Beranda Materi Otomotif Pengapian Motor Hilang Timbul, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pengapian Motor Hilang Timbul, Penyebab dan Cara Mengatasinya

pengapian motor hilang timbul

Pengapian Motor Hilang Timbul – Pengapian merupakan salah satu sistem paling pentig pada sepeda motor. Jika pengapian tidak berfungsi dengan baik, seperti pengapian lemah, pengapian hilang dan pengapian kadang ada kadang tidak akan membuat motor tidak maksimal bahkan bisa mogok.

Dari pengalaman saya selama terjun di bengkel sebagai mekanik, ada banyak sekali permasalahan pada sistem pengapian. Yang membuat mekanik kadang geleng – geleng kepala adalah kalau terjadi masalah pengapian motor hilang timbul.

Kalau boleh milih, seorang mekanik bakalan milih pengapian motor hilang atau bahkan lemah.. Karena proses pencarian penyebabnya lebih mudah jika dibandingkan pengapian motor hilang timbul.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang Timbul

Jika motor kamu mendapat permasalahan yang sama. Maka hal itu tentu akan membuat kamu pusing tujuh keliling. Kalau tidak pusing, bawa saja ke bengkel. Namun, ada beberapa biker yang hobi utak – atik motor sehingga ingin menyelesaikan permasalahan pada motor tanpa harus di bawa kebengkel.

Lalu, apa penyebab dan cara mengatasi permasalahan pada pengapian motor hilang timbul? Berikut ini merupakan beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi.

1. Sekring Bermasalah

Pengapian motor kadang hilang kadang timbul
Gambar sekring

Penyebab bisa ditimbulkan dari komponen yang bernama sekring atau fuse. Bagi motor yang menggunakan pengapian DC. Sekring merupakan komponen pentig pada sistem pengapian DC. Mengingat sistem pengapian DC menggunakan arus listrik dari aki.

Baca Juga : Aki Motor Cepat Tekor, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Karena itu, kamu perlu cek pada bagian sekring. Jika sekring goyang tentu akan bisa menyebabkan pengapian motor hilang timbul. Untuk itu pastika sekring tidak goyang. Perhatikan juga bagian – bagian yang ada di sekring seperti rumah sekring, skun, dan kabel.

Pastikan kabel tersambung dengan baik, pastikan skun sekring tidak kotor dan pastikan juga sekring tidak goyang.

2. Cek Kunci Kontak

pengapian bisa hilang dan timbul

Jika kamu sudah memastikan bahwa sekring tidak mengalami masalah, namun pengapian motor masih belum sembuh. Coba untuk mengecek kunci kontak. Biasanya kunci kontak mengalami masalah yang menyebabkan pengapian motor kadang ada kadang tidak.

Jika aki motor kamu masih bagus, tentu akan sangat mudah untuk melakukan pengecekkan pada kunci kontak terutama pada sepeda motor dengan pengapian DC.

Kamu bisa memposisikan kunci kontak pada posisi ON. Lalu perhatikan bagian speedometer. Apakah lampu indikator netral menyala atau lampu speedometer menyala untuk motor matik. Jika menyala, artinya kunci kontak tidak mengalami masalah. Namun jika lampu indikator netral tidak menyala atau lampu speedometer tidak menyala, ada kemungkinan kunci kontak bermasalah sehingga mengakibatkan permasalahan pada pengapian motor.

3. Kabel Konsleting

Kejadian ini pernah menimpa motor yang saya tunggangi yakni Kawasaki Athlete 125. Motor tiba – tiba mogok ketika buat jalan, namun tak berselang lama motor kembali hidup. Ketika motor mogok atau ridak bisa hidup, ternyata pengapian motor hilang.

Setelah saya melakukan pengecekan pada beberapa bagian, ternyata permasalah ada pada bagian kabel bodi yang mengalamai konsleting. Lapisan yang mengelupas membuat menempel pada bodi motor dan menyebabkan kabel konsleting dan mempengaruhi pada sistem pengapian.

Pengalaman saya ini setidaknya bisa kamu jadian acuan, caranya adalah dengan mengecek kondisi kabel bodi motor. Sederhana saja cara mengecek kabel bodi pada motor. Hidupkan motor ketika motor bisa di hidupkan. Lalu, goyang – goyang kabel bodi motor atau tempel kabel bodi pada bodi motor. Jika motor tiba – tiba mati, ada kemungkinan kabel konsleting di area itu.

Selain konsleting, kabel yang putus bagian dalamnya saja juga bisa mengakibatkan pengapian motor hilang timbul, lho…

4. CDI, Koil, Pulser dan Spul Bermasalah

CDI, koil, pulser dan spul merupakan komponen utama pada sistem pengapian motor. Bisa jadi penyebab pengapian motor kadang ada kadang tidak karena salah satu diantara empat sistem pengapian mengalami masalah. Namun perlu di garis bawahi jika salah satu komponen ini mengalami masalah, pengapian motor akan hilang ketika mesin motor sudah panas dan pengapian akan muncul lagi ketika mesin agak dingin.

Untuk kasus ini, rasanya lebih baik kamu bawa saja ke bengkel atau orang – orang yang sudah berpengalaman di bidang otomotif.

Beberapa penyebab diatas bisa jadi salah satunya yang mengakibatkan pengapian motor hilang timbul. Ingin sharing masalah ini? Silahkan tanyakan kegelisahan kamu melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here