Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan : 4 Penyebab

Masbengkel.com – Motor dengan mesin 4-tak didesain agar tdak keluar asap pada knalpot. Berbeda dengan motor yang masih menggunakan mesin 2-tak. Jika motor berasap saat baru dinyalakan atau motor berasap saat mesin panas pada mesin 4-tak. Tentu ada kerusakan pada bagian mesin motor kamu yang perlu untuk diperbaiki. ( Baca : Cara Kerja Mesin 4 Tak Disertai Gambar dan Video Animasi )

Jika motor kamu mengalami permasalahan motor yang ngebul asap putih saat baru dinyalakan. Kamu sekarang berada di artikel yang tepat. Karena melalui artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya. Namun perlu dicatat bahwa penjelasan ini hanya sebagai pengetahuan saja. Karena untuk mengatasinya butuh keahlian khusus.

4 Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa motor 4-tak didesain agar ramah terhadap lingkungan. Jika pada motor 2-tak selalu mengeluarkan asap putih karena proses pada mesinnya oli ikut terrbakar. Bebrbeda dengan mesin motor 4-tak yang tidak mengeluarkan asap sedikit pun dibagian knalpot. Bahkan motor keluaran terbaru tingkat emisinya sudah ditingkatkan lagi. Jadi motor 4-tak benar – benar didesain agar ramah lingkungan.

Jika motor 4-tak kamu berasap putih saat baru dinyalakan tentu hal ini akan menyebabkan motor kamu tidak ramah dengan lingkungan serta akan berbahaya bagi motor kamu jika dibiarkan lama – lama. Untuk mengetahui apa saja penyebabnyanya. Berikut ini merupakan penjelasan saya mengenai penyebab motor berasap saat pertama kali dinyalakan.

1. Seal Klep Bocor

Seal memiliki peran penting pada mesin motor terutama di bagian silinder head / kepala silinder. Seperti dengan namanya, seal klep akan melindungi kebocoran oli pada bagian klep motor. Jika seal klep mengalami kebocoran maka oli akan masuk kebagian dalam klep / kebagian ruang pembakaran. Masuknnya oli keruang bakar inilah yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih saat motor baru dinyalakan.

Seal klep yang terbuat karet lama – lama akan mengeras jika kena panas secara terus – menerus. Mengerasnya karet atau seal klep inilah yang menyebabkan seal klep tidak mampu menahan kebocoran pada oli mesin. Jika oli mesin yang dari klep bocor keruang bakar, akan menyebabkan oli ikut terbakar dan keluar melalui knlapot.

2. Batang Klep Aus

Batang klep atau biasa juga disebut dengan batang katup merupakan komponen yang terbuat besi dan digerakkan oleh noken as. Fungsi dari batang klep sendiri adalah untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar. Pencampuran bahan bakar dan udara yang sudah diatur oleh karburator akan melewati baang klep terlebih dahulu sebelum masuk keruang bakar. Dan bahan bakar dan udara yang sudah di olah di ruang bakar akan dibuang melalui batang klep juga.

Umumnya terdapat dua batang klep pada kepala silinder, yang masing memiliki fungsi untuk memasukan bahan b akar dan mengekuarkan bahan bakar hasil dari pembakaran. Karena batang katup ini bergerak naik turun secara terus menerus maka lama kelamaann batang klep akan mengalami aus karena gesekan yang berlangsung secara konstan.

Keausan pada batang klep akan menyeybabkan oli dari kepala silinder masuk keruang bakar dan menjadi salah satu penyebab motor berasap saat baru dinyalakan. Kerusakan bagian ini kasusnya hampir mirip dengan seal klep yang bocor tadi. Karena memang letak dari seal klep dan batang klep saling berhubungan.

3. Ring Piston Aus

Pada motor dengan mesin 4-tak terdapat dua jenis ring piston yakni ring oli dan ring kompresi. Ring oli bbertujuan untuk menghindari terjadi kebocoran oli yang masuk keruang bakar sedangkan ring kompresi bertujuan untuk menghindari kebocoran kompresi. Jika motor berasap saat baru dinyalakan kemungkinan yang terjadi adalah ring piston untuk bagian oli mengalami kerusakan. Kerusakan pada ring piston biasany dikarenakan ring piston lengket atau bisa juga ring piston patah.

Kerusakan pada ring piston biasanya terjadi karena kualitas oli yang kurang baik atau karena telat mengganti oli. Jika ring piston mulai mengalami kerusakan maka yang harus dilakukan adalah mengganti ring piston dengan melakukan pembongkaran pada bagian silinder mesin. Jangan lupa untuk mengecek juga bagian piston jika piston juga mengalami keausan maka sebainya ganti juga pistonnya.

4. Paking Kepala Silinder Rusak

Bagian terkahir yang perlu kamu cek adalah paking kepala silinder. Packing kepala silinder yang berfungsi untuk merapatkan sebuah ruang bakar sehingga suatu tekanan pada kompresi tidak akan hilang. Bahkan ini juga dapat membuat kerapatan pada jalur oli yang menuju dari bak oli hingga pada kepala silinder.

Dari penjelasan diatas sudah digambarkan bagaimana jika paking kepala silinder mengalami kebocoran.sudah bisa dipastikan bahwa oli akan merembes atau bocor dan masuk keruang pembakaran. Jika oli masuk ruang pembakaran maka akan menyebabkan motr berasap saat baru dinyalakan. Untuk mengtasi hal ini ganti paking kepala silinder. Sebelum memasang yang baru, jangan lupa untuk membersihkan bagian dari kepala silinder dan silinder.

Kesimpulan

Dari apa yang saya jelaskan diatas mengenai 4 penyebab motor berasap saat baru dinyalakan, bisa disimpulkan bahwa apa yang terjadi pada motor kamu diakibatkan oli yang masuk ke ruang pembakaran. Oli yang ikut terbakar akan keluar asap putih pada bagian knalpot. Jadi saran saya, gantilah oli secara rutin unutk menghindari kerusakan pada komponen – komponen yang saya sebutkan diatas.

Leave a Comment