Beranda Materi Otomotif Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

Pembuangan Oli Motor Bocor : Penyebab dan Solusinya

Pembuangan oli motor bocor
Ilustrasi

MasBengkel.com – Broo… Salah satu kewajiban kits sebagai pemiliki motor adalah merawat motor dengan baik. Salah satu hal wajib yang dilakukan tiap bulan adalah melakukan pergantian oli secara rutin. Tapi, ada kalanya pembuangan oli motor bocor akibat dari kesalahan saat tap oli dan lain sebagainya.

Pembuangan oli motor yang bocor akan membuat volume oli didalam mesin berkurang. Apalagi jika bocornya terlalu banyak.

Untuk itu, kamu perlu tahu penyebab dan cara mengatasi pembuangan oli motor bocor dengan tepat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembuangan Oli Motor Bocor

Berikut ini merupakan langkah – langkah perbaikan jika ada rembesan atau tetesan oli dari baut pembuangan oli. Namun, sebelumnya ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Ring Baut Pembuangan Oli Hilang

Dibalik baut pembuangan oli terdapat ring agar oli tidak merembes dan menetes atau agar tidak terjadi kebocoran. Ring baut pembuanan oli terbuat dari aluminium, karena sifat aluminium yang lunak membuatmya bisa menutup dengan sempurna.

Baca Juga : 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis + Cara Mengatasinya

Coba kamu lepas lagi baut pembuangan oli, lihat baut pembuangan oli apakah terdapat ring dibalik baut pembuangan oli. Jika ring tidak ada, sebaiknya kamu belikan saja ring baut pembuangan oli. Cari ukuran yang pas dengan baut pembuangan oli motor kamu.

Mesin Retak

Salah satu penyebab pembuangan oli motor bocor yang paling tidak diinginkan oleh pemilik motor adalah mesin yang retak. Keretakan mesin ini berada disekitaran baut pembuangan oli.

Baca Juga : Oli Matik Untuk Motor Manual, Bolehkah?

Kenapa mesin bisa retak?

Banyak hal yang menyebabkan mesin retak di sekitar baut pembuangan oli, diantaranya :

  • Terlalu keras saat mengencangkan baut tap oli
  • Menggunakan sealtip terlalu banyak
  • Terdapat kotoran di baut tap oli
  • Terbentur batu atau “polisi tidur”

Sebenarnya untuk mengatasi pembuangan oli motor bocor karena mesin retak harus di las. Karena proses pengelasan membutuhkan pembongkaran mesin yang membutuhkan waktu 2 – 3 hari dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka perlu tindakan lain agar bisa mengatasi mesin bocor karena mesin retak.

Baca Juga : Fungsi Lain dari Oli Selain Sebagai Pelumas

Caranya adalah dengan menambal keretakan mesin menggunakan lem besi. Gunakan lem besi campur (hitam dan putih) denan merek dextone. Karena merek ini memiliki kerekatan yang sangat kuat.

Bersihkan dulu sekitar mesin yang retak menggunakan gergaki besi atau amplas. Usahakan sampai tidak ada kotoran maupun minyak disekitar mesin yang retak. Lalu campurkan lem besi dengan perbandingan 1:1. Jika sudah, tempelkan lem besi dibagian mesin yang retak. Sebelum lem mengeras, tekan lem secara perlahan agar lem bisa padat.

Baut Pembuangan Dol / Aus

Jika drat baut pembuangan dol / aus, maka baut pembuangan oli tidak bisa dikencangkan. Jika baut tap oli tidak bisa kencang, maka oli akan merembes dan menetes disekitaran baut tap oli.

Baca Juga : Kenali Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka Pada Kemasan

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan drat ulang. Bisa dengan memperbesar ukran drat atau mengembalikan ukuran drat seperti semula dengan cara di bubut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi oli bocor dari baut tap olim Semiga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here