motor injeksi susah hidup

Motor Injeksi Susah Hidup : 4 Penyebab Utama

Masbengkel.com, Motor Injeksi Susah Hidup – Teknologi injeksi sudah mennggantikan sistem karburator. Sistem injeksi memang memiliki emisi gas yang lebih baik daripada sistem karburator membuat motor dengan sistem injeksi lebih diunggulkan pada mmotor keluaran terbaru. Selain karena emisi gas yang lebih baik, teknologi injeksi juga menawarkan kemudahan dalam hal perawtan motor. Kita gak perlu lagi buka bagian karburator, karena injeksi menggunakan sistem komputerisasi.

Meskkipun dengan demikian tetap saja sistem injeksi mengalami masalah, seperti salah satunya motor injeksi susah hidup. Ya, meskipun secara perawatan motor injeksi lebih mudah tetap saja membutuhkan perawatan atau tune up secara rutin agar terhindar dari masalah ini. Nah, diartikel ini saya akan menjelaskan penyebab motor injeksi susah hidup.

Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup

Pada motor injeksi terdapat lampu MIL. Dan Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan motor pada sistem PGM-FI. Lampu MIL berada pada bagian spedometer motor yang berwarna orange. Apabila terjadi permasalahan pada sensor pada motor maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Dengan adanya lampu ini, sangat memudahkan mekannik untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada motor injeksi. Namun tidak semua kerusakan yang terjadi pada motor injeksi bisa di deteksi pada lampu MIL. Karena kedipan pada lampu MIL akan bereaksi jika kerusakan terjadi pada sensor – sensor motor injeksi saja.

Busi Mati

Busi merupakan komponen pengapiann yang berfungsi untuk memercikan bunga apii dibagian ruang bakar. Percikan bunga api ini akan dibakar di ruang bakar untuk menciptakan proses pembakaran. Nah, karena perannya sangat penting bagi sistem pembakaran motor. Maka bisa jadi, motor injeksi yang susah hidup dikarenakan busi yang sudah mati atau sudah melemah.

Melemahnya busi ini akan mengganggu sistem pengapian pada motor. Hal ini biasanya disebabkan kurangnya perawatan pada motor atau motor jarang di service. Karena seperti yang saya katakan diawal bahwa, motor injeksi memang menawarkan kemudahan dalam hal perawatan tetapi bukan berarti motor injeksi tidak perlu dilakukan tune up secara ruitin. Motor injeksi harus tetap tune up agar kamu bisa mengetahui kerusakan yang akan terjadi pada motor. Misal mengganti busi sebelum busi melemah.

Fuel Pump Rusak

Kasus fuel pump rusakk ini juga berawal dari kesalahan pemilik motor sehingga mengakibatan motor injeksi susah hidup. Seperti yang kita tahu, fuel pump letaknya ada didalam tangki motor. Dan berfugsi untuk memompa bahan bakar ke injektor. Ketika kunci kotak ON, fuel pup akan berdengung untuk menandakan bahwa fuel pump masih aktif.

Dan fuel paump akan terus bekerja selama motor dalam keadaan hidup, berjalan maupun berhenti. Karena fuel pump yang terus menerus bekerja akan mengakibatkan fuel pump panas. Panas dari fuel pump ini akan dihisap oleh bahan bakar didalam tangki motor. Jika tangki mmotor bahan bakarnya sering menipis, maka sistem pendingin dari fuel pump tidak akan bekerja. Dan aka membuat fuel pump mudah rusak karena tidakk adanya pendingin pada fuel pump.

Kompresi Melemah

Sebelmunya saya pernah mengangakt tema artikel tentang motor hilang kompresi. Nah, kejadian ini juga bisa menyebabkan motor injeksi susah hidup. Kejadian seperti ini sebenarnya juga merupakkan kesalahan dari user. Karena motor yang kompresinya melemah berawal dari motor yang kurang perawatan. Biasanya hal ini timbul karena busi yang sudah minta ganti, oli yang sudah ganti dan lain sebagainya dibiarkan berlarut – larut sehingga membuat kompresi lama – lama akan melemah.

Kompresi yang memiliki fungsi untuk memapatkan campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga. Jika kompresi bocor maka tenaga yang dihasilkan akan berkurang sehingga tida mampu mengangkat seluruh bagian mesin motor dan motor pun susah untuk di hidupkan.

Aki Melemah

Karena sistem fuel injeksi menggunakan sistem elektrik. Maka fungsi dari aki sangat penting bagi motor injeksi. Seluruh komponen pada sensor – sensor pada motor injeksi memang membutuhkan tegangan dari aki. Jika aki motor melemah maka yang terjadi adalah motor injeksi susah hidup. Ciri ciri aki yang lemah adalah starter tangan difungsikan, seluruh komponen lampu akan mati dan lampu MIL akan berkedip.

Kesimpulan

Semua hal diatas sebenanya bisa kamu hindari dengan cara melakukan tune up secara rutin dan juga benar. Karena manfaat dari tune up pada motor adalah untuk menghindari kerusakan pada motor. Dengan kamu melakukan tune up tentu komponen seperti busi dan oli akan di cek dan hal ini akan menghindari dari hilangnya kompresi.

Dan saran dari saya jika tidak fuel pump gampang rusak adalah, segera isi bahan bakar jika bahan bakar sudah tinggal sedikit. Usahakan untuk mengisi bahan secara penuh. Dan isi kembali ketika bahan bakar di dalam tangki atau jarum pada dashbord menunjukkan di tengah. Hal ini bertujuan agar sistem pendinginan pada fuel pump bekerja secara maksimal.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

efek saringan udara motor dilepas

Saringan Udara Motor Dilepas ? ini Efek Buruknya

Masbengkel.com, Efek Buruk Saringan Udara Motor Dilepas – filter udara atau biasa orang awam menyebutkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *