motor hilang kompresi

Motor Hilang Kompresi : 8 Penyebab

Masbengkel.com, Penyebab Motor Hilang Kompresi – Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paing banyak digunakan di negara kita jika dibandingkan dengan mobil. Hal ini sangat wajar mengingat harganya yang relatif murah serta perawatan yang mudah dan juga kondisi lalu lintas di negara kita begitu padat. Namun, seperti juuga mobil. Motor jugua bisa mengalami masalah pda mesin dan butuh biaya kadang tidak murah untuk memperbaikinya.

Bicara tentang permasalahan pada motor memnag sangat beragam. Masalah pada motor biasanya berimbas pada tenaga motor dan juga bisa menyebabkan motor tidak bisa hidup atau mogok. Salah satu msalah yang sering terjadi belakangan ini adalah kompresi motor yang hilang. Tidak perlu panik, karena melalui artikel ini saya akan menjelaskan tentang penyebab sepeda motor yang kehilangan kompresi.

Apa yang Dimaksud Motor hilang Kompresi

Motor yang hialng kompresi biasanya memiliki ciri – ciri, motor tidak bisa hidup atau mogk serta kick starter motor terasa enteng. Perlu kamu ketahui bahwa, jika motor yang normal pada kompresinya maka kick starter akan terasa berat. Hal ini efek dari kompresi yang ada didalam ruang bakar. Kompresi sendiri bertujuan agar tekanan gas didalam silinder meningkat dan agar temperatur gas didalam silinder meningkat.

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Dibawah iini saya akan menjelaskan tentang komponen atau bagian apa saja yang menjadi penyebab atau yang menyebabkan kompresi motor hilanng yang membuat motor tidak bisa hidup. Selain penyebab motor hilang, sya juga akan menjelaskan bagaiamana cara memperbaiiki masalah tersebut agar kompresi motor kembali normal.

Klep / Katup

Klep atau katup adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar. Bahan bakar yang masuk dan keluar akan melalui katup atau klep ini. Bukan hanya mengatur keluar masuknya bahan bakar, klep jjuga berfungsi untuk menjaga agar kompresi tidak bocor. Nah, kompresi motor yang hilang biasanya di akibatkan klep yang mengalami kebocoran.

Kebocoran pada klep ini bisa terjadi karena terdapat celah masuk untuk udara. Karena klep sendiri di desain agar tidak bisa di masuki oleh udara dan kompresi tidak bocor. Untuk mengatasi masalah klep yang boccor yang menyebabkan kompresi motor yang hilang adalah dengan menyekur bagian klepnya.

Adapun cara darurat ang bisa kamu lakukan jika klep motor mengalami kebocoran. Adalah dengan memancing ruang bakar dengan menggukan oli. Masukan beberapa tetes oli ke dalam lubang busi, lalu tutup lubang busi mennggunakan kain bersih (jangan menggunakan kain yanng kotor ya), lalu tahan kain bersih tersebut menggunakan jari tangan selanjutnya adalah mengengkol kick starter dengan sedikit lebih keras dari saat kamu menyalakan motor.

Lakukan hal ini dua sampai tiga kali unutk memastikan seluruh kotoran yang ada didalam ruang bakar berhasil keluar. Lalu beri beberapa tetes lagi oli, lebih seidkit dari sebelumnya lalu pasang kembali busi. Nyalakan motor menggunakan dua metode secara sekaligus yakni kick starter dan juga starter otomatis. Saat motor berhasil hidup, akan banyak asap putih yang keluar dari knalpot. Hal ini wajar, karena oli yang ada didalam ruang bakar tadi terbakar dan keluar melalui knalpot.

Packing Mesin Bocor

Di selah antara silinder dan kepala silinder terdapat sebuah kertas atau plat tipis, part ini disbeut dengan packing. Tujuan dari paking mesin adalah agar diantara selah selah mesin tidak mengalami kebocoran oli dan juga kompresi. Cara memperbaiknnya adalah dengan membongkar dan mengganti packing mesin agar kompresi motor kembali normal. Saran sya, ketika mengganti packing mesin sebaiknya lem bagian packing agar tidak terjadi kebocoran setelah pergantian.

Piston

Kerja piston adalahnaik turun di dalam silinder mesin. Dan di bagian atas istin membetuk ruanng bakar dan memeutar poros engkol melalui connecting rod. Karena letaknya ayngada di dakam mesin dan membentuk ruang bakar maka piston selalu menerima temperatur yang tinggi. Mesipun bahan iston terbuat dari bahan yang mampu menahan panas yang tinggi. Tetap saja piston akan aus jika sudah melebihi umur pakainya.

Apalagi jika motor kekurangan oli, maka piston dan rumah piston akan mudah aus. Keusan pada piston inilah yang membuat kompresi motor menjadi bocor. Kebocoran ini terjadi karena terdapat uara yang masuk melalui ausnya piston dan rumah piston. Untuk mengatasi masalah ini, yang harus kamu lakukan agar kompresi kembali normal adalah dengan mengganti piston. Sebaiknya ganti piston dan ring piston sekaligus dan mengganti piston dengan ukuran oversize.

Kesimpulan

Motor yang hilang kompresi akan membuat kehilangan tenaga. Dan jika kompresi motor sudah terlanjur parah maka motor tidak akan bisa hidup. Kerusakan pada kompresi motor biasanya terjadii pada bgaian pembakaran. Untuk memperbaikinya butuh pembongkaran area silinder dan kepala silinder untuk menghindari hal ini sebaiknya rawat motor dengan baik dan melalukan tune up motor secara rutin.

About Aditya Riyan

Admin dan Penulis Tunggal di Blog ini, Sekaligus Masih Aktif Menjadi Mekanik

Check Also

motor beat oleng

Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan, Ini Penyebabnya

Masbengkel.com, Motor Beat Oleng Saat Jalan Pelan – Motor matic sudah menjadi motor yang paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *