oli mesin mobil bocor

Oli Mesin Mobil Bocor ? ini 5 Bahaya yang Mengancam

Masbengkel.com – Bahaya oli mesin mobil bocor selain berbahaya bagi komponen – komponenn yang ada didalam mesin mobil juga akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan uang lain jika dibiarkan berlarut – larut. Dan jika dibiarkan begitu lama, akan membuat mesin mobil mengalami kerusakan yang lebih parah. Banyak komponen yang akan mengalami kerusakan karena volume oli pada mesin berkurang.

Karena mesin mobil itu dirangkai dari beberapa komponen yang rata – rata komponen – komponen tersebut berbahan logam. Sedangkan sifat logam itu akan terkikis jika tergesek secara terus menerus. Padahal didalam mesin, komponen – komponen akan saling bergesekan satu sama lain.

Nah untuk mengurangi keausan komponen akibat gesekan yang ditimbulkan komponen mesin, sebuah mesin membutuhkan oli. Bagaimana jika oli mesin mobil bocor? Apa saja hal bahaya yang mengancam mobil kamu jika oli mesin bocor ? Melalui artikel ini saya akan menjelaskan 5 hal bahaya yang mengancam mobil kamu jika oli mesin mobil mengalami kebocoran.

5 Bahaya Jika Oli Mesin Mobil Bocor

Oli merupakan komponen utama pada sistem pelumasan. Tujuan dari sistem pelumasan adalah membentuk lapisan oli pada permukaan yang saling bergesekkan dan juga untuk melindungi kerusakan karena pemakaian. Dengan adanya sistem pelumasan, mesin dapat beroperasi dengan halus. Saya dulu pernah mengulas tentang tujuan dan fungsi sistem pelumasan beserta pengertiannya. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai bahaya jika oli mesin mobil bocor.

1. Suara Mesin Kasar

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal bahwa fungsi sistem pelumasan atau oli adalah untuk mengurangi gesekan komponen pada mesin dan memperhalus kinerja mesin. Jika oli mesin mobil bocor maka akan menyebabkan suara mesin mobil menjadi kasar. Suara mesin menjadi kasar karena volume oli didalam mesin sangat berkurang, sehingga gesekan antara satu komponen dan komponen lain terlalu tinggi. Inilah yang menyebabkan suara mesin kasar.

2. Mesin Mobil Cepat Panas

Pada artikel tujuan dan manfaat sistem pelumasan, saya juga menjelaskan bahwa oli juga bisa menjadi pendingin pada mesin. Jika oli mesin mobil bocor dan volume oli didalam mesin berkurang tentu akan membuat mesin mobil cepat panas akibat proses pendinginan melalui sistem pelumasan tidak berjalan dengan baik. Prinsipnya sama seperti fuel pump pada sistem injeksi. Fuel pump yang terus bekerja akkan di dinginkan oleh bahan bakar.

3. Komponen Mesin Mobil Mudah Aus

Inilah hal yang paling perlu kamu waspadai jika oli mesin mobil mengalami kebocoran. Gesekan antara komponen satu dan komponen yang lain itu diantaranya ada oli. Jadi gesekan yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi dan tentu saja hal ini akan mengurangi kerusakan atau keausan komponen tersebut. Nah jika volume oli didalam mesin berkurang tentu saja akan membuat kinerja gesekan komponen satu dan komponen yang lain akan sangat tinggi sehingga komponen tersebut mudah terkikis dan menjadikannya aus.

Jika komponen didalam mesin mengalami keausan akan membuat mesin mobil tidak dalam kondisi prima, dan untuk mengembalikannya kamu perlu turun mesin dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk hal ini bisa mencapai jutaan rupiah. Daripada untuk mengeluarkan lebih untuk suatu hal yang sebenarnya sepele, lebih atasi mesin mobil yang bcr agar tidak merusak komponen lain.

4. Kopling Mudah Selip

Jika kebocoran oli dri seal crankshaft bagian belakang, kemungkinan kebocoran oli akan mengarah ke kampas kopling. Dan perlu kamu ketahui bahwa mobil itu menggunakan kopling kering. Jadi, jika dibagian kopling terdapat oli maka hal ini akan bisa mnyebabkan kopling mudah selip. Dan tentu saja hal ini akan membuat mobil terasa sangat sulit untuk di kendalikan.

5. Bahaya Untuk Pengendara Lain

Oli itu memiliki sifat yang licin, jika oli bocor dan tumpah ke jalan maka akan sangat membahayakan pengguna jalan lain. Misalkan kendaraan besar atau bahkan motor akan mengalami selip pada ban jika terkena tumpahan oli dari kebocoran mesin mobil kamu. Jadi sebaiknya perhatikan kondisi oli mesin mobil kamu agar tidak membahayakan pengguna jalan yang lain. Karena mengendarai kendaraan bermotor selain memikirkan kesellammatan diri sendiri juga harus memikirkan keselamatan orang lain.

Penutup

Sebagai pemilik mobil sebaiknya kita memperhatikan betul kondisi mobil, mulai dari kaki – kaki, suspensi dan tentu saja bagian mesin. Jika kamu merasakan sesuatu yang ganjal di mobil kamu sebaiknya segera lakukan pengecekan sendiri atau bisa langsung membawa mobil ke bengkel terdekat. Jangan sampai kejadian oli mesin mobil bocor membahayakan bagi mobil kamu dan juga membahayakan bagi pengedara lain. Membiarkan oli bocor berlarut – larut juga akan membuat biaya perbaikan yang harus kamu keluarkan akan semakin tinggi.

About riyan

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *