pengapian ada tapi motor susah hidup

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup : 4 Penyebab

Masbengkel.com – Artikel kali ini tentang pengapian ada tapi motor susah hidup. Bicara tentang permasalahan pada motor tentu akan banyak sekali permasalahan yang bisa menjadi pembahasan. Seperti pada artikel saya sebelumnya tentang pengapian kadang ada kadang tidak. Setiap masalah pada motor butuh dibahas secara khusus agar kamu bisa mengetahui leta permasalahannya.

Kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sebenarnya simpel namun tidak semua pemilik motor tahu. Masalah tentang pengapian ada tapi motor susah hidup memang menjadi masalah yang bisa membuat siapa saja bingung jika memang tidak memiliki kemampuan yang cikup dalam bidang otmotif. Agar kamu tidak bingung, baca artikel ini sampai habis.

Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Ada beberapa hal yang kamu cek untuk mengetahui apa saja penyebab motor kamu mengalami masalah pengapian ada tapi motor susah hidup. Karena butuh pengecekan pada beberapa komponen dan sistem pada motor kamu. Masalah ini bisa timbul karena bahan bakar, kompresi, busi, karburator, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup.

Pasokan Bahan Bakar

Hal pertama yang perluu kamu cek adalah pasokan bahan bakar dari tangki motor ke karburator atau injektor (jika motor kamu injeksi). Pasokan bahan bakar yang sebut disini bisa karena bahan bakar habis atau tidak mengalir ke karburator atau ke injektor. Jika pasokan bahan bakar dari tangki motor ke karburator atau ke injektor tidak ada, maka bisa menyebabkan penngapian da tappi motor susah hidup.

Langkah pertama adalah cek bahan bakar, jika ada cek aliran bahan bakar. Jika motor kamu masih menggunakan karburator, lepas selang dari tangki ke karburator. Sistem aliran bahan bakar menggunakan teknologi vakum. Lepas satu slang lagi yang menemopel di karburator lalu sedot menggunakan mulut. Jika tidak kelaur, kemungkinan slang bensin tersumbat atau ventilasi pada tangki motor tersumbat.

Untuk memastikan hal ini sangat mudah, lepas saja tutup tangki dari tempatnya, lakukan lagi seperti langkah diatas. Jika bensin masih tidak mau keluar kemungkinan ada kebocoran pada slang vakum bensin atau slang bensin tersumbat kotoran. Untuk memastikannya, cari alat vakum bensin yang menempel di motor, lalu lepas slang dari tangki langsung. Jika keluar bensin, artinya alat vakum atau slang vakum sobek. Namun jika tidak keluar, bisa di pastika slang bensin utama mampet.

Jika motor kamu menggunaka sistem injeksi, prakteknya malah lebih mudah lagi. Posisikan kkontak ke ON, lal dengarkan dibagian tangki motor ada suara mendengung atau tidak. Jika tidak berarti fuel pump mengalami masalah. Namun jika mendengung tapi bensun tidak mau keluar, ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah filter fuel pump kotor atau slang fuel pump mampet.

Selain itu kamu juga bisa cek bagian injektornya. Karena injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Maka mengecek pada injektor juga penting. Langkahnya sama, posisikan OFF dulu, lalu posisikan kunci kontak ke ON. Tapi sebelumnya kamu harus melepas injektornya dulu. Jika saat di ON kan injektor menyemprotkan bahan bkakar. Maka injektor tidak mengalami masalah. Yang penting adalah injektor harus bisa menyemprotkan bahan bakar.

Kompresi Bocor

Perlu kamu ketahui bahwa ada tiga hal yang wajib kamu perhatikan pada motor kamu yang pertama adalah pengapian, lalu kompresi dan juga bahan bakar. Jika ketiganya berfungsi dengan baik maka motor kamu juga akan bekerja dengan baik. Mulai awal dinayalakan atau mesin sudah panas. Artinya motor akan bekerja secara maksimal dikala mesin masih dingin atau sudah panas jika ketiganya berfugnsi dengan baik.

Nah, jika motor kamu mengalami masalah pengapian ada tapi motor susah hidup, hal kedua yang perlu kamu llakukan adalah mengecek kompresi. Jika kompresi bocor tentu saja motor kamu akan susah hidup. Kompresi pada motor ini meliputi seal klep, klep, piston, dan ring piston serta kompopnen pendukung lainnya dibagian silinder head dan bagian silinder.

Pengapian Terlalu Kecil

Ingat bahwa pengapian juga memiliki takaran agar motor bisa dihidupkan dengan normal. Jika pengapian ada tapi cenderung kecil. Maka hal ini akan mengakibatkan pengapian ada tapi motor susah hidup. Untuk mengetahui pengapiannya besar atau kecil bisa dilihat dari percikan api busi atau kabel koil. Jika percikan berwarna merah maka pengapiannya kecil. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa baca artikel berikut ini penyebab pengapian kecil pada motor.

Kualitas Bahan Bakar

Kualitas bahan bakar yang maksud disini adalah kadar otan. Semakin tinggi teknologi yang ada pada motor biasanya membutuhkan bahan bakar yang memiliki otan yang tinggi. Misalkan jika kamu menggunakan bensin berjenis premium untuk motor berteknologi tinggi maka bisa dipastikan bahwa kadar okotan bahan bakar kamu kurang tinggi untuk bisa memenuhi kebutuhan mesin yang berteknologi tinggi.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

Ciri Kampas Rem Cakram Habis.jpg

Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor

Masbengkel.com, Ciri Kampas Rem Cakram Habis Pada Motor – Motor diciptakan tidak dengan perhitungan asal- …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *