Beranda Materi Otomotif Oli Motor Habis Tapi Tidak Berasap, Apa Penyebabnya?

Oli Motor Habis Tapi Tidak Berasap, Apa Penyebabnya?

oli motor habis tapi tidak berasap

MasBengkel.com – Oli motor habis biasanya dibarengi dengan asap yang mengebul di knalpot. Namun bagaimana jika oli motor habis tapi tidak berasap?

Oli merupakan bagian yang perlu kamu perhatikan baik – baik. Jika oli berkurang atau habis akan menyebabkan motor berisik dan mempercepat keausan pada komponen didalam mesin.

Seperti yang pernah saya jelaskan mengenai fungsi dari pelumasan / oli, bahwa oli merupakan pelindung bagi komponen – komponen yang ada didalam mesim. Gesekan – gesekan antar komponen satu dengan yang lain akan diredam oleh oli.

Baca Nih : Tujuan dan Fungsi Sistem Pelumasan

Namun, pada kondisi tertentu terdapat permasalahan pada oli. Oli motor yang cepat habis tapi motor tidak berasap. Karena secara teori, oli motor cepat habis diakibatkan oli ikut terbakar didalam mesin dan akan mengeluarkan asap putih di knalpot.

Baca Juga : 6 Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih + Solusinya

Apa sebenarnya penyebab oli motor habis tapi tidak berasap?

Penyebab Oli Motor Habis Tapi Tidak Keluar Asap Putih

Oli motor matic habis tapi tidak berasap juga pernah saya tangani. Kala itu, masalahnya ada di seal klep yang mengakami kebocoran. Sebenarnya bukan tidak berasap, tapi berasap putih tipis. Saking tipisnya asap yang keluar dari knalpot sampai gak kelihatan.

Untuk mengetahui lebih jauh permasalahan oli motor cepat habis tapi tidak mengeluarkan asap putih, mari kita bahas segala kemungkinan – kemungkinan yang bisa saja terjadi di motor kamu.

Kualitas Oli Kurang Bagus

Masalah pertama ini timbul karena kualitas dari oli yang kamu pakai. Saya tidak menyebutkan salah satu merek. Namun, perlu diketahui jika oli bermerek tidak selalu bagus. Karena sampai saat ini oli palsu masih banyak berkeliaran dan mengancam kesehatan motor kamu.

Sebaiknya hati – hati saat membeli dan memilih oli. Belilah di tempat atau bengkel yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Baca Juga : Banyak Beredar Oli Palsu, Begini Cara Mudah Mengenali Oli Palsu

Oli Terlalu Encer

Masalah selanjutnya masih berkutat pada kualitas oli. Namun kali ini bukan karena kualitas bahan yang diapakai, melainkan kekentalan pada oli. Setiap produk oli selalu menyertakan tingkat kekentalan oli. Jadi, ketika kamu memilih oli sebaiknya pilih oli yang tidak terlalu encer.

Baca Juga : Kenali Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka Pada Kemasan

Telat Ganti Oli

Perlu diketahui bahwa oli didalam mesin bisa habis jika telat ganti oli. Karena kualitas oli yang susah menurun, dan efek panas yang ditimbulkan mesin membuat oli bisa habis meskipun tidak ngebul asap putih jika telat melakukan pergantian oli.

Oli Bocor

Jika oli bocor, maka oli yang didalam mesin berangsur – angsur akan berkurang dengan sendirinya. Apalagi kalau tingkat kebocorannya sudah sangat parah. Maka akan mempercepat oli motor habis meskipun tidak keluar asap putih.

Baca Juga : Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor, Turun Mesin!

Seal Klep Bocor

Permasalahan terkahir yang kemungkinan terjadi adalah seal klep yang rusak.

Seal klep yang sudah mulai getas mengakibatkan oli mesin rembes sehingga mengakibatkan oli terbakar sedikit demi sedikit. Sebenarnya mengeluarkan asap putih pada knalpot, tapi sangat tipis.

Agar lebih yakin kamu bisa membongkar head silinder, dan periksa batang klepnya. Jika basah dan menghitam berarti oli rembes ke ruang bakar. Sehingga lama kelamaan oli motor berkurang karena terbakar.

Jika terus dibiarkan, ruang bakar akan kotor dan berpengaruh pada power mesin, dan lebih parahnya bisa menimbulkan overheat jika terus dibiarkan oli motor berkurang.

Itulah beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi pada oli motor (matic) habis tapi tidak berasap. Silahkan di cek satu persatu, atau kamu bisa langsung datang kebengkel terdekat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here