motor honda beat injeksi.jpg

Motor Honda Beat Injeksi : Kelebihan dan Kekurangan

Masbengkel.com, Kelebihan dan Kekurangan Motor Honda Beat Injeksi – Jika sebelumnnya saya membahas tentang beberapa penyakit motor Honda Beat injeksi yang sering terjadi. Maka di kesempatan kali ini saya akan sedikit mencari dan meraba – raba kelebihan serta kekurangan dari motor sejuta umat ini.

Motor ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2012. Menggantikan varian motor Honda Beat karburator. Dengan dikelaurkannya produk baru hasil pengembangan dariproduk sebelumnya, sudah bisa dipastikan bahwa motor Honda Beat injeksi akan memiliki spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan generasi sebelumnya. Dari muai teknologi yang digunakan serta style nya sudah kelihatan kok kalau motor ini lebih baik dari generasi seblumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Honda beat Injeksi

Motor Hoonda Beat memang mrupakan varian termurah dari Honda untuk kelas motor matic. Selain menawarkan harga yang murah, pihak Honda juga menjanjikan performa yang tinggi pada motor ini serta mengklaim bahwa motor Honda beat merupakan motor yang lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan pesaing lainnya.

Benarkah klaim dari Honda tersebut ? Dari pengalaman saya di bengkel dan beberapa kali mencoba motor matic yang harganya relatif seimbang dengan Honda Beat. Klaim tersebut benar. Karena memang salah satu kelebihan dari Honda Beat injeksi adalah irit bahan bakar. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurang Honda Beat Injeksi ? Berikut ini saya ulas berdasarkan apa yang saya alami.

Kelebihan Motor Honda Beat Injeksi

Lebih Irit Bahan Bakar

Klaim dari Honda mengatakn jika bahan bakar Honda Beat injeksi lebih irit 30% jika dibandingkan Honda Beat karburator. Kalau klaim ini sepertinya saya setuju, bahkan lebih irit dari pesaing mereka di kelas yang sama. Konsumsi bahan bakar yang lebih irit bisa jadi karena teknologi yang digunakan pada Honda Beat injeksi adalah Fuel Injection. Teknologi fuel injeksi memang memiliki presisi yang tinggi jika dibandingkan karburator dalam hal pencampuran bahan bakar.

Lebih Ramah Lingkungan

Dari hasil uji coba yang dilakukan, motor Honda Beat generasi kedua ini memiliki nilai emisi gas yang cukup baik yakni CO 0,143 gr/hm dengan angka HC sebesar Nox 0,031 gr/Km dan 0042 gr/KM. Dari hasil uji coba tersebut, maka saya pastikan bahwa motor Honda Beat sangat ramah terhadap lingkungan.

Tarikan Awal yang Mantap

Kalau masalah tarikan awal atau akselrasi motor, saya rasa mesin Honda tidak ada saingannya. Entah dari seri bebek, sport maupun matic. Untuk Honda Beat injeksi sendiri tarikannya lebihi baik jika dibandingkan para pesaing di kelasnya. Motor ini saya rasa sangat cocok dipakai do kota – kota yang gaya berkendaranya lebih cenderung stop and go.

Ruang Bagasi yang Besar

Jika dibandingkan Honda Beat generasi pertama yang bagasinya hanta cukup untuk satu jas hujan. Maka Honda beat injeksi menawarkan hal lebih dalam hal bagasi motor. Bahkan, para pesaingnya pun masih kalah dengan Honda Beat injeksi. Bagasi motor memang hal sepele, tapi biasanya menjadi salah satu alasan seseorang memilih merek motor.

Kekurangan Motor Honda Beat Injeksi

Lanntai Motor yang Cenderung Sangat Sempit

Lantai motor atau pijakan kaki pada motor Honda Beat Injeksi bagi saya teerlalu sempit. Untuk ukuran orang yang memilik tinggi badan dan agak gemuk seperti saya, ukuran lantai Honda Beat injeksi bagi saya sangat sempit. Saya bandingkan dengan pabrikan sebelah yang katanya generasi ketiga. Tahu kan ? Galon Aqua bisa masuk. Sedangkan Honda Beat tidak bisa. Padalah kelebihan dari motor matic adalah lantai pada motor yang memudahkan kita membawa barang. Kalau kecil ? Hm.

Setir Motor Terlalu Tinggi

Nah kalau ini lebih cenderung ke pendapat pribadi saya ya. Hal ini sebanrnya berkaitan dengan tinggi badan dan juga gaya berkendara. Beda lagi ini kalau yang bilang cewek, mungkin tinggi setir motor dari Honda Motor Honda Beat injeksi ini masuk dalam kategori kelebihan. Karena gaya berkendara yang cenderung lebih santai. Kaluu saya jujur saja, posisi dan setirnya kurang pas dengan postur dan gaya berkendara saya.

Top Speed Motor Kurang

Jika motor Honda Beat injeksi punya kelebihan pada tarikan awal atau akselerasi motor. Maka untuk bagian top speddnya, motor ini cenderung menegcewakan. Bahkan sangat mengecewakan. Jika motor sudah kecepatan 90 km/jam maka cukup susah untuk mendapatkan angka yang lebih jika tidak melakukannya dengan benar. Belum lagi saat toop speed, motor sekan bergetar hebat dan membuat bekendara dalam keadaan top speed menjadi kurang nyaman.

Kesimpulan

Dari apa yang saya jelaskan diatas merupakan dari pengalaman pribadi dan juga dari apa yang dikaatakan beberapa pelanggan saya. Selain itu, ada saja penyakit Honda Beat Injeksi yang sering terjadi. Mulai dari motor goyang saat jalan pelan, lampu depan ceoat mati sampai motor yang tiba tiba mogok.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

kopling pada kendaraan bermotor

Kopling Pada Kendaraan Bermotor (Mobil dan Motor)

Masbengkel.com, Mengenal Kopling Pada kendaraan Bermotor (Jenis Kopling, Prinsip kerja Kopling dan Cara Kerja Kopling) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *