motor injeksi tidak bisa langsam.jpg

Motor Injeksi Tidak Bisa Langsam : 4 Penyebab

Masbengkel.com, Motor Injeksi Tidak Bisa Langsam – Tepat seminggu yang lalu saya mendapatkan pelanggan yang menggunakan motor Honda Beat Fuel Injection. Ibu – ibu yang sekitar 40 an tahun ini mengelhu kalau motornya kati kalau tidak di gas. “Kalau bawa bawaan berat bingung mas, tahan gas sambil nahan bawaan. Motorku kenapa ya mas ?” Keluh kesah sekaligus pertanyaan dari si pemilik motor.

Motor yang tidak bisa langsam memang merepotkan, jangankan ibu – ibu saya pun jika bawa motor yang tidak bisa langsam pasti agak sedikit geram. Saat lampu merah harus tahan gas agar motor ngga mati. Belum lagi kalau kita bawa bawaan yang luayan banyaj dan berat. Tentu hal ini akan sangat merepotkan.

Ibu itu pun berpamitan pulang dan menyerahkan motor kesayangannya untuk saya operasi. Kepercayaan yang ngga akan saya buang sia – sia. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek kedipan dan nyala dari lampu MIL. Karena lampu MIL yang ada pada motor injeksi bisa menjadi mata kedua bagi mekanik untuk mengetahui kondisi atau kerusakan pada motor injeksi.

Setelah saya mengecek kedipan dan nyala dari lampu MIL, dan tidak ada tanda – tanda kerusakan. Sdari sini terlihat bahwa tidak ada sensor – sensor pada motor injeksi tersebut yang mengalami masalah. Batin saya, rejeki si ibu tadi. Karena jika kerusakan da pada sensor, maka biaya yang harus dikeluarkan lumayan banyak. Dari langkah ini saya pu mencoba melakuan pengecekan pada busi. Dan benar, busi dari motor ini sudah tidak layak pakai. Saya ganti busi dengan yang baru.

Motor injeksi si ibu pun sudah bisa langsam. Karena terlanjut masuk bengkel, saya pun melakukan tune up pada motor tersebut. Hasilnya, sungguuh mengenaskan. Motor tersebut ternyata jarang tune up dan olinya pun sudah jelek parah. Pengerjaan tune up selesai, saya test drive motor tersebut. Hasilnya luar biasa, motor Honda Beat Injeksi tersebut merasakan enaknya di tune up, merasakan apa yang sudah saya jelaskan pada artikel manfaat tune up bagi motor.

Penyebab Motor Injeksi Tidak Bisa Langsam

Selain karena busi seperti yang yang saya ceitakan diatas. Ada ppenyebab lain yang bisa saja menjadi penyebab motor injeksi tidak bisa langsam. Beberapa kemungkinan yang akan saya jelaskan berikut merupakan kejadian yang paling sering terjadi. Jadi, apa penyebab motor injeksi yang tidak mau langsam ? Begini penjelasan lengkapnya.

Fuel Pump Rusak

Fuel pump memang menjadi komponen paling vital pada kuda besi roda dua. Terutama jika menggunakan sistem injeksi. Karen afuel pump berfungsi untuk mempompa bahan bakar dari tangki bensin ke injektor. Jika fuel pump lemah maka motor injeksi tidak bisa langsam karena kebutuhan bahan bakar pada mesin kurang optimal. Baca Juga : Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Aki Motor Lemah

Motor injeksi yang menggunakan sistem elektrik sangat membutuhkan daya dari akai. Jika tegangan dari aki melemah bahkan cenderung sangat lemah maka yang terjadi adalah motor injeksi seperti kehilangan sumber tenaga dan menyebabkan motor injeksi tidak bisa langsam. Kamu bisa cek tegangan aki dengan sederhana, nyalakan klakson atau lampu sein. Jika suara tidak lantang dan sein tidak terang artinya aki tidak bisa menyuplai listrik ke sensor – sensor pada motor injeksi.

Masalah Pada ISC

Jika kamu teliti, maka kamu pasti tahu bahwa motor injeksi terutama motor matik gasnya akan meninggi jika mesin masih dingin. Hal ini dikarenakan di atur oleh ISC. Komponen inilah yang akan mengatur perubahan putaran langsam pada saat mesin dingin dan kembali ke putaran langsam normal saat mesin sudah mulai hangat. Masalah pada ISC biasanyanya mengalami kotor. Sehinggan menyumbat lubang yang ada pada ISC.

Throtle Body Bermasalah

Komponen ini merupakan komponen pengganti karburator. Fungsinya untuk mengatur udara yang masuk. Didalam TB ada semacam katup, semakin lebar katup ini terbuka maka semakin banyak udara yang masuk. Dan semakin banyak udara yang masuk semakin kencang mesin berputar. Jika TB kotor, maka akan menyumbat ubang dan gerakan dari katup TB. Hal ini akan menyebabkan udara tidak masuk dengan bebas dan menyebabkan motor injeksi tidak bisa langsam.

Kesimpulan

Kerusakan seperti motor injeksi tidak bisa langsam biasanya terjadi karena motor tidak di tune up secara ruitin. Motor yang jarang tune up akan menyebabkan kotoran menumpuk pada salah satu komponen dan lama – kelamaan akan menjadi maasalah pada motor. Salah satunya adaah motor injeksi yang tidak bisa langsam atau motor injeksi mati saat gas dilepas.

Jika kamu tidak ada wakktu untuk melakukan tune up rutin, sebaiknya beli cairang khusus motor injeksi. Semprotkan cairan khusus motor injeksi ini dari lubang TB. Saat menyemprotkan cairan harus dalam koondisi mesin menyala. Jaga gas agar motor tidak mati. Setelah melakukan penyemprotan, bersihkan filter udara, cek busi dan juga ganti oli motor. Lakukan cara ini jika kamu tidak sempat tune up dan jangan terlalu sering karena akan merusak seal klep motor.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

kopling pada kendaraan bermotor

Kopling Pada Kendaraan Bermotor (Mobil dan Motor)

Masbengkel.com, Mengenal Kopling Pada kendaraan Bermotor (Jenis Kopling, Prinsip kerja Kopling dan Cara Kerja Kopling) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *