Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup – Motor susah hidup dan motor mogok merupakan kejadian yang pastinya kalian pernah mengalaminya. Jangankan orang awam, saya pun yang merupakan seorang mekanik juga pernah mengalami mogok dijalan atau motor susah hidup.

Kejadian mogok pernah saya alami ketika mengendarai motor beat injeksi yang tiba-tiba mati mendadak. Karena saya montir, jadi saya tahu penyebab motor beat injeksi mati mendadak dan cara mengatasi motor injeksi mati mendadak, saya pun mencoba untuk memperbaiki dengan meminjam peralatan bengkel di tukang tambal ban di daerah Mojokerto.

Saya pun juga pernah mengalami motor susah di hidupkan, kala itu saya meminjam motor Yamaha Nmax milik saudara. Meskipun pengapian ada tapi motor susah hidup. Dan saya mencoba memperbaikinya dengan mengetahui dulu beberapa hal yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab Yamaha Nmax susah hidup.

Jika kamu mengalami kejadian seperti motor Yamaha Nmax milik saudara saya. Maka artikel ini akan menjadi jawaban bagi kamu untuk mengetahui penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup. Hal ini tentu berbeda dengan permasalahan seperti pengapian motor hilang dan pengapian motor kadang ada kadang tidak.

Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Untuk mengetahui penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup, cobalah untuk mengecek beberapa bagian berikut:

  1. Cek bahan bakar
  2. Cek busi
  3. Cek filter udara
  4. Cek tekanan kompresi

Begini penjelasan lengkapnya mengenai penyebab pengapian ada tapi motor susah di hidupkan.

1. Cek Bahan Bakar

pengapian ada tapi motor susah hidup

Bahan bakar (bensin) merupakan salah satu bagian tak terpisahkan pada kendaraan bermotor. Karena bahan bakar terlibat langsung pada proses pembakaran pada ruang bakar.

Cek ketersediaan bahan bakar

Jika pengapian ada tapi motor susah dinyalakan, silahkan cek ketersediaan bahan bakar pada tanki bensin. Jangan terlalu percaya pada jarum bensin pada speedometer, karena biasanya indikator bensin mengalami kerusakan sehingga tidak menunjukkan hasil sebenarnya.

Cek aliran bahan bakar

Jika didalam tanki bahan bakar masih ada, silahkan melakukan pengecekkan pada aliran bahan bakar. Pastikan bahan bakar mengalir dengan sempurna.

Untuk motor karburator, kamu bisa cek aliran bahan bakar dengan melepas selang bensin yang menempel di kaburator. Jika sistem aliran bahan bakar menggunakan membran, silahkan mengeceknya sambil di engkol agar membran terbuka dan membuat bensin mengalir.

Jika motor kamu adalah motor injeksi, silahkan lepaskan selang bensin dari injektor. Jika selang sudah terlepas, silahkan putar kunci kontak ke posisi ON.

Bagaimana jika bensin tidak keluar?

Untuk motor kaburator, kemungkinannya adalah tanki bahan bakar kotor sehingga menghambat aliran bensin. Sedangkan pada motor injeksi, kemungkinan terbesarnya adalah fuel pump rusak. Kerusakan fuel pump biasanya ditandai dengan indikasi bahwa fuel pump motor injeksi tidak bunyi.

2. Cek Busi

pengapian ada tapi motor susah hidup

Akhir dari sistem pengapian pada motor pengapian cdi (pengapian dc dan ac) maupun pengapian konvesional adalah busi. Fungsi busi adalah untuk mempercikkan bunga api dan menimbulkan pembakaran didalam area ruang bakar. Kualiatas busi juga bisa menjadi penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup.

Cek warna ujung busi

Warna pada ujung busi menandakan kualitas pembakaran didalam ruang bakar. Busi yang hitam pekat akan membuat motor susah hidup. Jika busi hitam pekat, menandakan bahwa motor kamu terlalu boros dan menyebabkan motor susah hidup.

Selain hitam pekat, warna busi yang hitam basah juga bisa menyebabkan motor susah hidup meskipun pengapian ada.

Bagaimana warna busi yang baik untuk motor?

Warna busi yang baik untuk motor adalah warnanya merah kecoklatan atau merah batu bata. Ini menandakan jika pembakaran di ruang bakar terjadi dengan sempurna.

Cek kerenggangan busi

Kerenggangan busi juga mempengaruhi performa motor. Motor akan menjadi sulit dihidupkan atau bahkan brebet jika jarak busi terlalu renggang maupun terlalu rapat. Jarak busi yang ideal adalah 0,6-0,8 mm.

Cek tipe busi

Perlu diketahui bahwa busi juga memiliki tipe. Pada tiap motor memiliki tipe tipe busi yang berbeda. Ada motor yang cocok denan busi dingin, ada pula motor yang cocok dengan busi dengan tipe panas. Jadi pastikan tipe busi yang kamu pakai cocok untuk motor kamu.

3. Cek Filter Udara

Selain pembakaran, bahan bakar dsn kompresi. Unsur lain yang membuat mesin motor bisa hidup adalah udara. Udara dari luar yang masuk ke mesin akan tercampur terlebih dahul dengan bahan bakar. Nahz proses masuknya udara ini akan melalui filter udara. Jadi, jika filter udara kotor akan membuat udara tidak bisa masuk dan menyebabkan motor susah hidup atau bahkan brebet.

4. Cek tekanan kompresi

Penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup yang terakhir adalah dikarenakan tekanan kompresi yang lemah / hilang. Untuk penyebab terakhir ini kamu bisa baca artikel berikut untuk mengatasinya. Baca: Cara Menghidupkan Motor Injeksi Mati Mendadak.

Meskipun judulnya untuk motor injeksi, tapi sebenarnya juga bisa dipakai untuk motor karburator. Jadi, tekniknya sama.. Hanya judulnya saja yang kurang pas, karena kebetulan artikel tersebut berawal dari cerita nyata dan pertanyaan salah satu pembaca blog ini.

Penutup

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup. Silahkan tinggalkan pertanyaan kamu jika dirasa ada yang perlu kamu tanyakan.

Leave a Comment

Rekomendasi Kami