dengan memperluas dan beraksi pada mekanisme mesin, menghasilkan gerakan dan kerja yang dapat digunakan. Pada motor pembakaran luar proses pembakaran bahan bakar berlangsung diluarmesin atau dengan kata lain ruang bakar terpisah dengan mesin.

Klasifikasi Motor Pembakaran Dalam Berdasarkan Gerak Mesin

Seperti pada umumnya mesin, fungsi dari mesin adalah mengubah energi panas ( kalor ) menjadi energi gerak ( mekanis ). Berdasarkan gerakan mekanisme pengubah energi dapat dibedakan menjadi dua yaitu motor bolak – balik ( reciprocating engine ) dan motor rotary ( rotary engine ). Motor dan mobil pada umumnya mengggunaka jenis motor bolak – balik ( reciprocating engine ).

Motor bolak – balik ( reciprocating engine ) adalah energi hasil pembakaran yang diubah menjadi energi gerak melalui gerakan bolak – balik dari piston. Gerakan bolak – balik ini kemudian diubah menjadi gerak putar oleh poros engkol. Sedangkan motor rotary adalah motor yang dapat memanfaatkan energi hasil pembakaran menjadi gerak putar secara langsung sehingga gerakanya menjadi lebi halus dan efisien.

Klasifikasi Motor Bakar Menurut Siklus Kerjanya

Berdasarkan siklus kerjanya terdopot dua kelompok yaitu siklus otto dan siklus diesel. Siklus otto ( motor bensin ) adalah pada motor bensin percampuran udara dan bahan bakar berlangsung diluar ruang bakar dan penyalaan campuran bahan bakar diawali dengan percika api busi. Siklus diesel / motor diesel adalah pada motor diesel percampuran udara dengan bahan bakar berlangsung di ruang bakar bersifat spontan karena tekanan dan temperatur yang tinggi.

Klasifikasi Motor Bakar Menurut Langkah Kerja

Berdasarkan banyaknya gerakan bolak – balik dari piston untuk menghasilkan satu kerja dapat digolongkan menjadi dua yakni motor dua langkah dan motor empat langkah. Motor dua langkah adalah motor yang menghasilkan dua kali langkah piston menjadi satu langkah kerja. Dan motor empat langkah adalah motoro yang menghasilkan empat kali langkah piston menjadi satu langkah kerja. Motor empat langkah lebih banyak digunakan karena lebi efisien jika dibandingkan dengan motor dua langkah.

Gimana mas mas calon mekanik. Sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas tentang pengenalan klasifikasi motor bakar? Perlu diketahui bahwa teori pada bidang otomotif itu sangat penting agar kamu memiliki ilmu dasar yang baik agar jika mengalami masalah pada mesin kamu sudah memiliki teori dasar yang bisa kamu praktekkan pada saat prakteknya. Demikian artikel kali ini tentang klasifikasi motor bakar. Semoga bermanfaat. Salam otomotif.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

biaya tune up motor

Biaya Tune Up Motor (Mesin, Kaki, dan Lampu)

Masbengkel.com, Berapa Biaya Tune Up Motor ? Mungkin kamu satu dianntara pengendara yang masih ragu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *