pelumasan oli

Pelumasan Oli : Tipe Oli Mesin dan Grease

Masbengkel.com – Pelumasan Oli. Oli mesin merupakan salah satu bagian dari mesin yang paling sering di ganti. Paling lambat mungkin sebbulan oli harus segera di ganti agar performa mesin tetap dalam kondisi prima. Alasan pelumasan tiap bagian mesin adalah untuk megurangi gesekan dan mengurangi tennaga mesin yang hilang karena gesean dan mencegah kerusakan akibat pemakaian. Pada artikel kali ini saya akan memebahas lebih jauh tentang pelumasan oli mulai dari tipe oli sampai ke gemuk atau grease.

Tipe Oli Mesin

Oli mesin sebagian besar terdiri dari heavy oli yang terbuat dari campuran hijjau, hydrocarbons yang merupakn hasil penyulingan dari minyak mentah.

Kekentalan / Viscosity

Meskipun begitu banyak syarat yang dibutuhkan oli, yang terpenting adalah viskositas atau kekentalan. Oli dengan kekenttalan yang tinggi, dapat menghasilkan lapisan oli film yang tebal diatas permukaan logam. Dan sebagai akibat memiliki kemampuan untuk memikul beban yang berat. Tetapi jjika viskositasnya terlalu tinggi, gesekan internal dari oli akan meningkat hambatan – hambatan dan dapat meningkatkan hilangnya tenaga.

Begitu pun sebaliknya, jika kekentalan atau viskositasnya terlalu rendah, daya hilang jjuga sangat rendah. Karena lapisan oli film berkurang yang menyebabkan kemampuan pengurangan gesekan kurang mencukupi. Masalah umum adalah kekentala oli akan berkurang sesuai dengan penningkatan temperatur. Ukuran dari perubahan kekentala atau viskositas karena perubahan temperatur adalah (n) disebut juga dengan viscosity index.

Ukuran kekentalan

Unutk standart kekentalan secara umum digunakan sttandart S.A.E (Society of Automotive Engineers) nomor SAE diberikan sesuai dengan temperatur ambient normal. Tapi perlu kamu ingat bahwa kategori penggunaan oli bukan hanya ditujukan dengan temperatur sajja, melainkan juga meliputi dengan kondisi pemakaiaan kendaraan juga. Untuk mengetaui kekenatalan dan tipe oli simak artikel berikut Kenali Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka Pada Kemasan

Kategori yang sesuai dengan performa dan pemakaian

Untuk keategori yang sesuai dengan performa atau aplikasi, API (American Petroleum Industry) kategori servisnnya pada umum digunakan sebagai berikut.

Untuk motor bensin

  • SD : Digunakan unutk mesin temperatur rendah dan tinggi dengan kondisi kerjja yang berat mengandung detergent, substansi anti gesek, dan ditambahkan anti oksidan, dll.
  • SE : Untuk mesin dengan kondisi mesin yang lebih berat dari mesin kelas SD mengandung detergent yang lebih banyak ditambahkan susbstansi zat pelindung dan anti oksidan.
  • SF : Oli dengan kualitas tinggi yang melindungi sistem kerja katup dengan daya tahan tinggi dari SE
  • SG : Oli yang lebih TOP yang dapat digunakan dalam temperatur tinggi dengan anti oksidan, lebih tinggi dari SF.

Kategorii Berdasarkan Material Dasarnya

Tipe Mineral

Duihasilkan dari produk dasar penyulingan petrolium, memperluas pemakaian dari produk yang tidak mahal dengan kualitas mendekati oli racing. Hampir semua mesin dapat menggunakan tipe ini.

Tipe Vegetable

Bahan dasarnya dari oli castor atau minnyak jarak. Menghasilkan pelumasan yang baik sekali sehingga umumnya digunakan unutk racing. Dibandingkan dengan oli mineral, proses oksidasi terjadi dengan cepat setelah terkontimasi dengan udara sehingga kurang cocook untuk pemakaian umum atau sehari – hari.

Tipe Semi Synthetic

Oli ini campuran dari oli mineral dan oli synthetic serta oli vegetable. Menghasilkan karakteristik yang stabil. Dari bahan kimia oli synthetic dan oli mineral yang berkarakter bagus dan oli vegetable.

Gemuk / Grease

Dibuat dari campuran oli mineral dan matelic soap atau sabun metalik, meskipun pada temperatur normal bentuknya seperti padatan yang lunak dan lembut. Ketika terjadi gesekan dari friksi yang terjadi maka akan menimbulkan panas secara bertahap mmembuat gemuk menjadi lembut dan membentuk lapisan oli film pada permukaan geseknya sehingga berfungsi menjadi oli pelumas. Dan ketika berjalan bentuknya akan kembali sepeerti semila.

Gemuk ini digunakan pada mesin bensin sesuai dengan tipe dibawah ini.

Gemuk calcium soap (gemuk chassis, dll)

Gemuk calcium soap digunakan pada pompa air, dll. Kemampuan utamanya adallah tahan air dan tahan panas sehingga gemuk tipe ini tidak terbawa air meskipun pendinginnya memanas.

Gemuk lithium soap

Gemuk litihum soap digunakan untuk gemuk generator dsb. Dari bahan oli mineral dengan kekentalan rendah, daya tahan panas dan stabilitas mekanis yang sesuai dengan mesin berkecepatan yang tinggi. Gemuk ini mempunyai daya tahan terhadap air yang baik dan tahan terhadap cuacac yang dingin. Gemuk ini juga disebut juga dengan gemuk serba guna.

Kesimpulan

Jika biasanya kamu hanya tahu tentang merk oli mesin ketika akan mengganti oli kendaraan kamu. Dengan artikel ini saya berharap kamu lebih tahu lebih jauh tentang pelumasan oli, entah itu tentang tipe oli, jenis oli dan juga jenis dan tipe geuk atau grease. Dan saya berharap juga bisa kamu mengerti, karena disini saya menjelaskan dengan sesederhana mungkin.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

biaya tune up motor

Biaya Tune Up Motor (Mesin, Kaki, dan Lampu)

Masbengkel.com, Berapa Biaya Tune Up Motor ? Mungkin kamu satu dianntara pengendara yang masih ragu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *