Home / Review / Motor STNK Only dan BPKB Only, Amankah ?
Motor stnk only dan bpkb only

Motor STNK Only dan BPKB Only, Amankah ?

Hiruk pikuk sepeda motor keluaran terbaru dengan membawa teknologi ter-update sepertinya tidak kalah dengan proses jual beli motor bekas berlabel motor STNK only dan BPKB only.

Motor dengan label STNK only dan BPKB only biasanya memiliki harga yang sangat murah. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa kalangan.

Bahkan saya pun memiliki motor yang hanya bermodalkan BPKB only, namun perlu dicatat bahwa motor yang saya miliki bukanlah motor curian.

Karena motor ini saya beli kondisi STNK-nya hancur lebur karena terkena air aki. Kebetulan sekali STNK di simpan di bagian dekat aki oleh pemiliki sebelumnya.

Kenapa bisa yakin kalau motor yang saya beli bukan motor curian ? Karena saya kenal betul dengan orang yang mempunyai motor ini sebelumnya.

Maka dari itu, saya yakin kalau motor Yamaha Mio dengan label BPKB only yang saya beli baru – baru ini bukan motor curian.

Pengertian Motor STNK Only dan BPKB Only

Nah, bagi brosist yang bertanya – tanya kenapa motor STNK only dan BPKB only bisa jauh lebih murah ? Dan amankah motor STNK only dan BPKB only ? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Motor STNK Only

Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau disingkat STNK, adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar.

STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb).

Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan.

Jika motor STNK only, maka tidak akan mempunyai semua persyaratan diatas. Sudah pasti, motor brosist merupakan motor yang ilegal.

Pengertian Motor BPKB Only

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, atau disingkat BPKB, adalah buku yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

BPKB berfungsi sebagai surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Bersamaan dengan pendaftaran BPKB, diberikan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Untuk pengertian motor yang dijual BPKB only sama halnya dengan yang STNK only.

Motor yang dijual secara BPKB only adalah penjualan unit kendaraan bermotor yang HANYA dilengkapi dengan BPKB saja, tanpa dilengkapi dengan dokumen lainnya seperti bukti faktur pembelian, buku servis / garansi dan STNK.

Amankah Motor STNK Only dan BPKB Only

Membeli kendaraan yang berlabel STNK only dan BPKB only tentu tidak seaman jika membeli motor yang dilengkapi dengan dokumen yang lengkap.

Berikut ini beberapa hal yang bisa brosist alami jika membeli mobil / motor berlabel STNK only dan BPKB only

  • Ketika ada operasi polisi, ketika brosist tidak bisa menunjukkan STNK maka motor brosist akan disita oleh pihak kepolisian
  • Brosist akan dianggap penadah jika ternyata motor yang dibeli merupakan motor curian
  • Tidak bisa memperpanjang masa berlaku STNK dan plat nomor
  • Harga jual anjlok

Bagaimana Jika Penjual Mengatakan Jika Suratnya Hilang atau Rusak

Kasus ini mirip dengan motor Mio yang saya beli baru – baru ini. Namun, dalam hal ini saya tidak mempermasalahkan karena memang motor Mio yang saya beli hanya untuk dipakai mengantar dan menjemput sekolah didaerah komplek sekitar.

Dan saya pun berani menjamin bahwa motor tersebut bukan motor curian karena saya kenal betul dengan pemilik sebelumnya.

Bagaimana jika tidak kenal dengan pemiliki sebelumnya ?

Untuk menjamin keamanan brosist dalam bertransaksi dan kedepannya, lebih baik menyuruh pemilik motor untuk mengurus dokumen – dokumen tersebut terlebih dahulu.

Tentu, dengan konsekuensi bahwa harga motor tersebut menjadi mahal.

Hal ini tidak masalah, karena harga murah tidak ada artinya jika motor yang brosist pakai tidak nyaman saat dipakai.

Pihak Leasing Menjual Motor STNK Only dan BPKB Only

Pernah mendengar bahwa pihak leasing menjual motor STNK Only dan BPKB Only ? Tentu saja dari kalian pernah mendengar kabar ini kan ?

Sama halnya dengan saya, sebelum saya membeli Mio yang saya beli tanpa STNK, saya beberapa kali ditawari oleh pihak yang mengaku sebagai orang leasing bahwa ada motor matik murah tanpa STNK.

Saya pun tidak meng-iyakan tawaran tersebut, karena tidak mungkin pihak leasing menjual kendaraan tanpa ada dokumen yang lengkap.

Dengan lantang saya mengatakan bahwa ini merupakan permainan dari orang – orang leasing bukan dari kantor atau pihak leasingnya.

Saya ingatkan kembali bahwa tidak ada leasing atau perusahaan pembiayaan yang menjual unit kendaraan tanpa dokumen lengkap.

Setelah kendaraan laku dijual, hasil penjualan tersebut akan dihitung untuk melunasi tunggakan cicilan, dan bila masih ada uang sisa maka akan dikembalikan kepada nasabah yang bersangkutan.

Jadi, pikirkan kembali jika ada orang yang mengaku pihak leasing menjual kendaraan tanpa dengan dokumen yang lengkap.

Bisa – bisa motor brosist akan didatangi oleh pihak leasing untuk mengambil motor yang brosist beli karena ternyata motor tersebut belum beres untuk urusan kreditnya.

KESIMPULAN

Meskipun motor / mobil yang berlabel tanpa STNK dan BPKB memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dari kendaraan yang memiliki dokumen – dokumen yang lengkap.

Namun untuk urusan keamanan, motor BPKB only dan STNK only bisa sewaktu – waktu mengancam brosist, seperti di tuduh menjadi penadah pencurian kendaraan bermotor.

Hal tersebut tentu tidak diinginkan oleh brosist, karena tujuan membeli motor tersebut adalah karena harga yang murah tanpa mengetahui asal usul dari motor tersebut.

Jika brosist menginginkan motor yang murah dengan label STNK only dan BPKB only, sebaiknya mengenali pemiliki sebelumnya dan tahu asal usul motor tersebut.

Namun, pastikan juga jika motor tersebut tidak untuk perjalanan jauh. Karena bisa – bisa motor brosist akan disita oleh pihak kepolisian jika terdapat operasi kendaraan bermotor.

Demikian ulasan saya kali ini tentang Amankah Motor STNK Only dan BPKB Onlym Semoga brosist tidak menjadi korban hanya karena kepincut harga murah.

Lebih baik merogoh kocek lebih dalam namun nyaman dan aman saat dikendarai.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

kerugian membeli motor bodong

6 Kerugian Beli Motor Bodong (STNK Only / BPKB Only)

Kerugian Beli Motor Bodong – Meskipun sudah jelas jika aktivitas jual beli motor bodong merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *