penyebab motor mati seperti kehabisan bensin

Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin : 7 Penyebab

Masbengkel.com, motor mati seperti kehabisan bensin – Melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor memang dilakukan oleh nyaris semua orang, termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini. Jika kamu masuk pada artikel ini, itu berarti motor kamu sedang mengalami masalah yang membuat kamu bingung apa pennyebabnya.

Masalah yang timbul pada motor memang sangat beragam, salah satunya tentu saja yang sedang kamu baca dan sedang kamu alami sekarang yakni motor mati seperti kehabisan bensin. Seperti yang kita tahu bahwa “makanan” utama sepeda motor adalah bensin. Motor akan bisa hidup jika bensin yang ada di tangki motor masih ada. Tapi bagaiamana jika bensi ditangki motor masih ada tapi motor mati seperti kehabisan bensin. Biar ngga bingung, mari kita bahas !!!

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Jika motor kamu ada pengapian, udara dan bensin, tentu menjadi jaminan bahwa motor tersebut pasti hidup. Karena ketiga hal tersebut merupakan hal yang paling penting pada mesin motor. Bensin di tangki motor ada tapi motor ngga bisa hidup ? Jangan buru – buru ambil kesimpulan jika pengapian bermasalah. Sebaiknya cek beberapa baggian yang akan saya jelaskan berikut.

Filter Bensin Mampet

Fungsi darii filter bensin adalah agar bensin yang masuk ke karbrator atau ke injektor sudah dalam keadaan bersih tanpa ada partikel – partikel yang masuk ke dalam karburator dan injektor. Karena fungsinya yang menyaring kotoran didalam tangkin motor. Maka lama kelamaan filter udara akan mampet karena kotoran yang ada ditangki motor sudah menumpuuk di filter udara.

Selang Hisap Vakum Sobek

Pada beberapa motor yang masih menggunakan sistem karburator, aliran bahan bakar akan ditentukan oleh hisapan dari mesin. Artinya, bensin tidak akan turun atau mengalir jika mesin tidak hidup. Nah, bagaimanna jjika mesin hidup bensin tidak mengalir ? Ada kemungkinan selang vakum mengalami kebocoran atau sobek sehingga udara tidak bisa menghisap alat vakum bensin dan menyebabkan bensin tidak bisa mengalir di karburator.

Kran Bensin Tertutup

Pada motor dengan sistem karburator, selain menggunakan vakum bensin juga ada yang menggunakan aliran langsung dar tangki motor ke karburator. Dari sistem ini biasanya di sematkan satu alat kkecil yang bernama kran bensin. Tujuannya agar ketika karburator mengalami masalah kebocoran, si pemilik motor bisa menutup kran bensin ini. Namun, ada kalanya lupa untuk kembali membuka kran bensin, dan hal ini akan menyebabkan motor mati seperti kehabisan bensin.

Ventilasi Tangki Motor Tersumbat

Mungkin kamu satu diantara beberapa orang yang tidak tahu jika didalamm tangki bensin terdapat lubang ventilasi. Lubang ventilasi ini bertujuan agar bensin bisa mengalir. Dan jika lubang ventilasi ini mampet, maka yang terjadi adalah bensin tidak bisa mengalir. Lubang ventilasi bertujuan agar tidak terjadi ke vakuman didalam tangki motor yang menyebabkan bensin tidak mengalir.

Jika kamu masih bingung tentag ke vakuman pada sebuah benda cair, coba kamu lihat galon air yang di taruh di guci. Air tidak akan keluar dari sela – sela guci selama galon yang kamu gunakan tidak bocor. Jika galon yang kamu gunakan bocor, maka air akan mengalir mmelalui celah – celah kecil pada guci. Nah, itu juga sama terjadi di tangki motor. Jika bensin tidak mengalir, ada kemungkinan ventilasi udara tangki motor mampet. Lokasi lubang ventilasi ada di agian tutup tangki ya.

Busi bermasalah

Jika kamu mengecek seluruh aliran bensin dan bensin mengalir dengan baik, untuk mengetahui penyebab motor mati seperti kehabisan selanjutnya adalah mengecek busi motor. Karena seperti yang jelaskan diawal bahwa motor membutuhkan bahan bakar, udara dan api untuk bisa hidup. Jika bahan bakaar dan udara (yang pasti ada) tercukupi, maka langkah selanjutnya adalah mengecek bagian busi motor

Memastikan kondisi busi motor sangat penting untuk lakukan setiap waktu. Terutama jika motor kamu memiliki jarak tempuh yang jauh. Untuk itu, lakukan tune up secara berkala agar motor kamu ttetap dalam keadaan siap siaga untuk dibuat beraktivitas. Karena busi yang memiliki jangka waktu tertentu, meskipun belum mati harus tetap diganti untuk menghindari masalah motor mogok secara tiba – tiba.

Filter Udara Mampet

Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dari partikel – partikel kecil dari luar, misal debu, kerikil ataupun daun daun kering. Karena sifatnya yang menyaring tentu sakan membuat filter udara lama kelamaan akan menumpiuk kotoran di arera spon folter udara. Jika kkotoran ini sudah menumpuuk, maka yang terjadi adalah motor mati seperti kehabisan ensin saat di gas.

Mesin Overheat

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin selanjutnya adalah mesin motor mengaalammi overheat. Motor yang sudah terlalu panas karena menempuh perjalanan panjang tanpa istirahat memang bisa tiba-tiba mogok. Hal ini biasanay terjadi karena sistem pendingin pada motor tidak bekerja secara maksimal. Dan bisa juga karena oli didalam mesin kurang sehingga mengakibatkan mesin motor cepat panas.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *